Connect With Us

Sekolah di Tangerang Harus Menyenangkan

Maya Sahurina | Selasa, 5 Maret 2019 | 22:02

| Dibaca : 637

Tampak Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Fahrudin saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Gedung Serba Guna, Selasa (5/3/2019). (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Dunia pendidikan harus terus beradaptasi dengan perkembangan zaman serta tuntutan kebutuhan siswa. Salah satunya harus menjadi ruang menyenangkan bagi peserta didik.

Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pun diyakini menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan harapan tersebut. Sebuah gerakan yang dipelopori oleh Muhammad Nur Rizal itu kini mulai digaungkan di Kabupaten Tangerang.

"Di Dindik (Dinas Pendidikan) Kabupaten Tangerang tim pengembang GSM sedang bekerja. Karena target untuk 2019 ini ada 70 sekolah yang menjadi pilot projek dari GSM. 70 itu ada 20 SMP Negeri dan 50 SD Negeri yang ada di Kabupaten Tangerang,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Tangerang, Fahrudin usai kegiatan sosialisasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Gedung Serba Guna, Selasa (5/3/2019).

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan tenaga pendidik non PNS yang tergabung dalam Pena Ungu Kabupaten Tangerang.

Lanjut Fahrudin, GSM memiliki konsep yaitu pendidikan dan pengembangan karakter pelajar dengan tujuan akhir adalah pelajar di Kabupaten Tangerang merasa senang berada di sekolah. Hal itu didasari oleh pengamatan dan analisa pihaknya dan Pemkab Tangerang untuk mengubah kebiasaan dan pemikiran pelajar terhadap sekolah yang terkesan seram serta menakutkan.

“Paradigma itulah yang kita balik, bahwa ternyata sekolah itu adalah rumah kedua dan guru selaku orang tua kedua bagi para pelajar. Jadi mereka tidak ada bedanya antara di rumah dan di sekolah. Jadi kita membangun semangat bagaiamana pelajar itu merindukan sekolah,” katanya.

Fahrudin menambahkan, dengan sosialisasi kepada guru non PNS itu diharapkan gerakan itu tidak hanya sekedar bergaung dikalangan tenaga pendidik berstatus PNS, namun juga tenaga pendidik honorer.

Ia juga menyebut ada delapan indikator yang ditetapkan pihaknya. Salah satunya adalah membangun para pelajar di Kabupaten Tangerang yang gemilang.

“Itu semacam kerangka dasar kami dalam lima tahun ini memposisikan pendidikan di Kabupaten Tangerang dengan prinsip delapan indikator itu. Kami yakin juga dengan anak di sekolah prestasi dapat tercapai dan tidak ada pemaksaan lagi serta intimidasi bahwa mereka harus belajar," tutupnya.

Sementara Ketua Pena Ungu Kabupaten Tangerang, Akhmad Dimyati mengatakan, sebagai komunitas yang menampung 8.000 lebih guru non PNS di Kabupaten Tangerang, pihaknya ingin turut berkontribusi dalam program unggulan Bupati Tangerang yakni GSM di seluruh sekolah baik SD Negeri maupun SMP Negeri.

“Program unggulan Bupati Tangerang sampai saat ini baru tersosialisasikan hanya sebatas guru berstatus PNS, dan hari ini sebanyak 300 guru dari Kategori 2 (K2) dan non K2 atau non PNS mengikuit sosialisasi GSM,” ungkapnya.(RAZ/HRU)

BANDARA
Hore, Pengunjung & Pengantar Boleh Masuk Area Check-in Terminal 2 Bandara Soetta

Hore, Pengunjung & Pengantar Boleh Masuk Area Check-in Terminal 2 Bandara Soetta

Kamis, 12 Desember 2019 | 15:23

TANGERANGNEWS.com-Area check-in di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang yang sebelumnya hanya untuk penumpang pesawat dan karyawan bandara, kini dibuka untuk umum.

BISNIS
Xpander Cross Ramaikan Mitsubishi Motors Auto Show

Xpander Cross Ramaikan Mitsubishi Motors Auto Show

Jumat, 6 Desember 2019 | 14:13

TANGERANGNEWS.com – Mitsubishi Motors Auto Show (MMAS) kembali hadir di Summarecon Mall Serpong (SMS). Acara yang berlangsung sampai Minggu (8/12) menghadirkan produk terbaru dari Mitsubishi Motors, yaitu Xpander Cross.

TANGSEL
Buru Pelaku Pembuangan Bayi di Ciputat, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Buru Pelaku Pembuangan Bayi di Ciputat, Polisi Periksa Rekaman CCTV

Senin, 16 Desember 2019 | 13:57

TANGERANGNEWS.com-Polsek Ciputat masih melakukan penyelidikan terkait jasad bayi yang ditemukan di bawah Flyover Ciputat, Jalan Ir. H. Juanda, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (15/12/2019) kemarin.

HIBURAN
Musik & Diskon Belanja, Semarakkan Natal & Tahun Baru di SMS

Musik & Diskon Belanja, Semarakkan Natal & Tahun Baru di SMS

Minggu, 8 Desember 2019 | 22:39

TANGERANGNEWS.com-Turut merayakan sukacita Natal dan Tahun Baru, Summarecon Mall Serpong (SMS) menghadirkan semarak perayaan dalam rangkaian acara bertajuk Sparkling Christmas, mulai tanggal 6 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

"Jangan hanya membicarakan rencana anda kepada orang lain. Tunjukkan pada mereka keberhasilan Anda. "

Mahesh Jerri