Connect With Us

Najwa Shihab Motivasi Masyarakat Tangerang untuk Gemar Membaca

Maya Sahurina | Kamis, 11 Oktober 2018 | 18:00

Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia saat hadir dalam pembukaan Jambore Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tangerang ke-4 di lingkup Kantor Perpusda, Puspemkab Tangerang di Tigaraksa, Kamis (11/10/2018). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Duta Baca Indonesia Najwa Shihab hadir dalam pembukaan Jambore Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tangerang ke-4 di lingkup Kantor Perpusda, Puspemkab Tangerang di Tigaraksa, Kamis (11/10/2018).

Kehadiran sosok yang akrab disapa Nana itu membuat histeris ratusan peserta yang hadir. Terdengar teriakan histeris saat ia yang didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, pegiat literasi Kang Maman Suherman, Daus mini serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang Yusrizal memasuki area panggung yang berdiri di lokasi Perpusda tersebut.

Nana pun menyapa peserta yang mengenalnya sebagai presenter sebuah acara talkshow di salah satu stasiun televisi swasta.

Kehadiran Nana diacara tersebut sebagai salah satu narasumber talkshow seputar dunia literasi. Ia membeberkan bahwa kegemaran dan kecintaannya terhadap buku adalah salah satu yang mengantarkannya hingga tahap pencapaian saat ini.

Puteri kedua Quraish Shihab itu pun mengatakan, tugas mencerdaskan bangsa bukan hanya tugas institusi tertentu, namun menjadi tanggung jawab semua kalangan, terlebih orang tua yang dalam kesehariannya dekat dengan anak.

Ia menegaskan, ada dua hal yang berbeda antara bisa membaca dengan suka membaca. Hal itu dikatakannya menyoroti soal rendahnya minat baca masyarakat Indonesia, salah satunya di Kabupaten Tangerang.

Padahal menurutnya, skor tes membaca pada anak-anak usia dini, hasilnya bagus. Namun, justru saat sudah masuk usia sekolah, minat baca itu menurun.

"Ketika anak sudah bisa membaca, dalam hal ini mengeja, kerap orang tua merasa tugasnya sudah selesai. Sehingga dana untuk membeli buku berkurang diganti untuk membeli mainan," jelasnya.

Mengatasi fenomena ini, lanjut Nana, kembali kepada keluarga, karena keluarga sebagai pondasi utama penjaga minat baca anak. Ia pun pun merasa bersyukur karena tumbuh di lingkungan keluarga yang mendukung dan terus mendorong minat baca anak-anaknya.

"Saya bersyukur ada di lingkungan keluarga, disekitar rumah ada buku, keluar rumah pun mencari buku," ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Nana, keluarga menjadi kunci untuk meningkatkan minat baca anak, sehingga skor rendah atas minat baca masyarakat Indonesia saat ini, bisa didobrak dengan dukungan orang tua terhadap anak-anaknya.

"Keluarga menjadi contoh agar anak-anak kita mau banyak membaca," tegasnya yang disambut tepuk tangan peserta.(MRI/RGI)

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill