Connect With Us

BPOM Temukan Tahu Berformalin di Cisauk

Maya Sahurina | Rabu, 20 Maret 2019 | 19:00

| Dibaca : 2237

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang melakukan operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang menggelar operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019).

Dalam operasi gabungan bersama Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan/ UPT Karantina, dan Kepolisian itu, ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan kimia obat.

"Pengawasan yang dilakukan mencakup komoditi pangan segar dan pangan olahan, yaitu berupa pengambilan sampel dan pengujian kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, borax, rhodamin B dan methanil yellow," ujar Widya Savitry, Kepala BPOM Loka Kabupaten Tangerang.

Hasil dari operasi itu, BPOM menemukan 3 sampel dari 40 sampel berupa makanan tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya atau bahan kimia obat.

"Pengujian menggunakan rapid test kit, sehingga hasil uji dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti. Sampel pangan yang diuji sebanyak 40 sampel dengan hasil 3 sampel tidak memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya formalin, yaitu pada sampel tahu dan rhodamin B pada sampel kue mangkok," bebernya.

Berdasarkan temuan itu, pihaknya mengimbau masyarakat selaku konsumen harus pintar dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya dengan teliti melakukan cek kemasan juga bentuknya.

"Kepada masyarakat senantiasa dihimbau untuk selalu cerdas memilih pangan yang aman, bebas dari bahan berbahaya serta senantiasa Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)."  tutupnya.(MRI/RGI)

SPORT
Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Laga Tandang Perdana di Sumatera, Persita Tekuk Sriwijaya FC 2-0

Sabtu, 13 Juli 2019 | 23:13

TANGERANGNEWS.com-Tim Pendekar Cisadane kembali merayakan kemenangan dengan menaklukkan tim Sriwiajaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya,

NASIONAL
Resmikan GIIAS, JK: Ekonomi Maju, Jalan Macet

Resmikan GIIAS, JK: Ekonomi Maju, Jalan Macet

Kamis, 18 Juli 2019 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 resmi dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt