Connect With Us

Sidestob Aplikasi Unggulan Desa Tobat Balaraja

Mohamad Romli | Jumat, 14 Juli 2017 | 15:30

| Dibaca : 1698

Tampak bagian depan ruang pelayanan administrasi desa Tobat, Balaraja, Jumat (14/7/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sistem Informasi Pelayanan Adminstrasi Desa Tobat (Sidestob) menjadi aplikasi yang diunggulkan pihak Desa Tobat dalam lomba desa tingkat nasional regional dua, Jawa dan Bali.

Hendrawan Kusuma, Sekretaris Desa Tobat mengatakan aplikasi ini digunakan tahun 2016 atas inisiatif Endang Suherman, Kepala Desa Tobat saat ini.

"Aplikasi ini adalah penyelenggaraan pelayanan publik di desa Tobat dimana proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat," ujarnya, Jumat (14/7/2017).

Tujuan dari digunakan aplikasi tersebut untuk mewujudkan desa Tobat sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan terpadu satu atap, yang sudah tingkat Kabupaten Tangerang, dimana pengalihan pelayanan tersebut disertai dengan pelimpahan kewenangan dari Kabupaten ke Kecamatan.

"Sidestop ini aplikasi berbasis desktop yang dijalankan menggunakan portabel komputer sehingga memudahkan pelayanan dan integrasi data,"  tambahnya.

Dengan aplikasi ini, warga yang membutuhkan pelayanan tinggal datang ke kantor desa Tobat, dengan membawa beberapa persyaratan administratif dan langsung mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan warga.

"Sistem ini memangkas waktu pelayanan, karena data warga Tobat sudah terintegrasi dalam aplikasi ini, tinggal menyebutkan nomor kartu keluarga, maka data tersebut muncul. Sehingga tidak melakukan pengisian data secara manual. Kekeliruan data pun terhindari," jelasnya.

Data warga desa Tobat tersebut juga sesuai dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang.

Saat ini, beberapa pelayanan adminsitratif yang sudah terintegrasi melalui aplikasi tersebut diantaranya surat keterangan kematian, surat keterangan lahir, surat keterangan kelahiran, domisili tempat tinggal, surat keterangan usaha, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan belum punya rumah, surat keterangan duda/janda, surat keterangan pindah dan surat keterangan datang.(RAZ)

TOKOH
Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Minggu, 13 Mei 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Budi Sabarudin, salah satu jurnalis Tangerang selain berprofesi sebagai pewarta juga dikenal sebagai pendongeng. Bahkan kiprah pria yang akrab disapa Budi Euy ini telah merambah hingga ke Lampung Selatan.

WISATA
Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Mengenal Seluk Beluk Kode Rahasia di Museum Sandi Yogyakarta

Rabu, 21 Maret 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Yogyakarta bukan cuma terkenal dengan budaya Jawa yang kental. Tapi ternyata, di kota ini terselip destinasi unik berupa

TANGSEL
Dindikbud Tangsel Siapkan PPDB Online SD & SMP 2018

Dindikbud Tangsel Siapkan PPDB Online SD & SMP 2018

Jumat, 22 Juni 2018 | 08:50

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat sekolah menegah pertama (SMP) Negeri dan Sekolah

PROPERTI
Astra Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

Astra Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

Senin, 19 Februari 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Menghadapi libur Imlek 2018, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tamer) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya