Connect With Us

Minat Baca Rendah, Zaki akan Geber Perpustakaan Desa

Mohamad Romli | Kamis, 11 Oktober 2018 | 19:00

| Dibaca : 322

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat menjadi narasumber talkshow pada Jambore Perpustakaan Kabupaten Tangerang. Selain Zaki, hadir juga Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia), Maman Suherman (Pegiat Literasi) dan perwakilan Perpustakaan nasional. (@TangerangNews / Mohamad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tidak menampik jika minat baca masyarakat Kabupaten Tangerang rendah. Hal itu pun diakuinya menjadi salah satu fokus perhatiannya di periode kedua kepemimpinannya.

Salah satu program yang segera terealisasi, kata dia, adalah tersedianya perpustakaan di setiap desa. Untuk tahap awal, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Tangerang, telah dilatih sejumlah personel dari 100 desa di Kabupaten Tangerang untuk mengelola perpustakaan desa tersebut.

"Karena perpustakaan ini harus ada petugasnya, orang yang fokus mengelola dan memahami soal perpustakaan," ujarnya disela-sela pembukaan Jambore Perpustakaan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Kamis (11/10/2018).

Ia juga mengajak semua kalangan untuk menggerakkan budaya literasi di Kota 1001 industri ini, karena ia percaya, buku telah memberikan kontribusi yang besar dalam pertumbuhan alam pikirnya sebagai seorang anak generasi tahun 1980-an dan remaja tahun 1990-an yang belum digempur oleh teknologi informasi seperti saat ini.

"Zaman dulu buku sulit sekali, apalagi buku berkualitas. Sekarang mudah didapatkan, tapi tantangannya adalah gadget," kata Zaki.

Menurutnya, generasi muda perlahan namun pasti harus kembali ke buku, karena buku sebagaimana dirasakannya, membentuk dan memperkaya imajinasi seseorang.

"Jangan terus bermain gadget, tapi mari jadikan buku menjadi barang berharga. Karena dengan membaca buku memperkaya imajinasi dan nalar kita," tegasnya.

Ia pun berharap semakin banyak generasi muda yang tergugah untuk membangun budaya literasi di Kabupaten Tangerang. Salah satu yang ingin kembali ia galakkan adalah memfungsikan kembali majalah dinding di sekolah serta mendorong generasi milenial untuk aktif menulis di blog dan media sosial.

"Nanti kita adakan lomba mading antar sekolah dan blog untuk memacu minat baca," tandasnya.

Ditambahkan Kepala Perpusda Kabupaten Tangerang Yusrizal, 100 orang yang sudah diberikan bimbingan teknis mengelola perpustakaan tinggal merealisasikan hasil pelatihan. Karenanya ia pun mendorong peran aktif kepala desa dan jajarannya untuk menyambut program dari Bupati Tangerang tersebut.

"Calon pengelolalnya sudah kami berikan bimbingan teknis, ini adalah political will dari pak Bupati Tangerang untuk meningkatkan minat baca masyarakat," kata Yusrizal.(MRI/RGI)

WISATA
Menilik Kisah Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang

Menilik Kisah Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang

Rabu, 26 September 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Kalau kamu orang Indonesia asli, pasti sudah nggak asing ya dengan legenda Malin Kundang. Cerita rakyat dari Sumatera Barat ini sudah diperkenalkan kepada anak-anak sejak kecil.

BANDARA
Asian Para Games 2018 Berakhir, 1.600 Atlet Padati Bandara Soekarno-Hatta

Asian Para Games 2018 Berakhir, 1.600 Atlet Padati Bandara Soekarno-Hatta

Minggu, 14 Oktober 2018 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Perhelatan Asian Para Games 2018 secara resmi ditutup. Kontingen mulai kembali ke negaranya masing-masing melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

BANTEN
18 Tahun Banten, Kisah Max Havelaar Tak Boleh Terulang

18 Tahun Banten, Kisah Max Havelaar Tak Boleh Terulang

Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:34

TANGERANGNEWS.com-Hari ini, 4 Oktober 2018, Provinsi Banten genap berusia 18 tahun. Usia yang cukup matang untuk sebuah daerah otonom hasil

HIBURAN
Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Usung Konsep Betawi, Pasar Jajan Teras Cisadane Hadir di Kota Tangerang

Senin, 15 Oktober 2018 | 18:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sukses membuat Pasar Jajan di Taman Potret dan Taman Gajah dengan konsep modern dan milenial, Pemerintah Kota

"Semua orang pernah gagal. Sebagian menyerah, sebagian bangkit kembali. Maka ada pecundang, ada pemenang."

Ken Terate