Connect With Us

Zonasi PPDB, Pemkab Tangerang Wacanakan Bangun 13 SMP

Maya Sahurina | Rabu, 13 Februari 2019 | 18:00

| Dibaca : 355

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Fahrudin. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berencana akan membangun 13 SMP Negeri dalam jangka waktu lima tahun kedepan. Hal ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023.

Pembangunan 13 SMP Negeri tersebut akan dibangun di 10 Kecamatan untuk menunjang sistem zonasi PPDB.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Fahrudin menjelaskan, Pemkab Tangerang telah menargetkan dalam RPJMD untuk menambah SMP Negeri dari 87 menjadi 100 sekolah. Penambahan sebanyak 13 SMP Negeri tersebut akan  terealisasi sepenuhnya ditahun 2023.

“Bila sesuai rencana, dalam satu tahun anggaran itu akan dibangun tiga SMP Negeri. Tujuan penambahan SMP Negeri itu juga untuk menyerap para pelajar lulusan SD yang sampai saat ini belum terserap sepenuhnya, terlebih dengan sistem zonasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) seperti sekarang ini, seminimal mungkin SMP Negeri ada disetiap kecamatan,” jelasnya, saat ditemui dikantor Dindik Kabupaten Tangerang, Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Rabu (13/2/2019).

Fahrudin mengatakan, dari 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang, terdapat 10 kecamatan yang tingkat penduduknya masuk dalam kategori padat, dan memiliki rasio antara pelajar lulusan SD dengan daya tampung SMP Negeri diatas 1.000 pelajar. 

“Terutama Kecamatan Kelapa Dua itu yang sudah tidak dapat menampung pelajar lulusan SD, karena pelajar yang mencari SMP Negeri itu disana ada 2.190 anak. Kemudian kecamatan lainnya yang juga tidak dapat menampung lulusan SD yaitu Pasar Kemis, Legok, Curug, Teluknaga, Panongan, Tigaraksa dan Cikupa,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Fahrudin, terdapat satu kecamatan yang sudah tidak dapat lagi menampung para pelajar lulusan SD, yaitu Kecamatan Solear meskipun memiliki tujuh SMP Negeri. Di Kecamatan Solear sebanyak 116 pelajar tidak dapat masuk SMP Negeri dan harus masuk sekolah swasta.

“Sistem zonasi PPDB di Kabupaten Tangerang belum dapat benar-benar menyerap para pelajar disekitar sekolah SMP Negeri. Untuk dimulainya pembangunan 13 SMP Negeri itu, kami masih belum tahu kapan, karena kami hanya menyiapkan data jumlah lulusan SD di Kabupaten Tangerang, dan daya tampung di SMP Negeri untuk 10 kecamatan itu,” pungkasnya.(MRI/RGI)

TANGSEL
Caleg Demokat Diduga Tebar Uang, Begini Reaksi Aktivis Tangsel

Caleg Demokat Diduga Tebar Uang, Begini Reaksi Aktivis Tangsel

Jumat, 19 April 2019 | 18:53

TANGERANGNEWS.com-Pegiat Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) mendesak Bawaslu Tangsel untuk mengusut tuntas dugaan praktik politik

BANTEN
Pemkab Tangerang Santuni 78 Korban Tsunami Banten

Pemkab Tangerang Santuni 78 Korban Tsunami Banten

Selasa, 16 April 2019 | 16:25

TANGERANGNEWS.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyerahkan bantuan kepada 78 orang warga Kabupaten Tangerang yang menjadi

TEKNO
Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby