Connect With Us

Pramuka Penegak & Pandega Tangerang Dilatih Kepemimpinan

Maya Sahurina | Jumat, 28 September 2018 | 22:00

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, Jumat-Minggu, 28 sampai 30 September 2018 diikuti ratusan peserta dari gugus depan di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dalam mengelola kegiatan di tingkat gugus depan.

Selain itu, sebagai anggota jelang usia dewasa, Penegak dan Pandega juga dituntut mampu berkiprah lebih luas ditengah-tengah masyarakat.

"Disini peserta dibekali dua aspek, yaitu bagaimana memimpin dan dipimpin. Mengelola kegiatan di ambalan (gugus depan), memimpin rapat, mengurus administrasi. Jadi mereka mampu merencanakan dan melaksanakan program di gugus depan," bebernya, Jumat (28/9/2018).

Lanjut sosok yang akrab disapa kak Dadang ini, kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan organisasi kepanduan tersebut. Metode pelatihan Pramuka yang dikenal dengan sistem among itu diharapkan mampu membentuk mental dan karaktek anggota Pramuka ditengah situasi zaman yang semakin penuh tantangan.

"Dalam pelatihan ini, selain soal kepemimpinan, mereka juga nanti mendapatkan materi soal kewirausahan, sehingga kami harapkan, anggota Pramuka mampu membangun kemandirian ekonomi," jelasnya.

Harapan itu, lanjutnya, karena saat ini Pramuka juga harus merespon perkembangan zaman yang bergerak pesat, sehingga dengan berbagai pelatihan yang diberikan, Penegak dan Pandega di Kabupaten Tangerang mampu menjadi kelompok usia produktif yang terus berkarya dan berguna.

"Harapan ini sejalan dengan program pak Bupati (Ahmed Zaki Iskandar) yang juga menginginkan pemuda di Kabupaten Tangerang produktif dan mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada," imbuhnya.

Selama tiga hari tersebut, peserta akan dibekali berbagai materi terkait kepemimpinan, manajemen, keterampilan berorganisasi dan kewirausahaan. Sebelumnya, mereka juga telah mendapatkan pelatihan jurnalistik serta kepemimpinan dasar.

"Setelah pelatihan demi pelatihan ini, kita akan melihat kompetensi mereka apa, itu yang akan terus kita kembangkan," tandasnya.(MRI/RGI)

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill