Connect With Us

Sidestob Aplikasi Unggulan Desa Tobat Balaraja

Mohamad Romli | Jumat, 14 Juli 2017 | 15:30

| Dibaca : 1223

Tampak bagian depan ruang pelayanan administrasi desa Tobat, Balaraja, Jumat (14/7/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Sistem Informasi Pelayanan Adminstrasi Desa Tobat (Sidestob) menjadi aplikasi yang diunggulkan pihak Desa Tobat dalam lomba desa tingkat nasional regional dua, Jawa dan Bali.

Hendrawan Kusuma, Sekretaris Desa Tobat mengatakan aplikasi ini digunakan tahun 2016 atas inisiatif Endang Suherman, Kepala Desa Tobat saat ini.

"Aplikasi ini adalah penyelenggaraan pelayanan publik di desa Tobat dimana proses pengelolaannya mulai dari permohonan sampai ke terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat," ujarnya, Jumat (14/7/2017).

Tujuan dari digunakan aplikasi tersebut untuk mewujudkan desa Tobat sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan terpadu satu atap, yang sudah tingkat Kabupaten Tangerang, dimana pengalihan pelayanan tersebut disertai dengan pelimpahan kewenangan dari Kabupaten ke Kecamatan.

"Sidestop ini aplikasi berbasis desktop yang dijalankan menggunakan portabel komputer sehingga memudahkan pelayanan dan integrasi data,"  tambahnya.

Dengan aplikasi ini, warga yang membutuhkan pelayanan tinggal datang ke kantor desa Tobat, dengan membawa beberapa persyaratan administratif dan langsung mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan warga.

"Sistem ini memangkas waktu pelayanan, karena data warga Tobat sudah terintegrasi dalam aplikasi ini, tinggal menyebutkan nomor kartu keluarga, maka data tersebut muncul. Sehingga tidak melakukan pengisian data secara manual. Kekeliruan data pun terhindari," jelasnya.

Data warga desa Tobat tersebut juga sesuai dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang.

Saat ini, beberapa pelayanan adminsitratif yang sudah terintegrasi melalui aplikasi tersebut diantaranya surat keterangan kematian, surat keterangan lahir, surat keterangan kelahiran, domisili tempat tinggal, surat keterangan usaha, surat keterangan catatan kepolisian, surat keterangan belum menikah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan belum punya rumah, surat keterangan duda/janda, surat keterangan pindah dan surat keterangan datang.(RAZ)

HIBURAN
Nobar Special Hotel Santika Premiere Bintaro

Nobar Special Hotel Santika Premiere Bintaro

Senin, 18 September 2017 | 11:00

Nobar Special Hotel Santika Premiere Bintaro

NASIONAL
Jazuli Juwaini Tawarkan Lima Solusi Hentikan Kekerasan Rohingya di Forum Parlemen Dunia

Jazuli Juwaini Tawarkan Lima Solusi Hentikan Kekerasan Rohingya di Forum Parlemen Dunia

Kamis, 7 September 2017 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Dalam perhelatan World Parliamentary Forum on Sustainable Development yang diselenggarakan di Nusa Dua Bali 6-7 September 2017, salah satu topik yang hangat dan menjadi fokus perhatian hampir seluruh delegasi

MANCANEGARA
Perempuan Ini Nekat Melakukan Hubungan Seks Agar Ayahnya Tak Menikah Lagi

Perempuan Ini Nekat Melakukan Hubungan Seks Agar Ayahnya Tak Menikah Lagi

Kamis, 7 September 2017 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-CCM gadis berusia 26 tahun asal Hongkong nekat meminta berhubungan badan dengan ayah kandungnya untuk mencegak agar sang ayah tidak menikah lagi.

AYO! TANGERANG CERDAS
VIDEO : Belasan Siswa SMP Bonyok Jadi Korban Bullying di Samping Kantor Wali Kota Tangsel

VIDEO : Belasan Siswa SMP Bonyok Jadi Korban Bullying di Samping Kantor Wali Kota Tangsel

Senin, 18 September 2017 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Belasan anak SMP menjadi korban penganiyaan para Siswa SMA di lahan kosong samping Kantor Wali Kota Tangsel, Serua,

"Tidak adanya tindakan melahirkan keyakinan dan keberanian. Jika Anda ingin menaklukan ketakutan, jangan duduk di rumah dan memikirkannya saja. Pergilah keluar dan sibukkan diri Anda."

Dale Carnegie