Connect With Us

Desa di Kabupaten Tangerang Juarai Lomba Perpustakaan Tingkat Banten

Maya Sahurina | Minggu, 5 Mei 2019 | 14:00

| Dibaca : 1141

Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang berhasil meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Banten tahun 2019. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang berhasil meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Banten tahun 2019.

Mekar Baru yang merupakan perwakilan dari Kabupaten Tangerang  ini menang dengan mendapat nilai tertinggi dari 7 desa di Kabupaten/Kota lain se-provinsi Banten.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten, Ajak Moeslim, kepada Pengelola Perpustakaan Desa Mekar Baru, Kusni di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DPK Provinsi Banten, Sabtu (4/5/2019).

Ajak menjelaskan, penilaian Lomba Perpustakaan Desa dan Kelurahan ini dilakukan oleh tim dewan juri yang independen tanpa intervensi pihak manapun. Penilaian dilakukan dengan terjun langsung meneliti perpustakaan.

"Sehingga semua hal yang dinilai memang benar adanya, sedangkan unsur penilaian diantaranya bagaimana perpusdes/Kelurahan bisa berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat," ucapnya. 

Sementara, Kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru A'ang Junaedi mengungkapkan, instrumen penilaian pengelolaan perpustakaan meliputi administrasi, sarana tempat dan kelengkapan buku yang dimiliki perpustakaan Desa. 

Selain itu juga, pihak dewan juri menilai sarana penunjang dan jaringan kerjasama yang dibangun dengan pihak eksternal. 

"Kita sudah bekerja sama dengan KOK Mekar Baru, PAC GP Ansor Kecamatan Mekar Baru, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kecamatan Mekar Baru, Forum Silaturahmi Pemuda Kecamatan Mekar Baru, MKB Photografy Production untuk mengembangkan pepustakaan ini," katanya. 

Ditambahkan Kepala Desa Mekar Baru Suhada, Perpustakaan Desa Mekar Baru sudah menjadi pondasi bagi terselenggaranya kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Mekar Baru. Setiap Kegiatan kemasyarakatan yang dihelat, kata dia, kader dan pengelola Perpustakaan Desa Mekar Baru  mengambil peran dalam kegiatan tersebut.

"Keberhasilan lomba di tingkat Provinsi Banten menjadi motivasi untuk lebih baik lagi terutama dalam menarik minat baca yang masih kurang karena masyarakat cenderung lebih menggunakan IT," jelasnya.

Atas keberhasilan tersebut, dipastikan Desa Mekar Baru akan mewakili Banten untuk berlaga pada lomba serupa di tingkat nasional.(RAZ/RGI)

WISATA
7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

Jumat, 15 November 2019 | 16:04

TANGERANGNEWS.com-Katakan segala hal yang Anda ketahui mengenai Padang. Mulai dari Teluk Bungus, Kepulauan Mentawai, Wisata Bukittinggi, Taman Nasional Kerinci Seblat, Batu Malin Kundang, Sambal Balado, dan Jam Gadang.

KAB. TANGERANG
Cemari Lingkungan, Pabrik Cucian Karung Ilegal di Pakuhaji Disidak

Cemari Lingkungan, Pabrik Cucian Karung Ilegal di Pakuhaji Disidak

Kamis, 21 November 2019 | 12:45

TANGERANGNEWS.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan sidak pada pabrik-pabrik ilegal yang berada di Kampung Pintu Air Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

TANGSEL
Preman Pengeroyok Pria di Pondok Aren karena Diklakson Dicokok Polisi

Preman Pengeroyok Pria di Pondok Aren karena Diklakson Dicokok Polisi

Kamis, 21 November 2019 | 13:01

TANGERANGNEWS.com-Kepolisian Sektor (Polsek) Pondok Aren berhasil menangkap preman yang mengeroyok Fajri Dika, 24, hingga babak belur di Jalan Ceger Raya, Jurang Mangu Timur, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (17/11/2019) lalu.

BANTEN
Tolak Upah Naik 8,51 Persen, Buruh Duduki Kantor Gubernur Banten

Tolak Upah Naik 8,51 Persen, Buruh Duduki Kantor Gubernur Banten

Rabu, 20 November 2019 | 19:53

TANGERANGNEWS.com—Ribuan buruh menduduki kantor Gubernur Banten di Kota Serang, Provinsi Banten, Rabu (20/11/2019).

"Kinerja yang hebat bukanlah karena keberuntungan. Dibutuhkan fokus, kesungguhan hati dan kerja keras."

Anonymous