Connect With Us

Jelang Pemilu 2019, Polres Tangerang Pelototi Media Sosial

Maya Sahurina | Jumat, 22 Maret 2019 | 14:00

| Dibaca : 526

Kapolresta Tangerang Sabilul Alif. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Selama perhelatan Pemilu 2019, media sosial menjadi sarana yang digunakan untuk beragam kepentingan politik. Karenanya, Polresta Tangerang pun membentuk tim cyber crime untuk menindak pelaku kejahatan di dunia maya.

Bentuk kejahatan itu seperti menyebarkan informasi palsu (hoaks), melakukan ujaran kebencian yang dapat memicu kegaduhan dan keresahan masyarakat.

Ditegaskan Kapolresta Tangerang Sabilul Alif, siapapun yang melanggar hukum di dunia maya, pihaknya akan menindak tegas dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Kita bentuk cyber patrol dan memang ada beberapa hasil cyber patrol yang kemarin ditindaklanjuti, bahkan sudah ditangkap," ujarnya,  Jumat (22/3/2019).

Sabilul mengungkapkan, selain mengantisipasi terjadinya kejahatan di dunia maya, melalui cyber patrol itu, pihaknya juga turut membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tangerang untuk mengawasi konten media sosial.

"Sebenarnya yang bertanggung jawab mengawasi konten media sosial Bawaslu, tapi kita bantu juga melalui cyber patrol ini. Apabila ada hal-hal yang melanggar hukum tentu ditindak," jelasnya.

Selain aparat penegak hukum, Sabilul juga mengajak masyarakat untuk turut aktif mengawasi dan mengantisipasi kejahatan dunia maya.

"Semua komponen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama, apabila ada hoaks, yang harus dilakukan adalah netralisir dengan kemampuan yang ada untuk meluruskan informasi," imbuhnya.

Dengan keterlibatan aktif masyarakat ini, Sabilul meyakini penanganan pelanggaran Pemilu maupun kejahatan siber bisa lebih cepat ditangani.

"Selanjutnya melaporkan kepada kepolisian, agar kita menindaklanjuti. Untuk Pemilu, lapor juga ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti," tukasnya.(RAZ/RGI)

WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

AYO! TANGERANG CERDAS
Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Fase perkembangan anak membutuhkan pendampingan intens dari orang dewasa. Kemudahan mengakses internet membuat

TANGSEL
Piton yang Tewaskan Remaja di Tangsel Ditangkap, Begini Kisahnya

Piton yang Tewaskan Remaja di Tangsel Ditangkap, Begini Kisahnya

Jumat, 10 Juli 2020 | 16:50

TANGERANGNEWS.com-Ular piton yang diduga telah melilit seorang remaja di Serpong

OPINI
Renungan Tentang Kematian

Renungan Tentang Kematian

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:57

Orang-orang yang telah berusaha taat kepada Allah SWT, perlahan-lahan mendapatkan pengetahuan hikmah dari setiap tindakan yang dilakukan. Pengetahuan yang begitu saja menyesap

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi