Connect With Us

BPOM Temukan Tahu Berformalin di Cisauk

Maya Sahurina | Rabu, 20 Maret 2019 | 19:00

| Dibaca : 2318

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang melakukan operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang menggelar operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019).

Dalam operasi gabungan bersama Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan/ UPT Karantina, dan Kepolisian itu, ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan kimia obat.

"Pengawasan yang dilakukan mencakup komoditi pangan segar dan pangan olahan, yaitu berupa pengambilan sampel dan pengujian kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, borax, rhodamin B dan methanil yellow," ujar Widya Savitry, Kepala BPOM Loka Kabupaten Tangerang.

Hasil dari operasi itu, BPOM menemukan 3 sampel dari 40 sampel berupa makanan tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya atau bahan kimia obat.

"Pengujian menggunakan rapid test kit, sehingga hasil uji dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti. Sampel pangan yang diuji sebanyak 40 sampel dengan hasil 3 sampel tidak memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya formalin, yaitu pada sampel tahu dan rhodamin B pada sampel kue mangkok," bebernya.

Berdasarkan temuan itu, pihaknya mengimbau masyarakat selaku konsumen harus pintar dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya dengan teliti melakukan cek kemasan juga bentuknya.

"Kepada masyarakat senantiasa dihimbau untuk selalu cerdas memilih pangan yang aman, bebas dari bahan berbahaya serta senantiasa Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)."  tutupnya.(MRI/RGI)

TANGSEL
Pemkot Tangsel Akan Revisi Perwal Waktu Operasional Truk

Pemkot Tangsel Akan Revisi Perwal Waktu Operasional Truk

Jumat, 18 Oktober 2019 | 20:56

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) mewacanakan akan merevisi Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pengaturan Waktu Operasi Kendaraan Angkutan Barang.

NASIONAL
Ratusan Mahasiswa Tangerang Kembali Geruduk Gedung DPR RI

Ratusan Mahasiswa Tangerang Kembali Geruduk Gedung DPR RI

Selasa, 24 September 2019 | 14:01

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa dari berbagai kampus di Tangerang akan melakukan demonstrasi menentang berbagai revisi undang-undang bermasalah yang akan segera disahkan DPR RI, Selasa (24/9/2019).

BANDARA
Kapolres Bandara Soetta Akan Tindak Tegas 8 Personelnya

Kapolres Bandara Soetta Akan Tindak Tegas 8 Personelnya

Jumat, 11 Oktober 2019 | 21:55

TANGERANGNEWS.com-Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP Arie Ardian Rishadi membenarkan jika delapan personelnya di Polres Bandara

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro