Connect With Us

BPOM Temukan Tahu Berformalin di Cisauk

Maya Sahurina | Rabu, 20 Maret 2019 | 19:00

| Dibaca : 2413

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang melakukan operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang menggelar operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019).

Dalam operasi gabungan bersama Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan/ UPT Karantina, dan Kepolisian itu, ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan kimia obat.

"Pengawasan yang dilakukan mencakup komoditi pangan segar dan pangan olahan, yaitu berupa pengambilan sampel dan pengujian kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, borax, rhodamin B dan methanil yellow," ujar Widya Savitry, Kepala BPOM Loka Kabupaten Tangerang.

Hasil dari operasi itu, BPOM menemukan 3 sampel dari 40 sampel berupa makanan tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya atau bahan kimia obat.

"Pengujian menggunakan rapid test kit, sehingga hasil uji dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti. Sampel pangan yang diuji sebanyak 40 sampel dengan hasil 3 sampel tidak memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya formalin, yaitu pada sampel tahu dan rhodamin B pada sampel kue mangkok," bebernya.

Berdasarkan temuan itu, pihaknya mengimbau masyarakat selaku konsumen harus pintar dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya dengan teliti melakukan cek kemasan juga bentuknya.

"Kepada masyarakat senantiasa dihimbau untuk selalu cerdas memilih pangan yang aman, bebas dari bahan berbahaya serta senantiasa Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)."  tutupnya.(MRI/RGI)

KAB. TANGERANG
Warga Keluhkan Banjir di Jalan Kutabumi Pasar Kemis

Warga Keluhkan Banjir di Jalan Kutabumi Pasar Kemis

Jumat, 24 Januari 2020 | 18:48

TANGERANGNEWS.com-Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Tangerang, Jumat (24/1/2020) sejak pagi membuat ruas jalan

TOKOH
Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:15

TANGERANGNEWS.com-Kisah percintaan Si Doel dalam film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel' tentu membuat penasaran pemirsa, tak terkecuali Siti Nur Azizah.

OPINI
Merawat Integritas

Merawat Integritas

Minggu, 19 Januari 2020 | 12:59

Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu Lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum di Indonesia. KPU bersifat nasional, mandiri

"Jangan hanya membicarakan rencana anda kepada orang lain. Tunjukkan pada mereka keberhasilan Anda. "

Mahesh Jerri