Connect With Us

Ini yang Perlu Diketahui saat Mencoblos Pakai Suket

Maya Sahurina | Senin, 8 April 2019 | 16:00

| Dibaca : 519

Ketua KPU Kabupaten Tangerang M. Ali zaenal Abidin. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Surat Keterangan (Suket) sebagai bukti perekaman KTP elektronik dapat digunakan sebagai syarat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019. Hal itu berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi terhadap UU No 7/2017 tentang Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang M Ali zaenal Abidin mengatakan, pihaknya sudah menerima Surat Edaran KPU RI Nomor 577 per tanggal 29 Maret 2019.

"Kita kan sudah ada surat edaran KPU RI 577 pasca keputusan MK, salah satu keputusan perubahan yaitu pertama penambahan waktu di TPS, kedua terkait Suket yang diakomodir," ujar Ali, Senin (8/4/2019).

Ali mengatakan, Suket yang boleh digunakan untuk mencoblos yang asli diterbitkan Dinas Kependudukqn dan Catatan Sipil (Disdukcapil), artinya pemilih sudah melakukan perekaman e-KTP, sehingga datanya tetap dan jelas. 

"Untuk yang menggunakan Suket nanti akan masuk ke dalam DPK (Daftar Pemilih Khusus). Namun hanya berlaku jika yang bersangkutan sudah melakukan perekaman," jelasnya.

Sementara WNI yang tidak terdaftar dalam DPT selain KTP elektornik, bisa menggunakan Suket. Dengan catatan, pemilih menggunakan hak pilihnya di TPS yang lokasinya sesuai dengan alamat KTP atau Suketnya.

Ali mengatakan, pihaknya belum memastikan berapa jumlah warga Kabupaten Tangerang yang menerima Suket untuk melakukan pemilihan di masing-masing TPS.

"Kami belum tahu, jumlah Suket yang sudah diterbitkan Disdukcapil Kabupaten Tangerang, jadi kita belum bisa memetakan pengguna Suket untuk bisa mencoblos di TPS mana," ucapnya. 

Ali kembali menegaskan, bahwa Suket hanya bisa digunakan pemilih sesuai dengan alamat yang tertera dalam Suket tersebut.

"Pemilih yang menggunakan Suket  hanya bisa menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai dengan alamat KTP atau alamat Suket, sepanjang batas kelurahan. Tidak boleh dari luar daerah, kalau dari luar tidak boleh memilih," tukasnya.(RAZ/RGI)

KAB. TANGERANG
Bank BJB Dukung Pembayaran PBB Online di Tangerang

Bank BJB Dukung Pembayaran PBB Online di Tangerang

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 16:26

TANGERANGNEWS.com-Di era Industri 4.0, masyarakat dimudahkan dengan berbagai aplikasi pembayaran berbasis daring, tak terkecuali membayar

TANGSEL
HUT RI, Dinkes Tangsel Sosialisasikan Pentingnya 1.000 Hari Pertama Balita

HUT RI, Dinkes Tangsel Sosialisasikan Pentingnya 1.000 Hari Pertama Balita

Senin, 19 Agustus 2019 | 11:16

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersama warga yang tergabung dalam Paguyuban Plataran Indah

BANTEN
ABK dan Penumpang Upacara HUT Ke-74 RI di Atas Kapal Lintasi Selat Sunda

ABK dan Penumpang Upacara HUT Ke-74 RI di Atas Kapal Lintasi Selat Sunda

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 15:10

TANGERANGNEWS.com - Upacara memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia dilakukan dengan berbagai cara oleh rakyat. Tak terkecuali oleh awak

NASIONAL
WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:24

TANGERANGNEWS.com-Wanita Selam Indonesia (WASI) memecahkan rekor dunia dengan pengibaran bendera Merah Putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di kawasan Megamas.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt