Connect With Us

PWI Kabupaten Tangerang Gelar Diskusi dan Santuni Anak Yatim

Mohamad Romli | Rabu, 6 Juni 2018 | 20:00

| Dibaca : 505

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang menggelar diskusi publik, Baksos & buka bersama anak yatim Rabu (6/6/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Pesatnya perkembangan teknologi informasi  menyebabkan beragam informasi secara cepat tersebar ke masyarakat. Bahkan, informasi yang beredar tersebut tidak jelas sumber dan kebenarannya, sehingga masyarakat pun rentan terpapar berita palsu (hoax).

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang mengimbau masyarakat untuk bersikap kritis dan cerdas dalam mencermati informasi. Hal itu mengemuka dalam diskusi yang dihelat organisasi insan pewarta itu, Rabu (6/6/2018).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan berita palsu dapat ditangkal dengan meningkatkan budaya literasi masyarakat, karena masyarakat yang gandrung membaca terlatih untuk bersikap kritis.

“Namun sayangnya, saat ini budaya literasi kita masih rendah, hal ini yang perlu perhatian serius,” ujarnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk memberikan perhatian serius untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Minat baca juga sebanding dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jadi memerangi hoax harus dengan pendekatan budaya,” jelasnya.

Sementara dalam diskusi yang bertajuk “Menyikapi Maraknya Berita Hoax” itu, Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Banten AKBP Zaenudin menegaskan, polisi akan menindak tegas pelaku penyebar berita palsu. Hal itu dibuktikan Polda Banten yang telah menangkap dan memproses secara hukum beberapa pelaku.

“Penegakan hukum terhadap pelaku pembuat dan penyebar hoax kami lakukan tanpa pandang bulu,” tegasnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk tidak mudah mempercayai jika ada informasi yang beredar jika belum jelas sumber dan terverifikasi kebenarannya.

“Maka kalau ada informasi yang tidak jelas sumbernya, jangan dipercaya. Cari tahu dulu sumbernya dan teliti kebenarannya,” tambahnya.

Narasumber lainnya, Ketua KPU Kabupaten Tangerang Achmad Jamaludin pun bernada serupa. Ia mengajak masyarakat untuk tidak mudah terhasut oleh informasi yang dapat memperkeruh situasi politik.

“Kita harus sukseskan Pilkada Kabupaten Tangerang sesuai dengan  jargonnya, damai dan gembira,” ajaknya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Wishnu Caraka, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Sabilul Alif, Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja, Dandim 0510 Tigaraksa yang diwakili Danramil 06 Tigaraksa, Kapten P Sihotang. Acara ditutup dengan buka puasa bersama serta pemberian santunan kepada 80 anak yatim piatu yang berdomisili disekitar Kecamatan Tigaraksa.  

BANTEN
Mobil Avanza Nopol Jakarta 'Nyemplung' ke Laut

Mobil Avanza Nopol Jakarta 'Nyemplung' ke Laut

Selasa, 18 Juni 2019 | 19:59

TANGERANGNEWS.com - Mobil Avanza berplat nomor B 1087 CKB terjun bebas ( _nyemplung' ) ke laut dari KMP Nusa Putra di dekat Pulau Prajurit,

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

KAB. TANGERANG
Tumben! Pasca Lebaran di KUA ini Sepi Pasangan Menikah

Tumben! Pasca Lebaran di KUA ini Sepi Pasangan Menikah

Selasa, 18 Juni 2019 | 17:50

TANGERANGNEWS.com-Pasangan calon pengantin yang mendaftarkan diri untuk menikah di KUA pasca Idul Fitri 1440 Hijriah ini di Kecamatan Tigaraksa

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)