Connect With Us

Di PHK Sepihak, Ratusan Buruh Mengadu ke Disnaker Tangerang

Mohamad Romli | Jumat, 28 April 2017 | 20:00

Karnayan, Kepala Seksi Penyelelsaian Sengketa Hubungan Industri Dinas Tenaga Kerja (Disneker) Kabupaten Tangerang. (@tangerangnews 2017 / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Ratusan buruh mengadukan nasibnya karena diputuskan hubungan kerjanya secara sepihak oleh pihak perusahaan tempat mereka bekerja.

Karnayan, Kepala Seksi Penyelesaian Sengketa Hubungan Industri Dinas Tenaga Kerja (Disneker) Kabupaten Tangerang mengatakan, dalam triwulan pertama tahun 2017, pihaknya sudah menangani puluhan pengaduan tersebut.

"Selama triwulan pertama ini kami sudah mendapatkan pengadauan dari buruh 53 kasus pemutusan hubungan kerja sepihak oleh perusahan," katanya, Jumat (28/4/2017).

Menurut  Karnayan, dari 53 kasus tersebut, sebanyak 237 pekerja di PHK. Hal tersebut menurutnya menjadi catatan pihaknya, karena saat ini hubungan industri di Kabupaten Tangerang saat ini sedang menghangat terlebih  menjelang May Day.

Karnayan juga menjelaskan,  beberapa penyebab terjadinya kasus PHK tersebut. Namun sebagian besar karena tindakan yang melanggar peraturan kerja.

"Mayoritas karena tertangkap sedang merokok di tempat kerja, hingga memalsukan surat izin cuti dari rumah sakit," tambahnya.

Dia menyatakan,  meski pelanggaran tersebut tampak sederhana. Namun bagi pihak perusahaan tindakan tersebut tergolong pelanggaran berat. Karena menyangkut aspek keamanan pabrik, terlebih dipabrik yang memproduksi bahan kimia.


"Sebagian besar kasus-kasus tersebut telah selesai pada tahapan tripartit yang dilaksnakan oleh buruh dan pekerja,” pungkasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill