Connect With Us

Cegah Penyimpangan, Polisi Ikut Awasi Realisasi Dana Desa

Mohamad Romli | Jumat, 17 November 2017 | 09:30

| Dibaca : 695

Kapolresta Tangerang, AKPB Sabilul Alif bersama dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Indarto saat penandatangan MoU dana desa di Gedung Graha Pemuda, Kamis (16/11/2017). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Kapolresta Tangerang, AKPB Sabilul Alif bersama dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Indarto menandatangi MoU pencegahan, pengawasan dan penanganan dana desa di Gedung Graha Pemuda, Kamis (16/11/2017).

"Menindaklanjuti kerjasama antara Kementerian Desa dengan Kapolri, kami melaksanakan Mou kerjasama dengan DPMPD Kabupaten Tangerang serta memberikan arahan terkait pengawasan alokasi dana desa kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas," kata Sabilu.

Dikatakan Sabilul, dana desa adalah salah satu program Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang harus diawasi agar digunakan sebagaimana mestinya. 

"Terlebih alokasi dana desa sangat besar, mencapai Rp60 triliun, dana desa tersebut diperuntukan bagi peningkatan infrastruktur, sarana kesehatan dan pendidikan serta pemberdayaan masyarakat," tambahnya. 

Dijelaskannya, sesuai dengan pasal 13 UU No 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, Bhabinkamtibmas disetiap desa akan dilibatkan dalam realisasi dana desa untuk menghindari keterlambatan, memastikan penyaluran dana desa tepat waktu dan tepat jumlah, menghindari penundaan dana desa tahap berikutnya, laporan realisasi penyaluran dana konsolidasi dana desa.

"Saya berharap apa yang digelorakan oleh Bapak Presiden dapat dilakukan dengan baik, Bhabinkamtibmas adalah perwakilan kepolisian di desa untuk melakukan pengawasan bersama kepala desa," terangnya. 

Ia juga berharap Bhabinkamtibmas mampu menjadi basis deteksi, basis solusi dan mampu menegakan hukum serta mampu memberikan asistensi.

"Bhabinkamtibmas memiliki peran strategis untuk turut serta menyukseskan pembangunan desa. Untuk itu saya minta Bhabinkamtibmas untuk terus belajar dan mendalami materi dana desa agar bisa melaksanakan pengawasan secara maksimal," tukasnya.(RAZ/HRU)

MANCANEGARA
Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Malas Merawat, Ibu di China Dikubur Hidup-hidup Anaknya

Minggu, 10 Mei 2020 | 10:24

TANGERANGNEWS.com-Nasib malang dialami seorang ibu di China. Dia dikubur hidup-hidup oleh sang anak lantaran enggan merawatnya. Beruntung dia berhasil selamat

BISNIS
Es Teler 77 hadirkan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook & Catering

Es Teler 77 hadirkan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook & Catering

Kamis, 16 April 2020 | 12:55

TANGERANGNEWS.com–Di tengah pandemi COVID-19, Es Teler 77 hadir dengan solusi makanan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook dan Catering

HIBURAN
Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pekik kurang lebih sekitar 10 pemuda langsung memecah kesunyian malam di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Kabupaten Tangerang pada Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein