Connect With Us

Peduli Lingkungan, Wartawan Tangerang Bangun Rumah Baca di Teluknaga

Maya Sahurina | Senin, 1 Juli 2019 | 21:59

Para anggota pengurus Rumah Baca Sahabat Pena di Kampung Alang Besar, RT 19/06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Telukaga, Kabupaten Tangerang. (TangerangNews/2019 / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Sebuah rumah baca hadir di lingkungan padat penduduk di Kampung Alang Besar, RT 19/06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Telukaga, Kabupaten Tangerang.

Rumah Baca Sahabat Pena yang digagas Sri Mulyo, wartawan sebuah surat kabar cetak di Tangerang itu diresmikan kegiatannya pada hari ini, Senin (1/7/2019).

Para anggota pengurus Rumah Baca Sahabat Pena di Kampung Alang Besar, RT 19/06, Desa Kebon Cau, Kecamatan Telukaga, Kabupaten Tangerang.

Bang Sri, sapaan akrabnya, mengaku merasa prihatin dengan kondisi lingkungannya. Tiadanya fasilitas rumah baca, berdampak rendahnya minat warga membaca buku.

Baca Juga :

Di sisi lain, kemajuan teknologi informasi, kata Sri, membuat warga ketergantungan pada gawai (gadget).

"Kondisi ini membuat saya merasa sangat prihatin, sebab tidak ada ruang belajar bersama untuk anak-anak dan remaja. Mereka justru kecanduan media sosial dan game online," ujarnya.

Kehadiran rumah baca yang dikelola bersama beberapa warga setempat yang dibangun dikediamannya, diharapkan dapat memacu semangat belajar anak-anak.

Ia juga berharap, rumah baca itu menjadi ruang bagi remaja setempat untuk melakukan kegiatan positif.

"Jadi tempat berkumpul dan belajar,  diskusi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya," tambahnya.

Beragam jenis buku sumbangan dari berbagai pihak telah terkumpul. Namun ia masih mengharapkan koleksi bacaan untuk anak dan remaja semakin bertambah.

"Kami menerima donasi buku, terutama buku bacaan untuk anak dan remaja. Koleksi buku masih perlu kami tambah," imbuhnya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tangerang Asep Musa Permana, yang hadir di lokasi mengatakan, pihaknya sangat mendukung siapa pun yang membangun dan mendirikan taman bacaan bagi masyarakat.

"Kami mendukung penuh inisiasi masyarakat yang membentuk suatu wadah atau tempat bacaan yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat, dan kami akan mengupayakan untuk kebutuhannya," kata Asep.(RMI/HRU)

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill