Connect With Us

PDAM TKR Tanam Seribu Pohon di Bantaran Sungai Cisadane

Advertorial | Rabu, 9 Mei 2018 | 19:00

| Dibaca : 584

PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) bersama dengan organisasi pecinta lingkungan hidup melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Cisadane, Rabu (9/5/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) bersama dengan organisasi pecinta lingkungan hidup melakukan penanaman pohon di bantaran sungai Cisadane, Rabu (9/5/2018).

Seribu pohon bambu ditanam dibeberapa titik lokasi, salah satunya bantaran sungai yang terletak di Kampung Bojong Larang, Desa Pakulonan Barat, Kelapa Dua.

Direktur Utama PDAM TKR, Rusdy Machmud mengatakan, kondisi sungai Cisadane terus mengalami degradasi kualitas karena pencemaran, erosi serta sendimentasi. Padahal, Cisadane satu-satunya sumber bahan baku air bagi PDAM TKR yang debitnya tinggi.

"Oleh karenanya, menyelamatkan Cisadane sama halnya dengan menjaga keberlangsungan pasokan air bersih bagi warga Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel," ujarnya.

Lanjut Rusdy, menurunnya kualitas air cisadane selain berdampak pada biaya produksi air bersih di PDAM TKR, juga berdampak pada sektor lainnya, diantaranya sektor pertanian dan peternakan di wilayah hilit Cisadane, masyarakat pengguna air disepanjang bantaran Cisadane, juga masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari sungai yang hulunya di Kabupaten Bogor itu.

"Sehingga, kepedulian kami ini diharapkan juga diikuti oleh kelompok usaha maupun masyarakat lainnya, sehingga kondisi Cisadane bisa kita pulihkan," harapnya.

Disamping itu, kata Rusdy, perlu kesadaran juga dari pelaku usaha serta masyarakat di sepanjang aliran DAS Cisadane bahwa air sumber kehidupan. Dengan kesadaran demikian, maka tidak ada lagi perlakuan semena-mena yang menimbulkan dampak rusaknya daya dukung lingkungan DAS tersebut.

"Kami minta, pabrik yang ada disekitar bantaran sungai tidak membuang limbah diatas ambang batas, dan masyarakat juga tidak membuang sampah ke sungai," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang pun menegaskan hal yang sama bahwa Cisadane menjadi salah satu denyut kehidupan masyarakat Tangerang. Oleh karenanya, ia merasa sangat perihatin dengan kondisi yang terjadi saat ini.

"Cisadane harus dijaga karena saat ini memiliki multi funhsi. Tentu bantarannya harus ditata agar fungsi serapan berjalan demhan baik dan  menghindari terjadinya erosi, selain itu kualitas airnya juga harus meningkat," katanya.

Maesyal menegaskan, penataan DAS Cisadane membutuhkan keterlibatan berbagai pihak, sehingga dibutuhkan sinergitas antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

"Beberapa minggu yang lalu saya sudah undang beberapa perusahaan disekitar Cisadane untuk ikut serta peduli, dan mereka sudah sepakat mau ikut menata melalui program CSR secara bertahap," tambahnya.

Ia juga berharap, komitmen PDAM TKR yang telah mengawali kepeduliannya terhadap kondisi Cisadane terus ditingkatkan. "Kami berterima kasih kepada PDAM TKR, dan berharap terus menambah jumlah pohon yang ditanam sehingga tingkat kerusakan DAS Cisadane terus berkurang," tukasnya.

Penanaman pohon itu diikuti oleh jajaran Direksi PDAM TKR, Kepala SKPD dilingkup Pemkab Tangerang serta mitra PDAM TKR.(ADV)

NASIONAL
Kerusakan Pipa Air Baku Aetra Tangerang Diperbaiki, Suplai Kembali Normal

Kerusakan Pipa Air Baku Aetra Tangerang Diperbaiki, Suplai Kembali Normal

Rabu, 15 Agustus 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Pada hari Sabtu (11/8/2018) Aetra Tangerang berhasil menyelesaikan perbaikan kerusakan pipa air baku yang terjadi sejak hari Kamis (9/8/2018) lalu.

HIBURAN
Astrella Cahaya Luncurkan Album Perdana di Panti Asuhan Sayap Ibu Tangsel

Astrella Cahaya Luncurkan Album Perdana di Panti Asuhan Sayap Ibu Tangsel

Minggu, 2 September 2018 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Astrella Cahaya, penyanyi cilik pendatang baru di industri musik tanah air meluncurkan album perdananya. Album berjudul Meraih Mimpi itu diluncurkan di Panti Asuhan Yayasan Sayap Ibu, Bintaro Tangsel, Minggu (2/9/2018).

BISNIS
Math Coffee and Resto, Kafenya Advokat di Tangerang

Math Coffee and Resto, Kafenya Advokat di Tangerang

Sabtu, 1 September 2018 | 15:31

TANGERANGNEWS.com-Bisnis kafe di Kota Tangerang sudah menjamur. Tentunya bisnis ini sudah diisi banyak pemain yang berkelas

KOTA TANGERANG
Baru 3 Bulan Bebas, Resedivis Pengedar Sabu Jaringan Lapas Kembali Beraksi di Teluknaga

Baru 3 Bulan Bebas, Resedivis Pengedar Sabu Jaringan Lapas Kembali Beraksi di Teluknaga

Senin, 24 September 2018 | 22:00

TANGERANGNEWS.com-Polisi membekuk dua pengedar narkoba di Teluknaga. Bandar yang ditangkap dengan barang bukti sabu seberat 24 gram ini merupakan resedivis yang baru tiga bulan bebas dari penjara.

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie