Connect With Us

Penambahan Lajur di Ruas Bitung-Cikupa

Denny Bagus Irawan | Kamis, 13 April 2017 | 14:00

Gerbang Tol Cikupa,Tangerang. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNEWS.com-Guna meningkatkan pelayanan dan demi kelancaran pengguna jalan Tol Tangerang-Merak PT Marga Mandalasakti melakukan peningkatan kapasitas jalan dengan pekerjaan penambahan lajur ke 4 ruas Bitung-Cikupa. 

Pekerjaan tersebut dibagi ke dalam 2 tahap dengan metode pelebaran yang berbeda. Tahap 1 menggunakan metode pelebaran ke dalam atau menggunakan median dan tahap 2 menggunakan metode pelebaran ke luar atau menggunakan bahu luar jalan. 

Dengan penggunaan metode tersebut, kondisi 3 lajur saat ini tetap bisa digunakan. 

Pekerjaan ini sedang berjalan dan ditargetkan pekerjaan tahap 1 bisa segera selesai sehingga dapat digunakan sebelum lebaran tiba, agar tidak mengganggu lalu lintas mudik.  

“Saat ini pekerjaan peningkatan kapasitas jalan mengurangi lebar lajur, namun hal tersebut sebenarnya tidak mengurangi jumlah lajur lalu lintas yang dapat digunakan karena lajur 2, lajur 1 dan bahu jalan pada ruas ini masih dapat digunakan sebagai lajur lalu lintas khususnya pada saat terjadi hambatan yang akan mengurangi kenyamanan pengguna jalan," ujar Sunarto Sastrowiyoto, Direktur Teknik & Operasi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak. 

Sunarto menambahkan, untuk lalu lintas di Gerbang Tol Cikupa yang menuju arah Merak saat ini sudah ditambahkan dengan penambahan 3 lajur transaksi entrance Gardu Tol Otomatis, sehingga  jumlah total ada 8 gardu yang dioperasikan dan secara kapasitas transaksi masih dapat terpenuhi dengan jumlah lalu lintas saat ini.

Dalam pelaksanaan peningkatan jalan, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. 

Hal ini terlihat pada wilayah pekerjaan terdapat petugas flag man untuk mengatur lalu lintas, khusunya di wilayah proyek. Selain itu, tersedia rambu-rambu pekerjaan serta penutupan wilayah pekerjaan yang diharapkan mampu membantu pengguna jalan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. 

Meskipun begitu, kami tetap menghimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu agar aman dan tertib dalam berkendara.

Sebagai langkah antisipasi adanya antrean yang beberapa kali terjadi di Ruas Bitung-Cikupa khususnya di Gardu off Ramp Cikupa, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak sudah melakukan beberapa peningkatan layanan. 

Salah satunya dengan penambahan 1 gardu transaksi, sehingga total saat ini ada 3 gardu yang beroperasi di Gardu Off Ramp Cikupa yang menuju keluar Pasar Kemis.

Lalu lintas relatif terhambat terkadang masih ditemukan setelah keluar dari transaksi off ramp Cikupa. 

Hal tersebut dikarenakan adanya pertemuan lalu lintas pada jalan otonomi Cikupa-Pasar Kemis, ditambah melihat kondisi pada jam tertentu khususnya jam berangkat dan pulang kerja kawasan industri sekitar Cikupa dan Pasar kemis, sehingga antrean masuk juga berdampak di jalan tol Ruas Bitung-Cikupa.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill