Connect With Us

Sampah Menumpuk di Muara Cisadane Tangerang

Mohamad Romli | Kamis, 21 Februari 2019 | 21:13

| Dibaca : 1471

Tampak banyaknya tumpukan sampah di muara utara Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Berbagai jenis sampah menumpuk di muara utara Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kamis (21/2/2019).

Tumpukan sampah itu terbawa arus sungai Cisadane yang membentang mulai dari Kabupaten Bogor dan bermuara di desa tersebut.

Dikatakan Abdul Gofur, pegiat lingkungan hidup desa setempat, plastik adalah jenis sampah yang mendominaai. Bahkan, area seluas sekitar satu kilometer di lokasi itu, telah tertutup oleh sisa konsumsi manusia tersebut.

"Hal demikian sudah berlangsung lama, karena arus sungai Cisadane setiap saat membawa sampah. Puncaknya saat debit air meningkat," ungkapnya.

Selain membuat kotor muara sungai, sampah juga menyebabkan terjadinya sendimentasi sungai, sehingga perahu nelayan tidak lagi leluasa hilir mudik menuju lautan.

"Sampah ini kadang mengganggu mesin perahu nelayan, juga semakin membuat mulut muara dangkal akibat sendimentasi," jelasnya.

Selain berdampak pada aktivitas nelayan, Gofur juga mengkhawatirkan tanaman mangrove di lokasi itu. Pegiat Komunitas Tabur Mangrove ini, sebuah organisasi lingkungan hidup di desa setempat tersebut mengaku kerap menemukan mangrove yang ditanamnya terganggu pertumbuhannya akibat tertimpah oleh sampah.

"Jika usai banjir, sampah-sampah plastik ini menuntupi pohon mangrove yang kami tanam, bahkan kadang ada yang mati," keluhnya.

Belum ada upaya serius dari pemerintah setempat untuk mengatasi sampah di lokasi muara Cisadane itu. Namun kata pemuda berusia 23 tahun ini, lokasi tersebut akan dijadikan ruang edukasi bagi pelajar yang kerap menanam mangrove bersama komunitasnya.

"Lokasi ini jadi media edukasi dan penanaman mangrove. Semoga terbangun kesadaran lingkungan," tukasnya.(RMI/HRU)

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

BANDARA
Keren! Halal Park di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Keren! Halal Park di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Senin, 27 Mei 2019 | 10:17

TANGERANGNEWS.com-Halal Park di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta keren karena mengangkat industri syariah nasional yang merupakan salah satu motor penggerak ekonomi.

AYO! TANGERANG CERDAS
Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadan Ke-5 di Pagedangan

Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadan Ke-5 di Pagedangan

Rabu, 22 Mei 2019 | 22:00

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menggelar acara Festival Ramadan 2019 di MTSN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (22/5/2019).

TEKNO
Berhadiah Ratusan Juta, Sinar Mas Land Gelar Video Drone Competition

Berhadiah Ratusan Juta, Sinar Mas Land Gelar Video Drone Competition

Selasa, 21 Mei 2019 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-Dalam upaya mewujudkan BSD City menuju smart digital city, Sinar Mas Land secara resmi telah membuka Drone Video Competition 2019: Discover BSD Digital City di The Breeze, Jalan BSD Grand Boulevard

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)