Connect With Us

Jelang Pemilu 2019, Polres Tangerang Pelototi Media Sosial

Maya Sahurina | Jumat, 22 Maret 2019 | 14:00

| Dibaca : 453

Kapolresta Tangerang Sabilul Alif. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Selama perhelatan Pemilu 2019, media sosial menjadi sarana yang digunakan untuk beragam kepentingan politik. Karenanya, Polresta Tangerang pun membentuk tim cyber crime untuk menindak pelaku kejahatan di dunia maya.

Bentuk kejahatan itu seperti menyebarkan informasi palsu (hoaks), melakukan ujaran kebencian yang dapat memicu kegaduhan dan keresahan masyarakat.

Ditegaskan Kapolresta Tangerang Sabilul Alif, siapapun yang melanggar hukum di dunia maya, pihaknya akan menindak tegas dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Kita bentuk cyber patrol dan memang ada beberapa hasil cyber patrol yang kemarin ditindaklanjuti, bahkan sudah ditangkap," ujarnya,  Jumat (22/3/2019).

Sabilul mengungkapkan, selain mengantisipasi terjadinya kejahatan di dunia maya, melalui cyber patrol itu, pihaknya juga turut membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang untuk mengawasi konten media sosial.

"Sebenarnya yang bertanggung jawab mengawasi konten media sosial Bawaslu, tapi kita bantu juga melalui cyber patrol ini. Apabila ada hal-hal yang melanggar hukum tentu ditindak," jelasnya.

Selain aparat penegak hukum, Sabilul juga mengajak masyarakat untuk turut aktif mengawasi dan mengantisipasi kejahatan dunia maya.

"Semua komponen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama, apabila ada hoaks, yang harus dilakukan adalah netralisir dengan kemampuan yang ada untuk meluruskan informasi," imbuhnya.

Dengan keterlibatan aktif masyarakat ini, Sabilul meyakini penanganan pelanggaran Pemilu maupun kejahatan siber bisa lebih cepat ditangani.

"Selanjutnya melaporkan kepada kepolisian, agar kita menindaklanjuti. Untuk Pemilu, lapor juga ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti," tukasnya.(RAZ/RGI)

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

TEKNO
LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:45

TANGERANGNEWS.com-Saat ini, Indonesia masih menjadi negara yang mengekspor bahan mentah logam tambang untuk produksi baja ke luar negeri.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt