Connect With Us

Jelang Pemilu 2019, Polres Tangerang Pelototi Media Sosial

Maya Sahurina | Jumat, 22 Maret 2019 | 14:00

| Dibaca : 439

Kapolresta Tangerang Sabilul Alif. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Selama perhelatan Pemilu 2019, media sosial menjadi sarana yang digunakan untuk beragam kepentingan politik. Karenanya, Polresta Tangerang pun membentuk tim cyber crime untuk menindak pelaku kejahatan di dunia maya.

Bentuk kejahatan itu seperti menyebarkan informasi palsu (hoaks), melakukan ujaran kebencian yang dapat memicu kegaduhan dan keresahan masyarakat.

Ditegaskan Kapolresta Tangerang Sabilul Alif, siapapun yang melanggar hukum di dunia maya, pihaknya akan menindak tegas dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Kita bentuk cyber patrol dan memang ada beberapa hasil cyber patrol yang kemarin ditindaklanjuti, bahkan sudah ditangkap," ujarnya,  Jumat (22/3/2019).

Sabilul mengungkapkan, selain mengantisipasi terjadinya kejahatan di dunia maya, melalui cyber patrol itu, pihaknya juga turut membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang untuk mengawasi konten media sosial.

"Sebenarnya yang bertanggung jawab mengawasi konten media sosial Bawaslu, tapi kita bantu juga melalui cyber patrol ini. Apabila ada hal-hal yang melanggar hukum tentu ditindak," jelasnya.

Selain aparat penegak hukum, Sabilul juga mengajak masyarakat untuk turut aktif mengawasi dan mengantisipasi kejahatan dunia maya.

"Semua komponen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama, apabila ada hoaks, yang harus dilakukan adalah netralisir dengan kemampuan yang ada untuk meluruskan informasi," imbuhnya.

Dengan keterlibatan aktif masyarakat ini, Sabilul meyakini penanganan pelanggaran Pemilu maupun kejahatan siber bisa lebih cepat ditangani.

"Selanjutnya melaporkan kepada kepolisian, agar kita menindaklanjuti. Untuk Pemilu, lapor juga ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti," tukasnya.(RAZ/RGI)

NASIONAL
Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Sampai Lebaran

Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Sampai Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga bahan pokok selama puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2019.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

TANGSEL
Operasi Ketupat, Polres Tangsel Siapkan 7 Posko Mudik

Operasi Ketupat, Polres Tangsel Siapkan 7 Posko Mudik

Senin, 27 Mei 2019 | 13:16

TANGERANGNEWS.com-Menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dan arus mudik Lebaran tahun ini, Polres Tangerang Selatan menyiapkan tujuh posko mudik dalam operasi Ketupat Jaya yang dimulai pada 29 Mei hingga 10 Juni 2019 mendatang.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)