Connect With Us

Topi Bambu Tangerang Hadir di PinDesKel 2018 di Bali

Maya Sahurina | Jumat, 19 Oktober 2018 | 18:08

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat meninjau stand Kabupaten Tangerang pada acara Temu Karya Nasional dan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke XX di Bali, Kamis (18/10/2018). (TangerangNews.com/2018 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Kabupaten Tangerang yang dijuluki kota seribu industri menampilkan produk topi bambu dalam Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan (PinDesKel) tahun 2018, di acara Temu Karya Nasional dan Gelar Teknologi Tepat Guna  Nasional ke XX di Bali, Kamis (18/10/2018)

Pengiat ekonomi kreatif Tangerang yang mewakili Kabupaten Tangerang, Agus Hasanudin mengungkapkan, ditampilkannya topi bambu di acara tersebut merupakan inisiasi dari pelaku usaha ekonomi kreatif  di Tangerang.

Acara tersebut, kata Agus, digelar di Garuda Wisnu Kencana,  Bali, pada tanggal 18-21 Oktober yang dibuka langsung oleh Presiden Joko wododo.

"Kabupaten Tangerang menciptakan Inovasi Perkembangan Desa di Tangerang melalui PIN DesKes (Pekan Inovasi Desa Dan Kelurahan) yang diwakili oleh saya bersama DPMPD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Tangerang," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/8/2018)

Menurut Agus, produk topi bambu memberikan dampak bagi pembangunan ekonomi masyarakat desa, dan mendapatkan dukungan dari banyak kalangan termasuk Pemerintah Daerah.

"Pemerintah dan masyarakat sangat antusias menyambut topi bambu ini, karena menampilkan produk kreatif dari topi menjadi kopiah,  sajadah,  tas,  dompet memberikan dampak membangun ekonomi masyarakat desa," ujarnya.

Setelah diperkenalkan dan mendapatkan pesanan dari KPU Kabupaten Tangerang pada perhelatan Pilkada kemarin, beber Agus, kopiah bambu juga diminati oleh konsumen dari mancanegara seperti Malaysia.

"Topi bambu selalu menjadi produk bernilai jual tinggi dan diminati oleh konsumen mancanegara seperti Malaysia. Bahkan topi bambu juga dilirik oleh ahli disainer dari Jepang," ungkapnya.

Lanjut Agus, topi anyaman dari bambu ini juga disukai oleh warga Jepang. “Di Jepang, banyak yang suka. Kita sudah beberapa kali mengirim ke sana,” imbuhnya.

Saat ini, ungkap Agus, populasi perajin topi bambu yang sampai masih eksis tersebar di wilayah Kecamatan Jambe, Cisoka, Pasar Kemis dan sekitarnya.

Terbentukna komunitas topi bambu ini sendiri, kata Agus, karena ingin menyelamatkan salah satu ikon Kabupaten Tangerang. Terlebih, topi bambu ini sendiri menjadi simbol atau ciri khas Kabupaten Tangerang.

“Topi bambu ini menjadi salah satu lambang di logo Kabupaten Tangerang. makanya, ini harus tetap dilestarikan. Jangan sampai hilang,” tandasnya.

Diketahui, sebagai upaya regenerasi untuk menjaga kelestarian kerajinan topi bambu ini, berbagai kegiatan pun dilakukan oleh Agus dan komunitasnya, seperti memberikan pelatihan atau workshop kepada anak-anak sekolah. 

Karena kiprahnya, Agus pernah mendapatkan penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI), sebagai pembuat topi bambu terbesar.(RMI/HRU)

OPINI
Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Tarif Tol Naik Buah Kebijakan Kapitalistik

Minggu, 17 Maret 2024 | 16:24

Ya, tarif tol mengalami kenaikan tajam di bulan Ramadan tahun 2024 ini. Kenaikan ini mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024.

BISNIS
5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

Senin, 18 Maret 2024 | 09:19

Di Indonesia, harga Bitcoin hari ini sering kali menjadi sorotan utama, mengungguli berita tentang peran Bitcoin dalam transaksi sehari-hari. Hal ini bisa dimengerti mengingat Bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran resmi di negeri ini.

NASIONAL
Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:14

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'.

TEKNO
Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:16

WhatsApp terus menghadirkan beragam fitur baru, termasuk beberapa yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill