Connect With Us

Genjot Minat Baca, Komunitas Literasi Tangerang Gencarkan Donasi Buku

Mohamad Romli | Minggu, 21 Mei 2017 | 19:00

Komunitas Literasi Tangerang Gencarkan Donasi Buku, Minggu (21/5/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Komunitas literasi Tangerang terus mengajak masyarakat untuk mencintai kegiatan menulis dan membaca.
Meski  minat baca masyarakat masih relatif rendah, dan persoalan minimnya akses terhadap bahan bacaan terutama di wilayah pelosok yang cukup jauh dari perpustakaan.

Sebuah upaya terobosan pun dilakukan untuk meningkatkan minat baca tersebut.
Komunitas ini kini selain mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) juga melakukan terobosan dengan membuat gerakan donasi buku. Masyarakat diajak untuk mendonasikan buku bacaan yang kemudian akan disumbangkan kepada kelompok yang masih kekurangan bahan bacaan.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, kini mereka sudah mendapat rekan dalam pergerakannya. Mereka bertemu komunitas motor. Padahal, stigma negatif dari masyarakat terhadap komunitas motor begitu melekat. Namun, kali ini mereka justru membantu dan  turut berkiprah dalam gerakan literasi.
Keduanya pun berpadu hingga  kemudian melahirkan Komunitas Motor Literasi (MOLI).

Komunitas Literasi Tangerang Gencarkan Donasi Buku, Minggu (21/5/2017).

"Komunitas Motor Literasi berperan untuk mendistribusikan buku dan juga menjemput jika ada masyarakat yang ingin mendonasikan buku," ujar Firman Venayaksa, penggagas Komunitas Motor Literasi, Minggu (21/5/2017).

Geliat gerakan ini mulai nampak di Kabupaten Tangerang. Pada saat peringatan Hari Kebangkitan Nasional Sabtu (20/5/2017) kemarin, Forum TBM dan Komunitas Motor Literasi di Kabupaten Tangerang menyambangi PAUD Bina Insan Maarif di Tigaraksa.

"Untuk di Tangerang, saat ini geliat MOLI memang baru terlihat di Kabupaten Tangerang, sementara dua kota lainnya, yaitu Kota Tangerang dan Kota Tangsel justru kami harapkan masyarakatnya menjadi pemasok bahan bacaan. Untuk saat ini fokus kami memang lebih banyak di wilayah Banten Selatan, seperti Pandeglang dan Lebak. Sebab di sini selain terjadi kesenjangan ekonomi, juga terjadi kesenjangan akses terhadap bahan bacaan," tambah Firman yang juga Ketua Forum TBM tingkat Nasional.

Pegiat literasi Kabupaten Tangerang, Andri Gunawan merasa yakin perpaduan gerakan ini akan turut berkontribusi dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

"Saat ini prioritas kami adalah meningkatkan minat baca pada anak-anak usia dini. Sehingga donasi buku kami arahkan ke PAUD yang memiliki Taman Baca Masyarakat," ujarnya.

Andri juga optimis, dengan menumbuhkan kebiasaan membaca dan menulis sejak dini akan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa ini.

"Kami percaya dengan meningkatkan minat dan budaya literasi, bangsa indonesia akan jauh lebih baik dari saat ini," tambahnya.

Dia mengatakan, bagi masyarakat Tangerang yang ingin turut mendonasikan buku, Anda dapat menghubungi Sekretariat Forum TBM kabupaten Tangerang, TBM Pelita An-Nazma, Jalan H Marpu RT 08/02, Desa Ranca Labuh, kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill