Connect With Us

Blusukan ke Teluknaga, Zaki Perkenalkan Konsep Urban Farming

Mohamad Romli | Rabu, 21 Maret 2018 | 20:00

| Dibaca : 1531

Calon Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. (@TangerangNews / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Calon Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendatangi kelompok petani di  Kampung Rawa Lini, RT04/07, Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Rabu (21/3/2018)

Didampingi tim, kepada para petani, Zaki memaparkan konsep yang akan dikembangkan olehnya jika kembali mempimpin Kabupaten Tangerang untuk periode kedua, yakni urban farming.
Sebuah konsep bertani ditengah kota.

Zaki saat blusukan ke Teluknaga.

Konsep urban farming  tak hanya sekedar menanam. Namun juga petani akan diberikan fasilitas seperti tempat pencucian sayur saat panen hingga bantuan pemasaran hasil panen yang bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Konsep ini dipaparkannya juga untuk merubah pola pikir petani yang jangan hanya terpaku pada bercocok tanam padi semata.  Namun juga bisa menanam komoditas pertanian lainnya, misalnya sayur mayur dan sebagainya.

“Nanti kedepannya kita akan memanfaatkan lahan di Kabupaten Tangerang dengan konsep urban farming. Karena dengan urban farming lahan yang kecil dan lahan tidur pun menjadi bisa dimanfaatkan agar lebih produktif,” ujarnya.

Dipaparkannya juga, di Kabupaten Tangerang terdapat tanah bengkok desa serta lahan tidur.  Sehingga sangat potensial jika didayagunakan. Namun, persoalan lain yang menjadi kendala para petani ialah mengenai akses pemasaran hasil panen. Karenanya, peran BUMD akan turut dimaksinalkan.

“Petani nanti tidak lagi mengalami permasalahan mengenai pemasaran. Karena kita nanti akan bekerjasama dengan BUMD untuk memasarkan hasil panen dari para petani,” tambahnya.

Soal jenis tanaman yang akan ditanam petani, menurutnya akan disesuaikan dengan permintaan pasar.

“Petani akan menanam apa saja yang dibutuhkan oleh pasar.  Jika nantinya pasar atau BUMD yang menyalurkan, kemudian pasar membutuhkan produk lain, kita masih banyak varietas lain yang bisa ditanam," imbuhnya.

Hal penting terpenting dari urban farming ini, lanjutnya, dapat berkontribusi pada stabilnya harga pasar. Karena saat ini kerap terjadi naik-turun harga secara signifikan.

Hal ini karena terjadinya kelangkaan komoditas hasil pertanian tertentu.

“Kedepan tidak ada lagi harga bawang, cabai yang naik meroket dan turun sangat tajam,” pungkas Zaki.(RAZ/HRU)

TEKNO
Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk

WISATA
27 Wisata Taman Rekomendasi Liburan Akhir Tahun di Kota Tangerang

27 Wisata Taman Rekomendasi Liburan Akhir Tahun di Kota Tangerang

Rabu, 5 Desember 2018 | 14:44

TANGERANGNEWS.com-Detik-detik liburan akhir tahun mulai mendekat. Mari bersiap-siaplah mengatur jadwal untuk pergi berlibur. Di Kota Tangerang,

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot