Connect With Us

Cegah Kekeringan, Perumahan di Tigaraksa ini Kembangkan Sumur Resapan

Maya Sahurina | Senin, 22 Oktober 2018 | 18:00

| Dibaca : 1470

Sudirman Idra penggagas sumur resapan di Perumahan Triraksa Vilage 2 Tigaraksa saat menunjukkan lokasi sumur resapan disekitar danau buatan di kawasan perumahan tersebut, Senin (22/10/2018). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan semakin padatnya penduduk dan berkurangnya kawasan resapan air, kekeringan pun melanda beberapa kawasan pemukiman di Kabupaten Tangerang.

Kelangkaan air bersih itu sangat terasa ketika musim kemarau. Namun kondisi sebaliknya justru terjadi di musim penghujan, beberapa kawasan pemukiman dilanda banjir.

Upaya pengendalian air permukaan pun perlu dilakukan semua pihak, salah satunya dengan menangkap air dengan membuat danau buatan dan umur resapan.

Hal ini yang dilakukan salah satu pengembang perumahan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Salah satu program yang ditengah berlangsung tersebut di Perumahan Triraksa Village 2.

Program yang dipelopori oleh Sudirman Idra ini bertujuan untuk menampung air permukaan agar tidak langsung mengalir deras ke sungai, namun tertahan di danau dan sumur resapan yang dibuat area perumahan yang berlokasi di Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa tersebut.

"Yang kami lakukan adalah dengan membuat sumur resapan disekitar area danau buatan, menggali tanah dengan kedalaman 20-60 meter, Luas penyerapan 1 x 2 meter," ujar Koh Acin sapaan akrabnya di lokasi, Senin (22/10/2018).

Ia mengklaim, programnya untuk dikawasan perumahan adalah yang pertama di Kabupaten Tangerang dan bisa jadi percontohan untuk pengembang perumahan lainnya.

"Selain menampung air,  juga bisa meredam banjir, karena air tidak langsung turun, akan tetapi masuk ke penampungan dulu," tambahnya.

Saat ini, sudah ada 4 sumur resapan disekitar area danau buatan yang luasnya sekitar 1.000 meter persegi. Program diyakini bisa memenuhi kebutuhan air bersih ratusan warga yang bermukim di perumahan tersebut.(MRI/RGI)

WISATA
7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

Jumat, 15 November 2019 | 16:04

TANGERANGNEWS.com-Katakan segala hal yang Anda ketahui mengenai Padang. Mulai dari Teluk Bungus, Kepulauan Mentawai, Wisata Bukittinggi, Taman Nasional Kerinci Seblat, Batu Malin Kundang, Sambal Balado, dan Jam Gadang.

HIBURAN
Musik & Diskon Belanja, Semarakkan Natal & Tahun Baru di SMS

Musik & Diskon Belanja, Semarakkan Natal & Tahun Baru di SMS

Minggu, 8 Desember 2019 | 22:39

TANGERANGNEWS.com-Turut merayakan sukacita Natal dan Tahun Baru, Summarecon Mall Serpong (SMS) menghadirkan semarak perayaan dalam rangkaian acara bertajuk Sparkling Christmas, mulai tanggal 6 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

SPORT
Transmedia Juarai SMLBT 2019

Transmedia Juarai SMLBT 2019

Senin, 2 Desember 2019 | 18:50

TANGERANGNEWS.com- Tim basket Transmedia masih terlalu kuat bagi Gojek. Setelah melalui laga seru dan ketat, Transmedia mengalahkan Gojek 48-

MANCANEGARA
Terbang ke Cina, Mad Romli Bicara Program Gerbang Mapan

Terbang ke Cina, Mad Romli Bicara Program Gerbang Mapan

Sabtu, 2 November 2019 | 19:29

TANGERANGNEWS.com-Wakil Bupati Tangerang Mad Romli menghadiri World Congres Ocean (WCO) Kongres Laut Tahunan ke-8 Dunia Xiamen,

"Tanpa strategi, eksekusi bisa kehilangan arah, Tanpa eksekusi, strategi tidak ada gunanya."

Morris Chang