Connect With Us

Cari Solusi, Pemkab Tangerang Gelar Bursa Inovasi Desa

Maya Sahurina | Rabu, 31 Juli 2019 | 13:49

| Dibaca : 434

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid saat mengunjungi Bursa Inovasi Desa (BID), yang di gelar di Gedung Serba Guna, Tigaraksa, Rabu (31/7/2019). (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Tangerang melalui Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar Bursa Inovasi Desa (BID), di Gedung Serba Guna, Tigaraksa, Rabu (31/7/2019).

Moch Maesyal Rasyid, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang mengatakan BID berperan sebagai salah satu cara pemerintah memberikan dukungan terhadap inisiatif baik masyarakat Kabupaten Tangerang.

BACA JUGA:

Proses ini memanfaatkan pertukaran pengalaman kecamatan ke kecamatan lain melalui forum bursa BID, sehingga tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pembangunan. Kabupaten Tangerang sendiri memiliki 29 Kecamatan dan  256 desa.

"Adanya Bursa Inovasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan. Namun, inovasi bukan hanya di level tingkat Kabupaten Tangerang. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), setiap kecamatan harus bisa berinovasi, sehingga pemerintahan mendapat  kepercayaan mewakili ke provinsi,” ujarnya.

Maesyal menyebutkan ada beberapa daerah di Kabupaten Tangerang yang telah memasuki tingkat nasional dalam program BID ini.

"Kemarin inovasi kampung Keluarga Berencana (KB) di Jayanti, inovasi layak anak di Panongan dan banyak inovasi lainnya," katanya.

Maesyal mengatakan, program tersebut juga bertujuan untuk menjembatani kebutuhan masyarakat desa, sekaligus sebagai sarana penyelesaian masalah dalam penggunaan dana desa.

"Diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang didanai desa," ucapnya.

Lanjut Maesyal, pemerintah desa harus bisa berinovasi 

dengan menyajikan inspirasi dan harus memiliki program yang dapat berjalan. 

"Pemerintah desa harus melakukan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif dan terbukti berhasil,” pungkasnya.(RAZ/RGI)

TANGSEL
Memasuki Tahun ke-6, Pendapatan PT PITS Naik 300 Persen

Memasuki Tahun ke-6, Pendapatan PT PITS Naik 300 Persen

Rabu, 8 Juli 2020 | 14:10

TANGERANGNEWS.com-Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah memasuki tahun keenamnya berdiri, PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS) telah membuktikan kinerjanya

KAB. TANGERANG
Bupati Zaki Respon Aspirasi PKB, Santri Difasilitasi Rapid Test

Bupati Zaki Respon Aspirasi PKB, Santri Difasilitasi Rapid Test

Rabu, 8 Juli 2020 | 15:05

TANGERANGNEWS.com-Para santri yang akan kembali masuk ke pondok pesantren mendapatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan untuk memastikan terbebas dari COVID-19 (rapid test) dari Pemerintah Kabupaten Tangerang

HIBURAN
Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Korban Cabut Laporan, Youtuber Ferdian Bebas dari Penjara

Kamis, 4 Juni 2020 | 18:27

TANGERANGNEWS.com-Ferdian Paleka dapat menghirup napas bebas setelah sempat ditahan dibalik jeruji besi karena kasus prank sembako sampah

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi