Connect With Us

Pasangan Sesama Jenis Pria Rentan HIV AIDS Tertinggi di Tangerang

Mohamad Romli | Senin, 23 Oktober 2017 | 17:00

| Dibaca : 2530

Aktivis Wahana Cita Indonesia, Hady Irawan. (@TangerangNews.com / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Aktivis Wahana Cita Indonesia, Hady Irawan mengatakan jumlah orang dengan HIV AIDS (ODHA) di Kabupaten Tangerang merupakan yang tertinggi di Banten. Menurutnya saat ini angka ODHA di Banten sudah mencapai sekitar 2000 orang.

"Angka ODHA di Kabupaten Tangerang sudah di atas 800 penderita, tersebar di 10 zona kecamatan, diantaranya Cikupa, Kosambi, Teluk naga, Jayanti, Mauk, Pasar Kemis, Tigaraksa, Kelapa Dua, Balaraja dan Kronjo," ujarnya, Senin (23/10/2017).

Jumlah tersebut, terdapat di lima kelompok populasi tinggi, diantaranya pengguna narkotika dengan jarum suntik, pekerja seks komersial, lelaki seks lelaki, waria dan lelaki beresiko tinggi.

Sementara berdasarkan trend, penyebaran HIV AIDS dibawah tahun 2012, angka tertinggi penggunaan jarum suntik pengguna narkotika dan zat terlarang (napza), namun trend tersebut berubah pada periode 2012 sampai 2015, dimana kelompok pekerja seks, baik itu wanita pekerja seks maupun lelaki pekerja seks, serta waria pekerja seks menjadi kelompok yang beresiko tinggi.

"Tetapi angka itu sudah mulai bisa dikendalikan melalui penggunaan distribusi kondom yang dilakukan komisi penanggulangan AIDS dan mitra kerjanya sudah mampu melakukan distribusi kondom yang tepat," jelasnya.

Kemudian, trend penyebaran tertinggi HIV AIDS saat ini kembali berubah. Pada periode 2016 ke 2017, kelompok seks lelaki ke lelaki menjadi kelompok tertinggi dalam penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh penderitanya tersebut.

"Ternyata ditemukan angka yang cukup signifikan tinggi. Bisa dikatakan naik hingga 80 persen (penyebaran HIV AIDS pada kelompok seks sesama jenis lelaki)," tambahnya.

Menurutnya, edukasi terhadap masyarakat sangat penting untuk dapat terhindar dari penyebaran virus HIV AIDS, terutama bagi ibu rumah tangga yang memiliki suami beresiko tinggi, agar mampu memproteksi keluarganya.

"Jangan sampai lelaki beresiko tinggi tersebut membawa penyakit ke rumah yang menularkan ke pasangannya" tukasnya.(RAZ/HRU)

BISNIS
Haji Bakri, Dibalik Kesuksesan Pasar Modern BSD City

Haji Bakri, Dibalik Kesuksesan Pasar Modern BSD City

Selasa, 20 Februari 2018 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pasar tradisonal seringkali dibayangkan sebagai pasar yang kotor, becek, bau dan tidak nyaman. Namun berbeda dengan Pasar Tradisional Modern (Pasmod) BSD City.

WISATA
Mencicipi Ikan Pari & Sambal Khas Surabaya di Pasar Lama Tangerang

Mencicipi Ikan Pari & Sambal Khas Surabaya di Pasar Lama Tangerang

Rabu, 21 Februari 2018 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang menjadi surganya bagi penikmat kuliner jalanan. Segudang aneka makanan dan cita rasa hadir. Begitu pun dengan yang saat ini menjadi buah bibir yakni Sego Sambel Surabaya Iwak Pe.

TANGSEL
Tangsel Bangun Pinggir Cisadane Jadi Jalur Sepeda

Tangsel Bangun Pinggir Cisadane Jadi Jalur Sepeda

Minggu, 25 Februari 2018 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam waktu dekat ini bakal mempunyai jalur trek mountain bike atau Jalur sepeda p

SPORT
Sinar Mas Land Dukung Prestasi Atlet Asian Games 2018

Sinar Mas Land Dukung Prestasi Atlet Asian Games 2018

Selasa, 20 Februari 2018 | 07:00

TANGERANGNEWS.com-Pengembang properti Sinar Mas Land, turut mensukseskan Asian Games 2018, melalui dukungan berupa revitalisasi 12 sarana olahraga yang terdiri atas 10 Gelanggang Olahraga (GOR), arena BMX, serta arena baseball di Jakarta.

"Dalam hidup, tidak ada seorang pun yang mendapatkan tempat seperti apa yang mereka sangka akan dapatkan. Tapi ketika Anda bekerja dengan keras dan bersikap baik, berbagai hal yang mengagumkan akan terjadi."

Conan O'Brein