Connect With Us

Bawaslu Gandeng Pers Awasi Pemilu

Mohamad Romli | Senin, 1 April 2019 | 22:57

Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Andi Irawan saat mengunjungi sekertariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Senin (1/4/2019). (TangerangNews/2019 / Mohamad Romli)

 

TANGERANGNEWS.com-Sebagai agen keterbukaan informasi yang sangat strategis guna mengawal proses demokrasi yang jujur adil dan bermartabat, pers atau media memiliki peran yang sangat penting.

Hal itu diungkapkan, Ketua Bawaslu Kabupaten Tangerang, Andi Irawan saat mengunjungi sekertariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, Senin (1/4/2019).

Ia meminta, pers atau media membangun kerjasama penguatan pengawasan Pemilu Partisipatif di Kabupaten Tangerang.

"Semakin banyak keterlibatan pengawasan partisipatif dari masyarakat, maka semakin menegaskan prinsip keterbukaan dalam pengawasan penyelenggaraan proses Pemilu 2019 di Kabupaten Tangerang," ungkap Andi.

Menurutnya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai salah satu organisasi pers, merupakan bagian dari Ikon Masyarakat sebagai agen keterbukaan informasi yang sangat strategis guna mengawal proses demokrasi di Indonesia.

"Mengawasi Pemilu itu perlu keterampilan. Semakin dipakai keterampilan itu, maka akan kian bagus," kata Andi. 

Andi menjelaskan, situasi Pemilu yang rentan pelanggaran dengan berbagai variasinya perlu disikapi dengan kesehatan fisik dan mental.

“Kalau masih bisa, dalam menyelesaikan konflik kita lebih mencari titik temu dari pada titik beda, dan politik uang menjadi benalu Pemilu," tegasnya.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang, Sangki Wahyudin mengatakan, apa yang dilakukan Bawaslu menggandeng pers dalam melakukan pengawalan pemilu serentak ini, bukan sekedar menginginkan Pemilu berjalan dengan kondusif, tapi juga berkualitas dan demokratis.

“PWI menyambut baik dan sepakat secara bersama untuk mengawal dan mengawasi jalannya pemilu 2019 ini, tentunya dalam menjalankan fungsinya, wartawan tetap berpegang teguh pada kode etik jurnalistik," kata Sangki.(RMI/HRU)

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

KOTA TANGERANG
PKL Ditertibkan, Pemkot Tangerang Bakal Fungsikan Kembali Irigasi Kali Sipon

PKL Ditertibkan, Pemkot Tangerang Bakal Fungsikan Kembali Irigasi Kali Sipon

Senin, 22 April 2024 | 18:27

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja memulai proses penataan Pasar Sipon Cipondoh, dengan penertiban pedagang kali lima (PKL) di sepanjang Jalan Irigasi Sipon, mulai 22-23 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill