Connect With Us

BPOM Temukan Tahu Berformalin di Cisauk

Maya Sahurina | Rabu, 20 Maret 2019 | 19:00

| Dibaca : 2165

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang melakukan operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Loka Kabupaten Tangerang menggelar operasi keamanan pangan di pasar modern di Kecamatan Cisauk, Rabu (20/3/2019).

Dalam operasi gabungan bersama Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan/ UPT Karantina, dan Kepolisian itu, ditemukan bahan makanan yang mengandung bahan kimia obat.

"Pengawasan yang dilakukan mencakup komoditi pangan segar dan pangan olahan, yaitu berupa pengambilan sampel dan pengujian kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, borax, rhodamin B dan methanil yellow," ujar Widya Savitry, Kepala BPOM Loka Kabupaten Tangerang.

Hasil dari operasi itu, BPOM menemukan 3 sampel dari 40 sampel berupa makanan tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya atau bahan kimia obat.

"Pengujian menggunakan rapid test kit, sehingga hasil uji dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti. Sampel pangan yang diuji sebanyak 40 sampel dengan hasil 3 sampel tidak memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya formalin, yaitu pada sampel tahu dan rhodamin B pada sampel kue mangkok," bebernya.

Berdasarkan temuan itu, pihaknya mengimbau masyarakat selaku konsumen harus pintar dalam memilih pangan yang aman untuk dikonsumsi, diantaranya dengan teliti melakukan cek kemasan juga bentuknya.

"Kepada masyarakat senantiasa dihimbau untuk selalu cerdas memilih pangan yang aman, bebas dari bahan berbahaya serta senantiasa Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa)."  tutupnya.(MRI/RGI)

TEKNO
Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk

AYO! TANGERANG CERDAS
Hobi Main Gim, Putra Bocah Asal Tangerang Berhasil Bobol Situs NASA

Hobi Main Gim, Putra Bocah Asal Tangerang Berhasil Bobol Situs NASA

Rabu, 3 April 2019 | 20:39

TANGERANGNEWS.com-Talenta muda yang mendunia lahir dari Kota Tangerang. Putra Aji Adhari, bocah berusia 15 tahun ini sukses membobol situs

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

"Untuk bisa sukses, keinginan Anda untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan Anda untuk gagal."

Bill Cosby