Connect With Us

Sidestob Aplikasi Unggulan Desa Tobat Balaraja

Mohamad Romli | Jumat, 14 Juli 2017 | 15:30

Tampak bagian depan ruang pelayanan administrasi desa Tobat, Balaraja, Jumat (14/7/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sistem Informasi Pelayanan Adminstrasi Desa Tobat (Sidestob) menjadi aplikasi yang diunggulkan pihak Desa Tobat dalam lomba desa tingkat nasional regional dua, Jawa dan Bali.

Hendrawan Kusuma, Sekretaris Desa Tobat mengatakan aplikasi ini digunakan tahun 2016 atas inisiatif Endang Suherman, Kepala Desa Tobat saat ini.

"Aplikasi ini adalah penyelenggaraan pelayanan publik di desa Tobat dimana proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat," ujarnya, Jumat (14/7/2017).

Tujuan dari digunakan aplikasi tersebut untuk mewujudkan desa Tobat sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan terpadu satu atap, yang sudah tingkat Kabupaten Tangerang, dimana pengalihan pelayanan tersebut disertai dengan pelimpahan kewenangan dari Kabupaten ke Kecamatan.

"Sidestop ini aplikasi berbasis desktop yang dijalankan menggunakan portabel komputer sehingga memudahkan pelayanan dan integrasi data,"  tambahnya.

Dengan aplikasi ini, warga yang membutuhkan pelayanan tinggal datang ke kantor desa Tobat, dengan membawa beberapa persyaratan administratif dan langsung mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan warga.

"Sistem ini memangkas waktu pelayanan, karena data warga Tobat sudah terintegrasi dalam aplikasi ini, tinggal menyebutkan nomor kartu keluarga, maka data tersebut muncul. Sehingga tidak melakukan pengisian data secara manual. Kekeliruan data pun terhindari," jelasnya.

Data warga desa Tobat tersebut juga sesuai dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang.

Saat ini, beberapa pelayanan adminsitratif yang sudah terintegrasi melalui aplikasi tersebut diantaranya surat keterangan kematian, surat keterangan lahir, surat keterangan kelahiran, domisili tempat tinggal, surat keterangan usaha, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan belum punya rumah, surat keterangan duda/janda, surat keterangan pindah dan surat keterangan datang.(RAZ)

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill