Connect With Us

Pemkab Tangerang Buka Cek Kesehatan Hewan Peliharaan Gratis

Maya Sahurina | Rabu, 25 September 2019 | 14:51

| Dibaca : 552

Petugas Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada salah satu hewan peliharaan milik warga Desa Cileles, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada hewan peliharaan dan hewan ternak di Desa Cileles, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. 

Hewan berupa kambing, domba dan kucing milik warga datang silih berganti untuk diperiksa kesehatannya oleh tim dokter hewan.

Pelayanan kesehatan tersebut  meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, mulai dari kesetan kulit hingga rabies. 

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan, Asmiaty mengatakan beberapa penyakit hewan bisa menular ke manusia, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan.

"Penyakit kulit seperti skabies atau kudis dan jamur bisa menular ke manusia. Selain itu ada penyakit rabies yang menular melalui gigitan," ujarnya, Rabu (25/9/2019).

Asmiaty menjelaskan ciri-ciri hewan terkena kudis dan jamur. Ia meminta masyarakat untuk memeriksakan hewan peliharaan yang memiliki gejala tersebut. 

"Scabies atau kudis cirinya adalah ada kerak disekitar telinga dan jamur, ada gatal yang berbentuk seperti cincin, ini bisa terjadi ke hewan berdarah panas," tuturnya. 

Asmiaty juga menganjurkan untuk melakukan vaknisasi kepada hewan agar tidak terkena rabies. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menular kepada manusia. 

"Kami anjurkan masyarakat vaksinasi hewan agar tidak menular ke manusia," jelasnya. 

Disisi lain, Azis Gunawan, Kepala DPPKP Kabupaten Tangerang mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pengecekan kesehatan hewan peliharaan semuanya dilakukan secara gratis.

"Peliharaan seperti kambing, kucing dan anjing serta ayam atau unggas maupun burung silahkan datang untuk diperiksakan kesehatannya pada dokter hewan yang ada saat ini," terangnya.

Azis menjelaskan kegiatannya ini sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran penyakit menular dari hewan peliharaan.

"Ini bagian dari sosialisasi akan pentingnya menjaga dan merawat kesehatan terhadap hewan peliharaan, karena tidak menutup kemungkinan hewan peliharaan yang kita cintai justru sudah terjangkit penyakit," jelasnya.(RAZ/RGI)

KOTA TANGERANG
Maggot Jadi Solusi Kurangi Sampah Organik di Kota Tangerang

Maggot Jadi Solusi Kurangi Sampah Organik di Kota Tangerang

Rabu, 28 Oktober 2020 | 14:26

TANGERANGNEWS.com-Para aktivis Benua Lestari Indonesia Kota Tangerang saat ini tengah fokus membudidayakan maggot atau larva lalat tentara hitam atau Black Soldier Fly (BSF)

TEKNO
Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Rabu, 30 September 2020 | 13:30

TANGERANGNEWS.com-Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi semakin penuh inovasi, seperti lampu LED (Light-Emitting Diode) yang telah dirancang untuk bereaksi terhadap gerak dan cahaya

KAB. TANGERANG
 Terpeleset,  Pemuda Tenggelam di Danau Sampora Cisauk Tangerang 

Terpeleset,  Pemuda Tenggelam di Danau Sampora Cisauk Tangerang 

Rabu, 28 Oktober 2020 | 21:58

Ahmad Rizal Rulla,25, tenggelam di danau bekas galian pasir di Kampung Sampora, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (28/10/2020) petang. Rizal yang dikabarkan terpeleset saat sedang memancing.

BANTEN
301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

Rabu, 21 Oktober 2020 | 19:36

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten memusnahkan barang bukti kejahatan narkotika jenis ganja sebanyak 301 kilogram. Pemusnahan barang terlarang itu dengan cara dibakar

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil