Connect With Us

Calo Tenaga Kerja Masih Merajalela di Tangerang

Mohamad Romli | Selasa, 18 Juli 2017 | 15:00

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Tifna Purnama, Selasa (18/7/2017). (@TangerangNews2017 / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang mengakui saat ini masih terjadi praktik percaloan untuk masuk ke beberapa perusahaan atau pabrik di Kabupaten Tangerang.

"Laporan resmi belum ada, namun informasi yang kami himpun memang terjadi praktik percaloan tersebut," ujar Tifna Purnama, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja pada Disnaker Kabupaten Tangerang, Selasa (18/7/2017).

Menurut Tifna, hal tersebut terjadi karena ketidak disiplinan para pengusaha untuk melaporkan informasi lowongan kerja di perusahaannya kepada pihak Disnaker. Sehingga informasi lowongan kerja tersebut tercecer dan dimanfaatkan oknum tertentu yang mencari keuntungan.

"Semestinya perusahaan melapor ke kami, itu sudah kewajiban yang diatur di dalam Perda, ada sanksi administrasinya jika tidak melapor," tambahnya.

Tisna juga mengatakan, besaran nominal yang diminta oleh calo pencari kerja tersebut mencapai lebih dari Rp1 juta. Para pencari kerja biasanya dimintai uang dengan iming-iming akan diterima kerja di perusahaan tertentu.

"Kedepan praktik percaloan seperti itu bisa ditiadakan, kalau aplikasi bursa kerja online sudah berfungsi, karena informasi lowongan kerja serta pasar tenaga kerja tersedia di sana," tandasnya.

Acep, warga Balaraja kepada TangerangNews.com  mengatakan, praktik percaloan masuk kerja sudah cukup lama berlangsung, namun hingga saat ini belum ada tindakan dari Pemkab Tangerang. "Sebenarnya kasihan orang mau cari kerja kok dimintai uang, tapi mereka tetap mau bayar karena memang butuh pekerjaan," katanya.

Menurut Acep, calo tersebut biasanya orang yang memiliki akses informasi ke pihak perusahaan, kemudian mencari orang yang mau bekerja dengan syarat membayar sejumlah uang kepada calo tersebut.

"Semestinya perusahaan jika ada lowongan kerja mengumumkan ke publik, sehingga tidak ada pihak yang bertindak menjadi calo. Selain itu harus ada tindakan tegas dari pemerintah, kalau tidak ada, praktik percaloan tersebut sulit untuk diberantas," tambahnya.(RAZ)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

BANTEN
Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Kamis, 18 April 2024 | 10:23

Keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di seluruh rest area sepanjang jalan tol Sumatera - Jawa terbukti melayani dan memudahkan pengguna mobil listrik selama melewati puncak mudik hingga arus balik Lebaran 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill