Connect With Us

Desa di Kabupaten Tangerang Juarai Lomba Perpustakaan Tingkat Banten

Maya Sahurina | Minggu, 5 Mei 2019 | 14:00

| Dibaca : 750

Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang berhasil meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Banten tahun 2019. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang berhasil meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Banten tahun 2019.

Mekar Baru yang merupakan perwakilan dari Kabupaten Tangerang  ini menang dengan mendapat nilai tertinggi dari 7 desa di Kabupaten/Kota lain se-provinsi Banten.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten, Ajak Moeslim, kepada Pengelola Perpustakaan Desa Mekar Baru, Kusni di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DPK Provinsi Banten, Sabtu (4/5/2019).

Ajak menjelaskan, penilaian Lomba Perpustakaan Desa dan Kelurahan ini dilakukan oleh tim dewan juri yang independen tanpa intervensi pihak manapun. Penilaian dilakukan dengan terjun langsung meneliti perpustakaan.

"Sehingga semua hal yang dinilai memang benar adanya, sedangkan unsur penilaian diantaranya bagaimana perpusdes/Kelurahan bisa berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat," ucapnya. 

Sementara, Kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru A'ang Junaedi mengungkapkan, instrumen penilaian pengelolaan perpustakaan meliputi administrasi, sarana tempat dan kelengkapan buku yang dimiliki perpustakaan Desa. 

Selain itu juga, pihak dewan juri menilai sarana penunjang dan jaringan kerjasama yang dibangun dengan pihak eksternal. 

"Kita sudah bekerja sama dengan KOK Mekar Baru, PAC GP Ansor Kecamatan Mekar Baru, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kecamatan Mekar Baru, Forum Silaturahmi Pemuda Kecamatan Mekar Baru, MKB Photografy Production untuk mengembangkan pepustakaan ini," katanya. 

Ditambahkan Kepala Desa Mekar Baru Suhada, Perpustakaan Desa Mekar Baru sudah menjadi pondasi bagi terselenggaranya kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Mekar Baru. Setiap Kegiatan kemasyarakatan yang dihelat, kata dia, kader dan pengelola Perpustakaan Desa Mekar Baru  mengambil peran dalam kegiatan tersebut.

"Keberhasilan lomba di tingkat Provinsi Banten menjadi motivasi untuk lebih baik lagi terutama dalam menarik minat baca yang masih kurang karena masyarakat cenderung lebih menggunakan IT," jelasnya.

Atas keberhasilan tersebut, dipastikan Desa Mekar Baru akan mewakili Banten untuk berlaga pada lomba serupa di tingkat nasional.(RAZ/RGI)

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

TANGSEL
Belajar Menyetir, Ertiga Terperosok ke Selokan di Pamulang

Belajar Menyetir, Ertiga Terperosok ke Selokan di Pamulang

Jumat, 24 Mei 2019 | 04:48

TANGERANGNEWS.com-Satu unit mobil Suzuki Ertiga berplat nomor B-2949-TOC terperosok ke dalam selokan di Perumahan Villa Dago, Pamulang, Kota

NASIONAL
Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Sampai Lebaran

Kemendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Sampai Lebaran

Jumat, 10 Mei 2019 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga bahan pokok selama puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2019.

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)