Connect With Us

Cegah Penyimpangan, Polisi Ikut Awasi Realisasi Dana Desa

Mohamad Romli | Jumat, 17 November 2017 | 09:30

| Dibaca : 607

Kapolresta Tangerang, AKPB Sabilul Alif bersama dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Indarto saat penandatangan MoU dana desa di Gedung Graha Pemuda, Kamis (16/11/2017). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Kapolresta Tangerang, AKPB Sabilul Alif bersama dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Indarto menandatangi MoU pencegahan, pengawasan dan penanganan dana desa di Gedung Graha Pemuda, Kamis (16/11/2017).

"Menindaklanjuti kerjasama antara Kementerian Desa dengan Kapolri, kami melaksanakan Mou kerjasama dengan DPMPD Kabupaten Tangerang serta memberikan arahan terkait pengawasan alokasi dana desa kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas," kata Sabilu.

Dikatakan Sabilul, dana desa adalah salah satu program Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang harus diawasi agar digunakan sebagaimana mestinya. 

"Terlebih alokasi dana desa sangat besar, mencapai Rp60 triliun, dana desa tersebut diperuntukan bagi peningkatan infrastruktur, sarana kesehatan dan pendidikan serta pemberdayaan masyarakat," tambahnya. 

Dijelaskannya, sesuai dengan pasal 13 UU No 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, Bhabinkamtibmas disetiap desa akan dilibatkan dalam realisasi dana desa untuk menghindari keterlambatan, memastikan penyaluran dana desa tepat waktu dan tepat jumlah, menghindari penundaan dana desa tahap berikutnya, laporan realisasi penyaluran dana konsolidasi dana desa.

"Saya berharap apa yang digelorakan oleh Bapak Presiden dapat dilakukan dengan baik, Bhabinkamtibmas adalah perwakilan kepolisian di desa untuk melakukan pengawasan bersama kepala desa," terangnya. 

Ia juga berharap Bhabinkamtibmas mampu menjadi basis deteksi, basis solusi dan mampu menegakan hukum serta mampu memberikan asistensi.

"Bhabinkamtibmas memiliki peran strategis untuk turut serta menyukseskan pembangunan desa. Untuk itu saya minta Bhabinkamtibmas untuk terus belajar dan mendalami materi dana desa agar bisa melaksanakan pengawasan secara maksimal," tukasnya.(RAZ/HRU)

TEKNO
Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Gunakan Jasa One Smart Services, Kemacetan di BSD City Bakal Terurai 

Kamis, 17 Oktober 2019 | 07:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land menjanjikan kemacetan yang terjadi di wilayah BSD City bakal terurai. Sebab kini Sinarmas Land telah menggunakan jasa OneSmartServices guna mewujudkan

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

TANGSEL
Terlilit Utang, Pasutri Asal Ciputat Gelapkan 5 Unit Mobil Sewaan

Terlilit Utang, Pasutri Asal Ciputat Gelapkan 5 Unit Mobil Sewaan

Senin, 21 Oktober 2019 | 20:11

TANGERANGNEWS.com- Utang membuat pasangan suami istri (pasutri) di Ciputat, HBP,42, dan D,41, gelap mata. Keduanya menggelapkan lima unit

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro