Connect With Us

Dimensi Sosial Jadi Tantangan Penyelenggaraan Asian Games di Tangerang

Mohamad Romli | Rabu, 8 Agustus 2018 | 23:39

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang menggelar Diskusi publik dengan Pemkab Tangerang, Rabu (8/8/2018). (TangerangNews.com/2018 / Mohamad Romli)

 

TANGERANGNEWS.com-Kesiapan Kabupaten Tangerang yang ditunjuk panitia pelaksana Asian Games ke-18 (Inasgoc) sebagai tempat pelaksanaan perlombaan cabang olahraga (cabor) modern penthatlon disoal dalam diskusi yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang.

Kegiatan yang dihelat di sekretariat PWI Kabupaten Tangerang itu berlangsung Rabu (8/8/2018). Hadir sebagai narasumber Penjabat Bupati Tangerang Komarudin, Perwakilan dari Polresta Tangerang, Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporabudpar) serta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.

Komarudin dalam diskusi tersebut mengatakan, persiapan infrastruktur untuk perhelatan berskala internasional itu telah dilakukan pihaknya dan hampir rampung.

Dirinci olehnya, infrastruktur itu diantaranya arena perlombaan di SMA Adria Pratama Mulya (APM), Jalan Arya Wangsakara Desa Tapos, Kecamatan Tigaraksa, perbaikan jalan menuju ke lokasi arena serta beberapa titik  lokasi lainnya yang akan dilalui atlet serta official dari 10 negara peserta cabor tersebut.

"Sekarang kalau kita lihat, jalan menuju kesana (SMA APM) sudah mulus," ujarnya.

Selain aspek infrastruktur, pihaknya pun telah mempersiapkan aspek ekonomi. Karena kata Komarudin, olahraga saat ini telah menjadi industri yang juga dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Ia mencontohkan yang dilakukan di negara-negara maju, dimana olahraga menjadi sektor yang turut menggenjot sektor ekonomi.

"Kami akan menjadikan gerai di Bojong untuk memasarkan berbagai produk UKM di Kabupaten Tangerang. Sehingga nanti bisa jadi tempat berbelanja rombongan kontingen Asian Games tersebut," tambahnya.

Dalam diskusi tersebut mengemuka juga  pendapat dari peserta agar Pemkab Tangerang memperhatikan hal-hal kecil namun penting, misalnya soal sampah yang berserakan di Jalan Raya Serang dan jalan menuju area, toilet hingga aktivitas galian tanah dan pelebaran jalan Pemda Tigaraksa.

Karena, menurut peserta diskusi dari anggota dan pengurus PWI Kabupaten Tangerang itu, hal-hal kecil ini tidak bisa diabaikan, mengingat even ini berskala internasional dan akan menjadi perhatian masyarakat dunia.

Menanggapi hal itu, Komarudin mengatakan dimensi sosial menjadi tantangan dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang. Hal ini terkait dengan perilaku masyarakat dalam hal ketertiban dan kedisiplinan. Dicontohkannya soal membuang sampah dan tertib berlalu lintas.

Terkait dengan tumpukan sampah, selain meminta masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terlebih di pinggir Jalan Raya Serang, Tangerang yang menjadi etalase bagi kota 1001 industri ini, pihaknya juga akan mengerahkan pasukan penyapu sampah.

"Ini menjadi tantangan kita bersama, dimensi sosial ini menyangkut ketertiban dan kedisplinan masyarakat," imbuhnya.

Ia optimis, cabor modern penthatlon yang digelar di Kabupaten Tangerang itu akan berjalan sukses dengan dukungan semua pihak.

Sementara Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan perhelatan Asian Games harus menjadi cambuk bagi masyarakat dan Pemkab Tangerang sebagai pemantik melakukan perbaikan diberbagai bidang. Karena, sebagai penyangga ibu kota negara, Tangerang akan menjadi pilihan strategis perhelatan olahraga berskala internasional selanjutnya.

"Saat ini kita telah punya stadion megah, tentu kedepan, Tangerang akan menjadi tuan rumah perhelatan olahraga lainnya," ujarnya.

Sangki juga berharap, momentum Asian Games dimanfaatkan secara maksimal untuk memperkenalkan sektor budaya, pariwisata serta potensi ekonomi di Kabupaten Tangerang.

"Kami mendorong Kabupaten Tangerang ini untuk mampu dan siap melaksanakan perhelatan olahraga baik even nasional maupun internasional. Sehingga aspek kultur, sektor wisata dan potensi ekonomi terpublikasikan ke daerah lain bahkan dunia," tukasnya.(RMI/HRU)

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill