Connect With Us

Ulama di Tangerang Diminta Tangkal Radikalisme & Terorisme

Maya Sahurina | Rabu, 23 Januari 2019 | 20:19

Kegiatan diskusi dengan tema "Peran Tokoh Agama dalam rangka Deteksi dan Pencegahan Dini terhadap Terorisme dan Radikalisme" di Pemkab Tangerang, Rabu (23/1/2019). (TangerangNews/2018 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Terorisme dan radikalisme tetap menjadi ancaman yang harus diwaspadai semua pihak, tak terkecuali pemerintah daerah dan tokoh agama (ulama) di Tangerang.

Hal itu mengemuka dalam diskusi dengan tema "Peran Tokoh Agama dalam rangka Deteksi dan Pencegahan Dini terhadap Terorisme dan Radikalisme". Diskusi yang digelar MUI, Pemkab dan Polresta Tangerang itu menghadirkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius dan Imam Besar Mesjid Istiqlal Profesor Nasarudin Umar di Gedung Serba Guna (GSG), Puspemkab Tangerang, Rabu (23/1/2019).

Tokoh Agama

Dalam kesempatan itu, Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, di era digital ini, paham radikalisme dan terorisme merupakan ancaman yang sangat membahayakan bagi generasi saat ini.

"Terlebih bagi para anak-anak yang memang rentan untuk mencoba-coba hal yang bersifat baru melalui digital teknologi. Maka perlu para ulama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengindari hal-hal yang tak diinginkan," ujarnya. 

Lanjutnya, terorisme merupakan tindakan yang tidak biasa. Oleh karena itu, kata dia, harus ada langkah bersama untuk mendeteksi secara dini di lingkungan sekitar.

"Kita berikan pencerahan yang komprehensif untuk merapatkan barisan, menghindari hal-hal yang merusak persatuan dan kesatuan, terutama masalah hoaks dan ancaman yang mungkin terjadi. sehingga tahu persis apa yg harus dikerjakan untuk menghindari semuanya," bebernya.

Ia juga meminta kepada ulama di Tangerang terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar paham radikalisme dan terorisme tidak menjangkiti, terutama kaum milenial.

"Kita berikan contoh yang baik, karena ulama ada di setiap daerah, demikian pun dengan mantan napi teroris. Disini peran ulama sangat penting terus memberikan pencerahan kepada masyarakat," jelasnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga turut hadir mengatakan, penduduk Tangerang setiap tahunnya terus bertambah karena menjadi tujuan urbanisasi. Karena itu, kata Zaki, penduduk Tangerang menjadi sangat heterogen karena berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ditengah-tengah masyarakat kita yang heterogen, perlu elemen-elemen masyarakat yang mendukung dan ikut menjaga keamanandan ketertiban   masyarakat.  Sehingga peran ulama sangat penting ditengah masyarakat heterogen seperti ini," kata Zaki.

Zaki menambahkan, kegiatan itu sangat penting dalam rangka menyelaraskan pemahaman dan wawasan untuk menyamakan persepsi dan gerak dalam menangkal paham radikalisme dan terorisme.

"Semua komponen harus memiliki pemahaman dan sikap untuk mengantisipasi ancaman terorisme dan radikalisme yang dapat tumbuh dan berkembang, sehingga harus diantisipasi sejak dini, termasuk di Kabupaten Tangerang," tutupnya.(RAZ/HRU)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill