Connect With Us

Melihat Pabrik Lilin Merah di Teluk Naga Tangerang

Dena Perdana | Senin, 23 Januari 2017 | 15:00

Melihat Pabrik Lilin Merah di Teluk Naga Tangerang (@tangerangnews2017 / Dena Perdana)

 

TANGERANGNews.com-Menjelang  Hari Raya Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 28 Januari 2017 menjadi yang dinanti oleh Chan Liauw Seng (63). Pria pemilik pabrik lilin merah yang berlokasi tepat dibelakang Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang itu sudah tersenyum renyah karena sejak November 2016 pesanan kepada dia tak kunjung sepi.

 

“Saya aslinya asal Pontianak. Biasa disapa Koh Aseng, memang sudah ramai yang pesan, mulai  dari lilin kecil hingga besar. Kirimannya sampai ke pelosok daerah di Indonesia,” ujarnya.

 

Kerutan diwajahnya semakin terlihat saat dia tertawa canda dengan anak buahnya seraya melihat satu persatu lilin sudah mulai dimasukan untuk dikirim kepada pembeli.”Kalu mau Imlek gini enggak pesan sudah dekat, tapi dua bulan lalu sudah dipesan. Jadi kita sudah siap-siap,” tuturnya.

 

 

Hingga kini, dia sudah mengirim ke Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Bahkan, kata  dia, Jambi dan Pontianak pun juga dikirim. Mereka yang pesan bervariasi ukuran dan banyaknya, mulai dari yang paling kecil seukuran jari tangan orang dewasa. Hingga yang tebal dan memiliki tinggi dua meter lebih. Lilin besar seperti itu biasanya ditemui di wihara, dekat altar untuk berdoa atau sembahyang.

 

Saat ditanya berapa harga per satuan lilin, Koh Aseng enggan memberikan jawaban. Sebab, kata dia, enggak enak karena mereka yang pesan umumnya untuk dijual kembali. Aseng menceritakan bahwa dia berusaha seperti itu sejak 2008.  Sehingga, kata dia, lebih baik menjaga rahasia bisnis.

 

"Rahasia bisnis itu. Pokoknya kalau Imlek gini bisa 100 persen dari produksi hari biasa," tuturnya seraya tertawa.

 

Dalam pabrik Aseng, terdapat sekitar  24 karyawan. Kalau pesanan lebih melonjak, kata dia, biasanya dia akan menambah karyawan sementara waktu.  “Karena kan musiman,” jelasnya.

 

"Namanya kalau usaha ada naik dan turunnya. Tapi saya tetap jalani kayak begini dari awal buka tahun 2008 kemarin. Kalau enggak produksi, kasihan yang kerja nanti mereka dapat duit dari mana kan," ujar Aseng.

 

 

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill