Connect With Us

Pemkab Tangerang MoU Aplikasi Canggih dengan Banyuwangi

Muhamad Heru | Jumat, 14 Desember 2018 | 14:00

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi melakukan kerjasama diberbagai bidang aplikasi. (@TangerangNews / Muhamad Heru)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Banyuwangi melakukan kerjasama diberbagai bidang aplikasi. Nota kerjasama antara pemerintah daerah tersebut ditandatangani langsung oleh masing-masing Kepala Daerah, yaitu Ahmed Zaki Iskandar dan Abdullah Azwar Anas, pada Kamis (13/12) siang, di Pendopo Bupati Banyuwangi.

Plt Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Tangerang Soma Atmadja mengatakan, penandatanganan kerjasama antara Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Banyuwangi berkaitan dengan adanya sejumlah replikasi aplikasi sistem yang bakal diterapkan di Kabupaten Tangerang.

"Kita belajar best practices dari berbagai daerah di Indonesia. Kenapa Banyuwangi? Daerah ini berhasil mengembangkan eco-turism (menjual daya tarik alam) menjadi kekuatan pariwisata dan pelayanan publik yang baik," tuturnya.

“Dengan karakter dan kultural yang nyaris mirip dengan Kabupaten Tangerang, kita melihat Kabupaten Banyuwangi berhasil dalam mengimplementasikan sejumlah kebijakan dan arah pembangunan, dengan sejumlah aplikasi sistem yang sudah dibangun oleh pemerintahnya, kita akan mereplikasi dan menerapkannya di Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Soma Atmadja menjelaskan, transformasi keilmuan antar pemerintah daerah bukan hal yang baru. Kabupaten Banyuwangi dianggap berhasil dalam mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (Simral), serta peningkatan pendapatan melalui pajak dan pengelolaan pariwisatanya, sehingga pihaknya mereplikasi sistem yang selama ini dibangun oleh mereka.

“Replikasi Aplikasi ini dilakukan untuk memenuhi peningkatan pelayanan masyarakat dan inovasi semacam ini terus kita kembangkan, termasuk dengan pola kerjasama dgn berbagai daerah".

Semua sistem ini diakui Soma, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tapi harus ada sinergitas antar OPD. “Salah satu pengembangan ini membutuhkan integrasi berbagai aplikasi yang tersebar di semua OPD dijadikan satu,"ungkapnya.(RAZ/RGI)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

KOTA TANGERANG
Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Begini Kondisi Plaza Shinta Cimone Tangerang Usai Sempat Ditutup

Kamis, 25 April 2024 | 10:34

Plaza Shinta Cimone Kota Tangerang mulai kembali beroperasi usai sempat ditutup beberapa waktu lalu.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill