Connect With Us

Pokja Wartawan Harian Kabupaten Tangerang Gelar Festival Seni Tradisional

Mohamad Romli | Selasa, 31 Oktober 2017 | 13:00

Kesenian Tari Tradisional Tangerang. (@TangerangNews.com / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Kelompok Kerja (Pokja) wartawan harian Kabupaten Tangerang akan menggelar festival kesenian tradisional Tangerang pada tanggal 4-26 November 2017 di Mardi Gras, Citra Raya, Panongan.

Ketua Panitia kegiatan tersebut, Widi Hatmoko mengatakan, puluhan grup kesenian masyarakat urban maupun tradisional Tangerang akan ditampilkan dalam acara festival tersebut. Selain itu, selama perhelatan kegiatan, turut digelar pasar rakyat yang akan memamerkan berbagai produk industri usaha kecil dan menengah (UKM)  di Kabupaten Tangerang.

Widi menjelaskan, event ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada para pelaku seni tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Karena, menurut wartawan yang juga aktif di Dewan Kesenian Tangerang (DKT) ini, sebagai daerah industri, Kabupaten Tangerang memiliki beragam kultur dan budaya yang dibawa oleh masyarakat urban dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Banten dan Tangerang sendiri. Kesenian tradisional ini hidup berdampingan. Untuk itu, kita mencoba untuk memberikan ruang kepada mereka, agar bisa mengapresiasikan karya-karyanya. Apalagi ini kan kesenian tradisional, sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap melestarikannya," ujarnya.

Ia juga berharap, dengan digelarnya event ini, masyarakat akan lebih mencintai seni dan budayanya sendiri. Terlebih, pesatnya teknologi saat ini banyak diboncegi berbagai kreativitas seni moderen, yang diantaranya tidak sesuai dengan kultur dan kepribadian masyarakat Indonesia.

"Kita berharap, ini tidak sekadar memberikan hiburan semata kepada masyarakat, tapi juga memberikan pendidikan budaya kepada masyarakat, untuk tetap mencintai dan mau melestarikan budaya kesenian tradisional. Kita juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini, termasuk pihak managemen Citra Raya yang menyediakan tempat," katanya.

Selain menampilkan berbagai kesenian tradisional, lanjut Widi, juga akan digelar Pasar Rakyat. Dimana puluhan pelaku UKM di sekitar Citra Raya, Tangerang dan sekitarnya akan menggelar aneka produk, dengan kuwalitas baik dan harga terjangkau oleh masyarakat.

Wakil Ketua Kelompok Kerja Wartawan Harian Kabupaten Tangerang Wahyu Hariyadi menambahkan, Tangerang merupakan miniatur Indonesia, dimana berbagai masyarakat dari belahan Nusantara hidup di daerah yang berjuluk Kota Seribu Pabrik tersebut. Untuk itu, kata Wahyu, selain memberikan hiburan dan pendidikan budaya kepada masyarakat, ini adalah ajang untuk mengikat rasa kebhinekaan.

"Kita berharap, melalui kegiatan kesenian ini menjadi ajang silaturahmu untuk merajut kebhinekaan dalam bingkai NKRI," tandanya.(RAZ/HRU)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill