Connect With Us

Program Kurasaki, Kurangi Sampah sampai 70 Persen

Mohamad Romli | Jumat, 27 Januari 2017 | 16:00

| Dibaca : 9974

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Tinjau Pengelolan Sampah dengan Teknologi Hidrotermal (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANGNews.com-Sampah menjadi persoalan pelik yang sampai saat ini belum bisa diselesaikan secara maksimal oleh berbagai Pemerintah Daerah, salah satunya Pemkab Tangerang.

Bappeda Kabupaten Tangerang melakukan upaya terobosan dengan program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki). Pilot program ini telah dimulai di enam sekolah pada 2016 dengan hasil memuaskan.

Dikatakan Erwin Mawandy, Kepala Sub-Bidang Fasilitas Umum dan Perumahan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, enam sekolah yang menjadi pilot program tersebut adalah SDN Gudang Tigaraksa, SDN Panongan 3, SDN Kadu 4 Curug, SDN Legok 4, SDN Jeungjing 1 Cisoka, SDN Talagasari 1 Balaraja.

Lanjut Erwin, sasaran dari program tersebut mengurangi volume sampah di sekolah dengan membiasakan siswa membawa bekal makan dari rumah.

"Siswa diharuskan membawa bekal makanan, sehingga mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dari jajanan," katanya, Jumat (27/1/2017) di ruang kerjanya.

Erwin mencontohkan, penurunan sampah di SDN Tigaraksa, sebelum adanya program Kurasaki, volume sampah yang dihasilkan perhari sebanyak 48 kilogram, setelah dilakukan program tersebut, terjadi penurunan yaitu pada bulan September hanya tinggal 30 kilogram, Oktober 18 kilogram, dan November 12 kilogram.

 

"Pengurangan volume sampah terjadi secara signifikan, sampai 70 persen, sehingga program ini akan kami lanjutkan dengan memperbanyak sekolah yang menjadi sasaran di tahun 2017 ini," terangnya

Selain itu, hal yang penting dicatat, lanjut Erwin, program ini menyasar siswa yang notabene generasi penerus yang diharapkan akan memiliki kebiasaan baik dalam memperlakukan dan mengolah sampah.

"Membangun kesadaran siswa hal yang ingin dicapai dari program ini, dengan dimulai dari siswa, lambat laun akan terwujud masyarakat yang sadar lingkungan dengan memperlakukan dan mengolah sampah dengan baik," pungkasnya. 

MANCANEGARA
Gara-gara Berantakan, Kamar Pria Ini Ditinggali Buaya

Gara-gara Berantakan, Kamar Pria Ini Ditinggali Buaya

Minggu, 2 Agustus 2020 | 18:04

TANGERANGNEWS.com-Akibat kondisi kamar berantakan tak terurus, seekor buaya tinggal di rumah milik seorang pria di asal China. Bahkan pria tersebut tak sadar jika selama ini dirinya tidur dengan buaya paling berbahaya

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

BISNIS
Yuk, Nikmati Wisata Kuliner Baru di GS Food Street BSD

Yuk, Nikmati Wisata Kuliner Baru di GS Food Street BSD

Selasa, 11 Agustus 2020 | 10:35

TANGERANGNEWS.com-Bagi pecinta kuliner yang gemar nongkrong di kawasan

"Seberapa Elegan Anda Mengelola Kekecewaan akan Menentukan Seberapa Cepat Anda akan mengalami Kesuksesan"

Qoute