Connect With Us

Cegah Kekeringan, Perumahan di Tigaraksa ini Kembangkan Sumur Resapan

Maya Sahurina | Senin, 22 Oktober 2018 | 18:00

| Dibaca : 1570

Sudirman Idra penggagas sumur resapan di Perumahan Triraksa Vilage 2 Tigaraksa saat menunjukkan lokasi sumur resapan disekitar danau buatan di kawasan perumahan tersebut, Senin (22/10/2018). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan semakin padatnya penduduk dan berkurangnya kawasan resapan air, kekeringan pun melanda beberapa kawasan pemukiman di Kabupaten Tangerang.

Kelangkaan air bersih itu sangat terasa ketika musim kemarau. Namun kondisi sebaliknya justru terjadi di musim penghujan, beberapa kawasan pemukiman dilanda banjir.

Upaya pengendalian air permukaan pun perlu dilakukan semua pihak, salah satunya dengan menangkap air dengan membuat danau buatan dan umur resapan.

Hal ini yang dilakukan salah satu pengembang perumahan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Salah satu program yang ditengah berlangsung tersebut di Perumahan Triraksa Village 2.

Program yang dipelopori oleh Sudirman Idra ini bertujuan untuk menampung air permukaan agar tidak langsung mengalir deras ke sungai, namun tertahan di danau dan sumur resapan yang dibuat area perumahan yang berlokasi di Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa tersebut.

"Yang kami lakukan adalah dengan membuat sumur resapan disekitar area danau buatan, menggali tanah dengan kedalaman 20-60 meter, Luas penyerapan 1 x 2 meter," ujar Koh Acin sapaan akrabnya di lokasi, Senin (22/10/2018).

Ia mengklaim, programnya untuk dikawasan perumahan adalah yang pertama di Kabupaten Tangerang dan bisa jadi percontohan untuk pengembang perumahan lainnya.

"Selain menampung air,  juga bisa meredam banjir, karena air tidak langsung turun, akan tetapi masuk ke penampungan dulu," tambahnya.

Saat ini, sudah ada 4 sumur resapan disekitar area danau buatan yang luasnya sekitar 1.000 meter persegi. Program diyakini bisa memenuhi kebutuhan air bersih ratusan warga yang bermukim di perumahan tersebut.(MRI/RGI)

TANGSEL
Didukung PPP, Benyamin Makin Optimis di Pilkada Tangsel

Didukung PPP, Benyamin Makin Optimis di Pilkada Tangsel

Senin, 13 Juli 2020 | 20:16

TANGERANGNEWS.com-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan tahun 2002 ini telah memasuki babak baru. Satu persatu partai politik mulai menyatakan dukungannya ke para bakal calon

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

SPORT
19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

19 Juli MotoGP Kembali Digelar, Pebalap Ducati Malah Cedera

Selasa, 30 Juni 2020 | 09:59

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat terhenti oleh pandemi COVID-19, adu cepat kuda besi di sirkuti (MotoGP 2020) akan dimulai pada 19 Juli di

BANTEN
Aktivis Pemilu : Lalai Coklit Bisa Dipidana

Aktivis Pemilu : Lalai Coklit Bisa Dipidana

Senin, 13 Juli 2020 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-Petugas penyelenggara pemilu harus secara optimal melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020. Jika lalai, mereka bisa dikenakan ancaman pidana pemilu

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi