Connect With Us

Pramuka Penegak & Pandega Tangerang Dilatih Kepemimpinan

Maya Sahurina | Jumat, 28 September 2018 | 22:00

| Dibaca : 668

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, Jumat-Minggu, 28 sampai 30 September 2018 diikuti ratusan peserta dari gugus depan di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dalam mengelola kegiatan di tingkat gugus depan.

Selain itu, sebagai anggota jelang usia dewasa, Penegak dan Pandega juga dituntut mampu berkiprah lebih luas ditengah-tengah masyarakat.

"Disini peserta dibekali dua aspek, yaitu bagaimana memimpin dan dipimpin. Mengelola kegiatan di ambalan (gugus depan), memimpin rapat, mengurus administrasi. Jadi mereka mampu merencanakan dan melaksanakan program di gugus depan," bebernya, Jumat (28/9/2018).

Lanjut sosok yang akrab disapa kak Dadang ini, kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan organisasi kepanduan tersebut. Metode pelatihan Pramuka yang dikenal dengan sistem among itu diharapkan mampu membentuk mental dan karaktek anggota Pramuka ditengah situasi zaman yang semakin penuh tantangan.

"Dalam pelatihan ini, selain soal kepemimpinan, mereka juga nanti mendapatkan materi soal kewirausahan, sehingga kami harapkan, anggota Pramuka mampu membangun kemandirian ekonomi," jelasnya.

Harapan itu, lanjutnya, karena saat ini Pramuka juga harus merespon perkembangan zaman yang bergerak pesat, sehingga dengan berbagai pelatihan yang diberikan, Penegak dan Pandega di Kabupaten Tangerang mampu menjadi kelompok usia produktif yang terus berkarya dan berguna.

"Harapan ini sejalan dengan program pak Bupati (Ahmed Zaki Iskandar) yang juga menginginkan pemuda di Kabupaten Tangerang produktif dan mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada," imbuhnya.

Selama tiga hari tersebut, peserta akan dibekali berbagai materi terkait kepemimpinan, manajemen, keterampilan berorganisasi dan kewirausahaan. Sebelumnya, mereka juga telah mendapatkan pelatihan jurnalistik serta kepemimpinan dasar.

"Setelah pelatihan demi pelatihan ini, kita akan melihat kompetensi mereka apa, itu yang akan terus kita kembangkan," tandasnya.(MRI/RGI)

TEKNO
LIPI Pamerkan Hasil Penelitian di Serpong

LIPI Pamerkan Hasil Penelitian di Serpong

Selasa, 2 Juli 2019 | 15:11

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Fisika (P2F) memamerkan sejumlah hasil penelitiannya di Pusat Penelitian Fisika LlPl, Kawasan Puspitek Serpong,

BANTEN
PT Lotte Chemical Indonesia Tanam 15.000 Pohon Mangrove di Karangantu

PT Lotte Chemical Indonesia Tanam 15.000 Pohon Mangrove di Karangantu

Kamis, 18 Juli 2019 | 17:13

TANGERANGNEWS.com - PT Lotte Chemical Indonesia menanam 15.000 pohon mangrove di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Karangantu, Kota Serang.

PROPERTI
Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Cerita Komunitas Pengawal Ambulans di Tangsel, Pernah Dicaci Hingga Ditabrak

Jumat, 5 Juli 2019 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Di Indonesia keberadaan mobil ambulans yang melaju dengan sirine kerap kali masih disepelekan pengendara di jalan.

SPORT
Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Sabtu, 13 Juli 2019 | 23:13

TANGERANGNEWS.com-Tim Pendekar Cisadane kembali merayakan kemenangan dengan menaklukkan tim Sriwiajaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya,

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt