Connect With Us

Kualitas Pendidikan Meningkat, Pelajar Tangerang Bertabur Prestasi

Advertorial | Selasa, 1 Mei 2018 | 15:00

Gerak jalan santai Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang 2018. (@TangerangNews/2018 / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Beragam kegiatan dihelat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang untuk memperingati Hari Pendidikan (Hardiknas) tahun 2018. Kegiatan itu diantaranya gerak jalan santai, senam massal murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga penyerahan piagam penghargaan bagi guru serta siswa SD, SMP yang berprestasi.

Kepala Dindik Kabupaten Tangerang Hadisa Masyhur mengatakan, dalam memperingati Hardiknas pihaknya bersiap meningkatkan kualitas mulai dari reformasi pelayanan Dindik di Kabupaten Tangetang.

"Kami bersiap meningkatkan pelayanan pendidikan. Kami juga mendukung arah kebijakan pemerintah pusat yang sedang mengupayakan agar karakter kembali menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional," ujarnya.

Hadisa menjelaskan, pembentukan karakter akan dimulai dan menjadi prioritas saat siswa berada pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut, peserta didik agar dapat mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.



"Memungkinkan peserta didik membekali dirinya dengan keterampilan dan keahlian yang berdaya kompetisi tinggi, yang dibutuhkan dunia abad 21," tambahnya.

Menurut Hadisa, melalui karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa, khususnya Kabupaten Tangerang dapat menyongsong masa yang akan datang dengan lebih baik.

Khusus Hardiknas tahun ini kata Hadisa, Dindik bersama PGRI Kabupaten Tangerang melaksanakan Gerak Jalan Santai di area Puspemkab Tangerang dan Senam Siswa Massal Bagi Murid PAUD.

"Acara ini diikuti sekitar 5000-an peserta dari PAUD, TK, SD, SMP dan PGMI. Tujuan acara ini untuk mempererat tali silaturahmi antara stakeholder holder di dunia pendidikan," paparnya.

Tini Wartini, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Dindik Kabupaten Tangerang Tini Wartini menambahkan, pada peringatan Hardiknas juga akan dilakukan penyerahan penghargaan bagi guru dan siswa SD, SMP yang berprestasi.

Diantaranya juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMP tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2018, dalam bidang lomba matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). "Penerima 9 orang terdiri dari juara 1-3 pada tiap bidang," jelasnya.

Kemudian ada juga penyerahan penghargaan juara seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2018, dalam atletik, bulutangkis, karate, pencak silat, renang (50 meter), bola volley, bola sundul, catur, futsal, taekwondo dan tenis meja. "Penerimanya 24 pelajar terdiri dari juara 1-3 pada setiap cabang," jelasnya.

Bahkan penyerahan penghargaan juga diberikan kepada juara 1, 2 dan 3 penyelenggaraan aprsiasi pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan non formal (PTK-PNFI) pada Dindik Kabupaten Tangerang APBD tahun 2018.



"Untuk jenisnya ada lomba pengelola TK, lomba pendidik TK, lomba pengelola KB, lomba pendidik KB, lomba pengelola LKP, lomba instruktur komputer, lomba instruktur tata rias pengantin, lomba instruktur otomotif, lomba pengelola PKBM, lomba tutor Paket B, lomba tutor Paket C, lomba tutor KF, lomba pengelola TBM, lomba pamong belajar dan lomba penilik," ujarnya.

Selain itu, sesuai dengan Peraturan Bupati No 5/2015 tentang bantuan operasional sekolah, Dinas Pendidikan sudah merealisasikan belanja pegawai tunjangan untuk guru-guru honorer.

"Kemudian capaian program unggulan tahun 2013-2018 yakni peningkatan akses pendidikan berupa pembangunan ruang kelas sudah terealisasi 4.297 unit, peningkatan akses sanitasi berupa pembangunan Sanisek 1.524 unit, kartu pintar berupa penyediaan beasiswa bagi keluarga tidak mampu sebanyak 19.374 siswa," tukasnya.(ADV)

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill