Connect With Us

GIPTI Akan Segera Dibangun di Tangerang

Mohamad Romli | Senin, 15 Januari 2018 | 20:00

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, saat menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuann dan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di Istana Wakil Presiden RI, Senin (15/1/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Inovasi (GIPTI) segera di bangun di kawasan Kabupaten Tangerang. Gedung GIPTI yang akan berdiri diatas lahan seluas 15 hektar milik Puspitek tersebut, nantinya akan menjadi tempat memajang berbagai produk hasil kemajuan inovasi dan teknologi terapan terkini, hasil karya anak bangsa.

Rencana pembangunan GIPTI itu, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang oleh 

empat institusi lintas sektor, diantaranya Pemerintah Pusat dalam hal ini Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek), Pemerintah Kabupaten Tangerang, Universitas Paramadina dan dunia usaha yakni Sinar Mas Land.

BACA JUGA:

Adapun MoU yang berlangsung di Istana Wakil Presiden RI pada Senin (15/1/2018) tersebut, disaksikan disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti),Mohamad Nasir dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Diinformasikan, GIPTI juga akan menjadi tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat dibidang IPTEK serta wahana pemasaran bagi produk-produk industri kecil menengah (IKM) dan startup berbasis teknologi di bawah binaan inkubator bisnis empat institusi tersebut.

Kerjasama pengembangan IPTEK dan inovasi itu, disambut baik oleh Menristek Dikti Mohamad Nasir. Menurutnya, pengembangan GIPTI merupakan kolaborasi yang unik dari empat institusi lintas sektor yang mewakili unsur ABG, yakni akademisi, bisnis dan goverment (pemerintahan).

"Semoga GIPTI dapat berkontribusi bagi pembangunan masyarakat berbasis IPTEK, peningkatan daya saing daerah, serta penciptaan produk-produk inovasi serta wirausaha berbasis teknologi," ujarnya.

Sementara Zaki berpendapat, GIPTI selaras dengan visi pemerintahannya yang mendorong pihak swasta serta perguruan tinggi turut andil dalam mewujudkan 25 program unggulannya, salah satunya yakni program kerjasama lintas menuju rakyat sejahtera (Jalin Rasa).

"GIPTI dapat menjadi ajang promosi daerah dalam pengembangan IPTEK karena setiap tahun Pemkab Tangerang mengadakan lomba inovasi-inovasi melalui gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diikuti oleh Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi) yang tersebar diseluruh kecamatan." katanya.

Sementara JK berharap, penandatanganan MoU tersebut segera ditindaklanjuti, tidak hanya sebatas seremonial belaka karena menurutnya, Indonesia banyak tertinggal oleh negara lain.

"Setelah penandatanganan ini berkasnya saya harap jangan langsung ditaruh di laci kantor tapi yah ditindak lanjuti, disusun rencana selanjutnya untuk merealisasikan ini. Kita harus terus maju kedepan, karena pengembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang pesat," tegasnya.(RAZ/RGI)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill