Connect With Us

Sampah Menumpuk di Muara Cisadane Tangerang

Mohamad Romli | Kamis, 21 Februari 2019 | 21:13

Tampak banyaknya tumpukan sampah di muara utara Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Berbagai jenis sampah menumpuk di muara utara Sungai Cisadane, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kamis (21/2/2019).

Tumpukan sampah itu terbawa arus sungai Cisadane yang membentang mulai dari Kabupaten Bogor dan bermuara di desa tersebut.

Dikatakan Abdul Gofur, pegiat lingkungan hidup desa setempat, plastik adalah jenis sampah yang mendominaai. Bahkan, area seluas sekitar satu kilometer di lokasi itu, telah tertutup oleh sisa konsumsi manusia tersebut.

"Hal demikian sudah berlangsung lama, karena arus sungai Cisadane setiap saat membawa sampah. Puncaknya saat debit air meningkat," ungkapnya.

Selain membuat kotor muara sungai, sampah juga menyebabkan terjadinya sendimentasi sungai, sehingga perahu nelayan tidak lagi leluasa hilir mudik menuju lautan.

"Sampah ini kadang mengganggu mesin perahu nelayan, juga semakin membuat mulut muara dangkal akibat sendimentasi," jelasnya.

Selain berdampak pada aktivitas nelayan, Gofur juga mengkhawatirkan tanaman mangrove di lokasi itu. Pegiat Komunitas Tabur Mangrove ini, sebuah organisasi lingkungan hidup di desa setempat tersebut mengaku kerap menemukan mangrove yang ditanamnya terganggu pertumbuhannya akibat tertimpah oleh sampah.

"Jika usai banjir, sampah-sampah plastik ini menuntupi pohon mangrove yang kami tanam, bahkan kadang ada yang mati," keluhnya.

Belum ada upaya serius dari pemerintah setempat untuk mengatasi sampah di lokasi muara Cisadane itu. Namun kata pemuda berusia 23 tahun ini, lokasi tersebut akan dijadikan ruang edukasi bagi pelajar yang kerap menanam mangrove bersama komunitasnya.

"Lokasi ini jadi media edukasi dan penanaman mangrove. Semoga terbangun kesadaran lingkungan," tukasnya.(RMI/HRU)

SPORT
Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Diikuti 36 Provinsi, Kota Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Gateball pada 26-28 April 2024

Kamis, 25 April 2024 | 21:09

Kota Tangerang kembali didapuk sebagai tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini adalah Kejuaraan Gateball 2024 yang digelar selama tiga hari yakni tanggal 26-28 April 2024, di Alun-alun Ahmad Yani, Kota Tangerang.

TANGSEL
300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

300 Anak Kurang Mampu di Tangsel Dapat Bantuan Alat Sekolah

Kamis, 25 April 2024 | 21:01

Sebanyak 300 anak kurang mampu di Kota Tangerang Selatan dapatkan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah.

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill