Connect With Us

15 Tahun Mendatang, Penduduk Usia Produktif Tangerang Membludak

Maya Sahurina | Senin, 3 Desember 2018 | 13:37

Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan pada Perwakilan BKKBN Banten Iswandi saat memaparkan program BKKBN kepada masyarakat pada kegiatan Sosialisasi Pengendalian Penduduk di halaman Kantor Kecamatan Sepatan, Senin (3/12/2018). (TangerangNews/2018 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemkab Tangerang diimbau oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Banten untuk mengantisipasi ledakan penduduk.

Pasalnya, dari 3,58 juta jiwa penduduk Kabupaten Tangerang berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statisitik pada tahun 2017, sebagian besar adalah balita dan anak-anak.

Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan pada Perwakilan BKKBN Banten Iswandi mengatakan, berdasarkan komposisi usia, penduduk Kabupaten Tangerang paling banyak berumur 0-4 tahun, yaitu 359 ribu jiwa, kemudian usia 5-9 tahun sebesar 346 ribu jiwa.

"Berdasarkan komposisi itu, Kabupaten Tangerang sekitar 15 tahun lagi akan mengalami bonus demografi, dimana penduduk usia produktif lebih banyak," ungkapnya dihadapan ratusan peserta Sosialisasi Pengendalian Penduduk di halaman Kantor Kecamatan Sepatan, Senin (3/12/2018).

Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Penduduk di halaman Kantor Kecamatan Sepatan, Senin (3/12/2018).

Berdasarkan angka tersebut juga, lanjut Iswandi, Pemkab Tangerang saat ini harus mempersiapkan calon generasi penerus tersebut, agar menjadi generasi yang berkulitas dengan terpenuhinya kebutuhan layanan publik.

"Balita dan anak-anak adalah penduduk tidak produktif, karena masih mengalami ketergantungan pada penduduk usia produktif. Mereka harus benar-benar dipersiapkan agar menjadi penduduk yang berkualitas," tambahnya.

Ia menekankan, pada aspek layanan pendidikan, anak-anak tersebut harus mendapatkan pendidikan, demikian pun dengan layanan kesehatan. Dua hal itu, kata Iswandi, menjadi urusan wajib pemerintah daerah, sehingga pemenuhannya tidak bisa diabaikan.

"Kita harus pastikan bahwa penduduk usia balita dan anak ini benar-benar terpenuhi haknya, hak sebagai anak," imbuhnya.

Sementara, seiring dengan berjalannya waktu, pada kurun waktu sekitar 15 tahun ke depan, penduduk usia balita dan anak saat ini akan masuk pasar kerja. Sehingga, kebutuhan lapangan kerja akan meningkat.

Hal ini juga yang ditegaskan Iswandi perlu diantisipasi, karena jika mereka tidak terserap oleh lapangan kerja, maka akan muncul dampak secara sosial dan ekonomi.

"Kenapa kita harus persiapkan mereka menjadi generasi yang handal, karena biar bisa berkompetisi saat masuk usia produktif. Jika tidak, mereka akan menjadi beban. Jadi, mereka perlu dibekali keterampilan dan pengetahuan, serta dipersiapkan juga lapangan kerja," bebernya.

Sementara, pada aspek pengendalian penduduk, Iswandi menekankan pada tiga faktor, yaitu keikutsertaan penduduk menjadi peserta KB, usia menikah yang ideal bagi penduduk berusia muda serta pelayanan bagi penduduk usia lansia.

"Salah satu pemicu laju pertumbuhan penduduk karena faktor kelahiran, makanya program KB berusaha mengendalikan, misalnya usia menikah ideal untuk perempuan adalah 21 tahun dan laki-laki 25 tahun. Jika tidak dikendalikan, penduduk kita akan terus bertambah," tandasnya.

Sementara itu, Camat Sepatan Tedy Murianto mengatakan, pertambahan penduduk di wilayahnya, selain faktor kelahiran juga karena adanya migrasi penduduk.

"Sekarang di Sepatan banyak perumahan, dibangun tentunya untuk penduduk pendatang. Ini salah satu faktor kenapa jumlah penduduk terus bertambah," ucapnya.

Besarnya jumlah penduduk, kata dia, segaris dengan kebutuhan layanan publik yang harus disediakan oleh pemerintah, diantaranya layanan pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja.

"Kalau usia sekolah, kita harus sediakan sarana pendidikan, demikian juga dengan kesehatan. Sementara, setelah masuk usia kerja, mereka juga butuh lapangan kerja," tambahnya.

Ia pun mengimbau penduduk di Sepatan untuk aktif mengikuti program KB, karena menurutnya, KB dapat menahan laju pertumbuhan penduduk.

"Dulu saat periode Orde Baru, program KB sangat berhasil. Sekarang harus digalakkan lagi. Saya minta semua ikut program KB," tandasnya.(RAZ/HRU)

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill