Connect With Us

Tingginya Kecalakaan di Tol Tangerang-Merak, MMS Klaim bukan karena Buruk Jalanan

Rangga Agung Zuliansyah, Denny Bagus Irawan | Minggu, 9 Oktober 2016 | 15:00

Gerbang Tol Cikupa,Tangerang. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANGNews.com-PT Marga Mandalasakti (MMS), operator ruas Jalan Tol Tangerang-Merak mencatat, angka kecelakaan terjadi sebanyak 330 kasus selama periode Januari-September 2016.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto mengatakan, angka kecelakaan lalu lintas di jalan tol terutama akses Tol Tangerang - Merak, mayoritas disebabkan oleh si pengendara sendiri. MMS mengklaim tidak ada factor penyebab buruknya kondisi jalan di tol tersebut.

"64 persen itu karena si pengendara, entah karena mengantuk atau kondisi kesehatan yang tidak prima. Sisanya faktor dari kendaraannya," ungkapnya saat kampanye Keselamatan Berkendara, di Tangcity Mall Kota Tangerang, Sabtu (8/10/2016).

Menurutnya, dari 330 kasus kecelakaan, korban kematian mencapai 20 orang. Sedangkan sisanya luka berat dan ringan. Angka ini, kata Sunarto, memang masih tinggi mengingat tahun 2016 belum berakhir.

"Namun, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka kecelakaan dan kematian menurun," katanya.

Untuk, Sunarto mengatakan bahwa MMS terus mengantisipasi minimnya angka kecelakaan. Selain dengan kampanye, pihaknya juga lengkapi seluruh fasilitas keselamatan di sepanjang Jalan Tol Tangerang - Merak. "Itu pun sudah hasil audit dari Kementerian Perhubungan," tuturnya.

Sementara itu, ratusan anggota komunitas roda empat se-Banten, juga lakukan penandatangan komitmen berkendara dengan baik. Dengan cara seperti ini, diharapkan angka kecelakaan di jalan tol maupun jalan raya bisa berkurang.

Sebut saja komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) chapter Banten, Indonesia Starlet Club (ISC) Tangerang, Ikatan Motor Indonesia (IMI) chapter Banten, dan berbagai klub mobil lainnya secara bergantian menandatangani komitmen berkendara dengan baik.

Selain menandatangani papan berwarna hitam kuning tersebut, perwakilan anggotanya juga disematkan pin sebagai pengendara baik dan mampu memberi contoh untuk pengendara lain.

"Memang komitmen seperti ini perlu dilakukan, selain memang untuk mengingatkan kita sebagai pengendara untuk bertanggung jawab selama berada di balik stir, ini juga sebagai bentuk tetap mengutamakan keselamatan diri dan penumpang yang kita bawa," tutur Ridwan, salah seorang anggota komunitas ISC.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill