Connect With Us

Sidestob Aplikasi Unggulan Desa Tobat Balaraja

Mohamad Romli | Jumat, 14 Juli 2017 | 15:30

| Dibaca : 2669

Tampak bagian depan ruang pelayanan administrasi desa Tobat, Balaraja, Jumat (14/7/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sistem Informasi Pelayanan Adminstrasi Desa Tobat (Sidestob) menjadi aplikasi yang diunggulkan pihak Desa Tobat dalam lomba desa tingkat nasional regional dua, Jawa dan Bali.

Hendrawan Kusuma, Sekretaris Desa Tobat mengatakan aplikasi ini digunakan tahun 2016 atas inisiatif Endang Suherman, Kepala Desa Tobat saat ini.

"Aplikasi ini adalah penyelenggaraan pelayanan publik di desa Tobat dimana proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat," ujarnya, Jumat (14/7/2017).

Tujuan dari digunakan aplikasi tersebut untuk mewujudkan desa Tobat sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan terpadu satu atap, yang sudah tingkat Kabupaten Tangerang, dimana pengalihan pelayanan tersebut disertai dengan pelimpahan kewenangan dari Kabupaten ke Kecamatan.

"Sidestop ini aplikasi berbasis desktop yang dijalankan menggunakan portabel komputer sehingga memudahkan pelayanan dan integrasi data,"  tambahnya.

Dengan aplikasi ini, warga yang membutuhkan pelayanan tinggal datang ke kantor desa Tobat, dengan membawa beberapa persyaratan administratif dan langsung mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan warga.

"Sistem ini memangkas waktu pelayanan, karena data warga Tobat sudah terintegrasi dalam aplikasi ini, tinggal menyebutkan nomor kartu keluarga, maka data tersebut muncul. Sehingga tidak melakukan pengisian data secara manual. Kekeliruan data pun terhindari," jelasnya.

Data warga desa Tobat tersebut juga sesuai dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang.

Saat ini, beberapa pelayanan adminsitratif yang sudah terintegrasi melalui aplikasi tersebut diantaranya surat keterangan kematian, surat keterangan lahir, surat keterangan kelahiran, domisili tempat tinggal, surat keterangan usaha, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan belum punya rumah, surat keterangan duda/janda, surat keterangan pindah dan surat keterangan datang.(RAZ)

NASIONAL
Sopir Taksi Online Tewas di Bekasi, Mobilnya Ditemukan di Tangerang

Sopir Taksi Online Tewas di Bekasi, Mobilnya Ditemukan di Tangerang

Selasa, 7 Juli 2020 | 11:44

TANGERANGNEWS.com-Seorang sopir taksi online tewas bersimbah darah di Jalan Kapuk Raya, Pengasinan, Bekasi Timur, pada Minggu (5/7/2020) dini hari. Diduga sopir berinisal K, 46, itu adalah korban perampokan

MANCANEGARA
Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Napoleon, Ikan dari Indonesia Mulai Muncul Lagi

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:45

TANGERANGNEWS.com-Ikan Napoleon (Cheilinus undulatus)adalah ikan yang hidup diperairan terumbu karang. Konon dinamakan ikan Napoleon karena bentuk tonjolan di kepala ikan ini

TOKOH
Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Menenangkan Hati Kala Musibah COVID-19 Melanda

Minggu, 28 Juni 2020 | 10:10

TANGERANGNEWS.com-Pandemi COVID-19 menjadi musibah terbesar yang pernah dialami umat manusia abad ini. Hampir seluruh bangsa-bangsa di dunia merasakan hal yang sama, yaitu memfokuskan segala sumber daya

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi