Connect With Us

15 April, Biaya Calhaj Tangerang Wajib Lunas

Maya Sahurina | Selasa, 9 April 2019 | 19:00

Ilustrasi Naik Haji. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 2.324 calon jemaah haji (Calhaj) 2019 terdaftar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang. Namun dari jumlah tersebut, baru 87 persen yang telah melunasi biaya. Sisanya, calhaj tahap satu diberikan tenggat hingga 15 April.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Badri Hasun mengatakan, jika sampai tenggat waktu tersebut tidak melunasi, maka calhaj tersebut dianggap gugur.

“Nomor dibawahnya secara otomatis akan naik, karena itu kan sudah diberikan waktu satu bulan untuk pelunasan. Mestinya satu bulan itu sudah harus melunasi," ungkapnya, Selasa (9/4/2019).

Sementara faktor penghambat belum lunasnya biaya tersebut, diduga Badri disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya calhaj tersebut meninggal dunia atau sakit. 

“Keluarga harus menempuh prosedur berupa surat permohonan, tetapi bila tidak maka tahun depan mereka (ahli waris calon peserta ibadah haji) diprioritaskan harus berangkat,” tambahnya.

Terkait besaran biaya haji 2019, Badri mengatakan telah terbit Keputusan Presdien (Keppres) tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1440H/2019.

"Keppres Nomor 8 Tahun 2019 ini untuk Kabupaten Tangerang, diatur dalam Embarkasi Jakarta (Pondok Gede) yaitu sebesar Rp34.987.280,” jelasnya.

Terpisah, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Maman Saepulloh mengatakan, Keppres BPIH diterbitkan setelah Kementerian Agama dan DPR RI menyepakati besaran biaya haji tahun ini pada 4 Februari 2019 lalu.

“Keppres ini mengatur BPIH untuk jemaah haji reguler dan BPIH untuk Tim Petugas Haji Daerah (TPHD). Setelah Keppres BPIH terbit, maka tahapan selanjutnya adalah pelunasan BPIH, pelunasan tahap pertama akan berlangsung dari 19 Maret – 15 April 2019 dan tahap kedua mulai tanggal 30 April sampai 10 Mei 2019. Pelunasan BPIH ini dilakukan dengan mata uang rupiah,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Maman melanjutkan, Ditjen PHU sudah merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak melunasi BPIH Reguler 1440H/ 2019M. Jemaah haji yang meninggal setelah ditetapkan berhak melakukan pelunasan, bisa dilimpahkan porsinya kepada keluarga sesuai ketentuan. 

“BPIH disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Bank Penerima Setoran (BPS) BPIH, baik secara tunai atau non teller,” pungkasnya.(MRI/RGI)

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill