Connect With Us

Cegah Kekeringan, Perumahan di Tigaraksa ini Kembangkan Sumur Resapan

Maya Sahurina | Senin, 22 Oktober 2018 | 18:00

Sudirman Idra penggagas sumur resapan di Perumahan Triraksa Vilage 2 Tigaraksa saat menunjukkan lokasi sumur resapan disekitar danau buatan di kawasan perumahan tersebut, Senin (22/10/2018). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Seiring dengan semakin padatnya penduduk dan berkurangnya kawasan resapan air, kekeringan pun melanda beberapa kawasan pemukiman di Kabupaten Tangerang.

Kelangkaan air bersih itu sangat terasa ketika musim kemarau. Namun kondisi sebaliknya justru terjadi di musim penghujan, beberapa kawasan pemukiman dilanda banjir.

Upaya pengendalian air permukaan pun perlu dilakukan semua pihak, salah satunya dengan menangkap air dengan membuat danau buatan dan umur resapan.

Hal ini yang dilakukan salah satu pengembang perumahan di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Salah satu program yang ditengah berlangsung tersebut di Perumahan Triraksa Village 2.

Program yang dipelopori oleh Sudirman Idra ini bertujuan untuk menampung air permukaan agar tidak langsung mengalir deras ke sungai, namun tertahan di danau dan sumur resapan yang dibuat area perumahan yang berlokasi di Kelurahan Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa tersebut.

"Yang kami lakukan adalah dengan membuat sumur resapan disekitar area danau buatan, menggali tanah dengan kedalaman 20-60 meter, Luas penyerapan 1 x 2 meter," ujar Koh Acin sapaan akrabnya di lokasi, Senin (22/10/2018).

Ia mengklaim, programnya untuk dikawasan perumahan adalah yang pertama di Kabupaten Tangerang dan bisa jadi percontohan untuk pengembang perumahan lainnya.

"Selain menampung air,  juga bisa meredam banjir, karena air tidak langsung turun, akan tetapi masuk ke penampungan dulu," tambahnya.

Saat ini, sudah ada 4 sumur resapan disekitar area danau buatan yang luasnya sekitar 1.000 meter persegi. Program diyakini bisa memenuhi kebutuhan air bersih ratusan warga yang bermukim di perumahan tersebut.(MRI/RGI)

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill