Connect With Us

Hasil Pleno KPU Perkuat Kemenangan Zaki-Romli dari Kotak Kosong

Mohamad Romli | Rabu, 4 Juli 2018 | 20:00

| Dibaca : 580

Kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Tangerang yang dihelat di salah satu hotel di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (4/7/2018). (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Tangerang memperkuat kemenangan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli. Pada hasil akhir pleno yang dihelat di salah satu hotel di  Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (4/7/2018) tersebut, paslon tunggal itu memperoleh suara 83,72 persen.

Persentase itu diraih Zaki-Romli karena memperoleh 941.804 suara dari total 1.148.762 pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni 2018 lalu. Sementara Kolom kosong memperoleh 182.092 suara atau 16,28 persen. Suara sah dalam pleno tersebut tercatat 1.124.889 dan suara tidak sah 23.863.

Rapat pleno tersebut berlangsung sejak pukul 10.30 WIB dan berakhir pukul 18.00 WIB dengan agenda merekapitulasi perolehan hasil suara dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Pantauan TangerangNews.com dari awal hingga akhir kegiatan, rapat pleno berlangsung lancar. Tidak terjadi peristiwa yang menonjol saat 29 Panitia Pemilihan Tingkat Kecamatan (PPK) menyampaikan laporan hasil perolehan suara. Hanya beberapa kali terjadi sedikit koreksi dan catatan dari saksi atau pihak Panwascam atas data yang disampaikan beberapa PPK.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang M Ali Zaenal Abidin membacakan hasil pleno tersebut kemudian meminta tanggapan dari Panwaslu maupun saksi namun tidak ada sanggahan.

"Dengan ini, hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten Tangerang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018 saya sahkan," ujarnya sambil mengetuk palu sebanyak tiga kali.

Kepada awak media, Ali mengatakan meskipun perolehan suara itu sudah ditetapkan, namun pihaknya belum langsung bisa menetapkan paslon Zaki-Romli sebagai pasangan terpilih, karena masih menunggu jika ada pihak yang menggugat hasil tersebut ke Mahkamah Konstitusi.

"Kami masih menunggu sampai tiga hari ke depan,  apakah ada perselisihan hasil pemilihan di Mahkamah Kostitusi atau tidak," katanya.

Namun, jika tidak ada gugatan ke MK berdasarkan hasil pleno tersebut, lanjut Ali, KPU Kabupaten Tangerang akan segera menetapkan paslon terpilih tersebut.

"Jangka waktunya empat hari sejak rapat pleno ini," imbuhnya.

Sementara disinggung soal tingkat partisipasi pemilih yang hanya mencapai dikisaran 61,55 persen, Ali berkilah pihaknya sudah berupaya maksimal mencapai target 80 persen dengan mensosialisasikan dan mengajak warga Kabupaten Tangerang yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya. 

Namun, menurutnya, karena persoalan memilih di Indonesia diatur sebagai hak, maka pihaknya tidak bisa memaksa pemilih untuk datang ke TPS.

"Kami sudah melakukan ikhtiar maksimal dengan berbagai cara dan metode agar masyarakat datang ke TPS sebanyak-banyaknya," terangnya.

Ali juga menerangkan, berdasarkan catatan pihaknya, tingkat partisipasi pada Pilbup 2018 ini relatif meningkat dibandingkan perhelatan Pilkada sebelumnya. Ia mencontohkan, dibandingkan Pilgub Banten 2017 yang lalu, terjadi peningkatan partisipasi pemilih.

"Di Pilkada Gubernur Banten hanya 59 persen, apalagi Pilkada Bupati lima tahun sebelumnya yang hanya 57 persen," tukasnya.(MRI/RGI)

OPINI
Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Tantangan Profesi Polisi Zaman Now

Rabu, 18 Juli 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Anak saya yang baru menapaki usia lima tahun terpesona tayangan di sebuah televisi swasta. Di usia yang belum dapat menggunakan nalar sebagai kelengkapan berfikir itu, ia justru telah hapal slogan yang

TANGSEL
Peringati Hari Bhakti Adyaksa, Kejari Tangsel Gelar Sunatan Massal

Peringati Hari Bhakti Adyaksa, Kejari Tangsel Gelar Sunatan Massal

Kamis, 19 Juli 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel menghelat kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan sunatan massal, Kamis (19/7/2018).

TOKOH
Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Jurnalis Tangerang ini Mendongeng hingga ke Lampung Selatan

Minggu, 13 Mei 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Budi Sabarudin, salah satu jurnalis Tangerang selain berprofesi sebagai pewarta juga dikenal sebagai pendongeng. Bahkan kiprah pria yang akrab disapa Budi Euy ini telah merambah hingga ke Lampung Selatan.

MANCANEGARA
Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Senin, 16 Juli 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita diperkosa dan dibakar hidup-hidup hingga tewas oleh sekelompok pria di India. Dari lima pelaku, dua diantaranya telah ditangkap kepolisian setempat.

"Sekali anda mengerjakan sesuatu jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. orang orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia. "

Chanakya