Connect With Us

Kang Budi, Wartawan Tangerang Mendongeng Dihadapan Ratusan Siswa di NTT

Mohamad Romli | Senin, 11 Desember 2017 | 21:00

Kang Budi saat memberi pelajaran mendongeng kepada ratusan siswa di Kampung Lamakera, Desa Moton Wutun, Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (9/12/2017). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Budi Sabarudin, wartawan yang juga pendongeng keliling pukau ratusan siswa di Kampung Lamakera, Desa Moton Wutun,  Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabtu (9/12/2017).

Sosok yang kini akrab disapa Kang Budi itu menunjukkan kepiawaiannya dalam mendongeng yang dihelat di Ruang Tunggu Pelabuhan Lamakera. Sekitar 300 siswa Taman Kanak-kanak, SD Inpres, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lamakera pun terpukau oleh kelincahannya.

Saat itu, Kang Budi tampil dalam acara Panggung Gembira yang digagas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Komisi 9 DPR RI.

BACA JUGA :

Dalam kesempatan langka itu, Budi membawakan cerita Raja yang Durhaka pada Perempuan dan Anak-anak, yang dikemas dalam pertunjukan dongeng dengan pendekatan teater modern dan tradisi, dengan tagline menghibur, mendidik dan mencerahkan.

"Alhamdulillah para siswa antusias menyaksikan pertunjukan dongeng yang saya bawakan. Respon, reaksi, dan spontanitas mereka terhadap cerita yang saya bawakan juga bagus sekali. Mereka juga diajak terlibat dalam pertunjukan dongeng saya," ujarnya, Senin (11/12/2017).

Diterangkannya, cerita yang dibawakan Budi berkaitan dengan tema keperempuanan dan anak, seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, baik itu yang terjadi dalam rumah tangga, sekolah, maupun lingkungan sosial. Tema itu diminta dari kementerian.

Ayu, salah satu siswa SD, ketika diminta komentarnya tentang pertunjukan dongeng yang dibawakan Budi,  mengatakan  mengaku senang. "Bagus. Lucu," katanya.

Budi mengaku senang sekali mendapat kesempatan mendongeng di Kampung Lamakera. Walaupun Lamakera berada di ujung pulau Flores, udaranya panas, dan kokasinya jauh sekali, namun pemandangannya indah dan cantik luar biasa. Penduduknya ramah-ramah dan santun.

Budi menerangkan, dari Tangerang sampai ke Lamakera membutuhkan sekitar 11-12 jam. Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta -- Bandara Juanda Surabaya --  Bandara El Tari Kupang -- Bandara Larantuka -- Pelabuhan Lamakera.

"Khusus dari Bandara El Tari Kupang ke Larantuka menggunakan jalan darat naik mobil sekitar 20 menit, kemudian dari Larantuka ke Lamakera menggunakan transportasi laut, kapal motor sekitar dua jam," katanya.

Lamakera adalah perkampungan yang ada di kepulauan Solor. Penduduknya hidup di bukit-bukit pegunungan yang tandus dan berbatu-batu. Pekerjaan penduduk Lamakera mencari ikan di laut.

Spiritualitas keagamaan mereka masih sangat kuat. Banyak anak-anak menjelang shalat sudah ada di masjid. Selain itu tradisi gotong royong dalam kehidupan mereka masih sangat terjaga juga.

Tradisi lainnya yang masih dipegang warga Lamakera hingga saat ini spirit mencari ilmu. Para keluarga selalu berjuang habis-habisan menyekolahkan anak-anaknya. Mereka malu jika anaknya tidak sekolah dan bangga jika anaknya meraih gelar sarjana. Anak-anaknya bisa bertahan tidak pulang bertahun-tahun hidup di perantauan sebelum kuliahnya selesai. 

Dalam kesempatan itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak di NTT masih tinggi. Karena itu, Panggung Gembira dijadikan ajang menyosialisasikan UU No 35/2015 tentang perlindungan anak.

Selain itu juga sebagai ajang kampanye mengajak seluruh warga NTT agar menghentikan melakukan kekerasaan terhadap perempuan. "Saya menghimbau kepada warga agar menghentikan melakukan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak," ungkapnya.

Dalam keaempatan yang sama Ketua Komisi 9 Ali Taher bersama Menteri Yohana melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Bukit Peradaban di kawasan perbukitan Lamakera.

Saat ini di kawasan itu sudah sudah ada sekolah MAN, yang akan dilengkapi dengan perguruan tinggi serta laboratorium bahasa Inggris, Arab, dan Cina. Selain itu akan dibangun asrama pelajar dan mahasiswa.

Di asrama itu nantinya diharapkan sebagai tempat pelajar dan mahasiswa mengkaji tentang keislaman. Dengan demikian Lamakera ke depan akan menjadi sentral kebudayaan Islam Nusantara yang berkemajuan.(RAZ/HRU)

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill