Connect With Us

Percepat KTP-el, Disdukcapil Tangerang Tambah 10 Mesin Cetak

Maya Sahurina | Selasa, 29 Januari 2019 | 20:00

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Syafrudin. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Adminduk) pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, akan menggelontorkan berapa pun blanko KTP-el ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan KTP-el di Kabupaten Tangerang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Syafrudin menjelaskan, permintaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang sebanyak 100.000 blanko KTP-el mendapatkan persetujuan dari Dirjen Adminduk beberapa waktu lalu. Akan tetapi jumlah yang akan digelontorkan secara berkala itu harus segera dihabiskan secepatnya, untuk menghindari menumpuknya blanko KTP-el yang belum tercetak.

"Kemendagri sebenarnya bisa menggelontorkan blanko KTP-el berapa pun, tetapi harus sesuai dengan kemampuan cetak setiap daerah. Untuk Kabupaten Tangerang saat ini memiliki keterbatasan alat cetak KTP-el, yang berjumlah tujuh buah saja," jelasnya, saat ditemui di kantor Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Selasa (29/1/2019).

Syafrudin mengatakan, alat cetak KTP-el sebanyak tujuh unit tersebut masing-masing hanya mampu mencetak 300 blanko KTP-el dalam satu hari. Kemudian, kata Syafrudin, secara keseluruhan Disdukcapil Kabupaten Tangerang dalam satu hari dapat mencetak 2.100 KTP-el.

"Sedangkan Dirjen Adminduk pada Kemendagri RI prinsipnya blanko itu tidak boleh berlama-lama disimpan, jadi bila blanko itu datang harus segera dicetak dan didistribusikan. Jadi jangan lama-lama mengendap karena rawan dan takut disalah gunakan, lalu Dirjen Adminduk juga siap menggelontorkan berapa pun asal sistemnya seperti itu, dan sesuai dengan kemampuan cetak masing-masing daerah," bebernya.

Syafrudin menambahkan, maka dari itu Disdukcapil Kabupaten Tangerang akan menambahkan 10 unit alat cetak KTP-el yang akan terealisasi pada tahun ini untuk mempercepat proses pencetakan KTP-el.

"Kami akan menambah 10 unit lagi alat cetak KPT-el untuk mempercepat proses pencetakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.(MRI/RGI)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill