Connect With Us

Produk UMKM Kabupaten Tangerang Siap Tembus Pasar Internasional

Advertorial | Kamis, 31 Oktober 2019 | 19:39

| Dibaca : 1815

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menandatangi perjanjian kerjasama dengan PT Shopee Internasional Indonesia di Pendopo Bupati, Kamis (31/10/2019) (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang menjalin kerjasama dengan PT Shopee Internasional Indonesia. Kerjasama itu untuk memfasilitasi kemudahan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memasarkan produknya melalui platform digital.

Penandatangan kerjasama dilakukan langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dengan Head of Public Policy and Goverment Relations PT Shopee Internasional Indonesia Radityo Triatmojo di Pendopo Bupati Tangerang, Kamis (31/10/2019).

Dalam sambutannya, Bupati menyambut antusias kerjasama ini. Dikatakannya, kerjasama ini akan membuka peluang besar bagi pelaku UMKM menembus pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar lokal yang selama ini digeluti, namun bahkan pasar internasional.

BACA JUGA:

"Melalui kerjasama ini kami mengharapkan jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang juga terus bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penjualan produk," ungkap Bupati dihadapan ratusan pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang.

Bupati Zaki menambahkan, selain memperluas pasar, kerjasama ini juga diharapkan memacu kreatifitas pelaku UMKM. Karena, kata Bupati, untuk dapat menembus pasar internasional, dibutuhkan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi.

"Karenanya, berbagai Dinas terkait saling bersinergi untuk membantu pelaku UMKM memenuhi persyaratan tersebut. Misalnya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas terkait lainnya. Sedang bahu membahu dan bersinergi untuk meningkatkan daya saing produk UMKM kita," terangnya.

Selain itu, pelaku UMKM juga dipaparkan Bupati Zaki tidak perlu repot-repot untuk soal permodalan. Asalkan memiliki produk yang dapat dijual ke pasar, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro akan membantu para pelaku UMKM tersebut.

"Kita punya koperasi Abdi Kerta Raharja, juga ada koperasi Benteng Mikro Indonesia. Bapak dan Ibu tinggal menjadi anggota koperasi. Pasti dibantu untuk pengembangan usahanya," kata Bupati.

Dengan adaptasi terhadap perubahan pola pemasaran itu, Bupati Zaki berharap, UMKM di Kabupaten Tangerang terus tumbuh sehingga mampu menjadi salah satu sektor yang menggerakkan perekonomian, terutama membuka lapangan kerja bagi penduduk Kabupaten Tangerang yang saat ini telah mencapai 3,8 juta jiwa.

Sementara Head of Public Policy and Goverment Relations PT Shopee Internasional Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan, kerjasama perusahaannya dengan pemerintah daerah adalah yang pertama. Jalinan kerjasama ini dinilainya sangat strategis, karena PT Shopee dalam beberapa bulan ke depan akan memperluas pangsa pasar dengan membuka aplikasi di beberapa negara ASEAN.

"Marketplace kami terus berkembang, tidak hanya di dalam negeri, tapi mulai merambah ke negara ASEAN. Ini adalah peluang untuk memperkuat UMKM dan ekonomi Indonesia. Sekaligus menjadi jawaban dari visi masyarakat ekonomi ASEAN," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Hj. Nurul Hayati mengatakan, kerjasama ini menjadi salah satu terobosan yang diharapkan mengangkat citra UMKM di Kabupaten Tangerang.

Sebab, kata Hj. Nurul, Kabupaten Tangerang memiliki potensi UMKM yang harus terus didorong untuk berkembang.

"Selama ini, salah satu yang menghambat berkembangnya UMKM adalah sulit menembus pasar. Kerjasama ini menjadi salah satu jawaban kesulitan itu," ujar Hj. Nurul.

Melalui terobosan ini, ia menekankan, pelaku UMKM semakin termotivasi meningkatkan kualitas produknya. Sebab, kata dia, selain kemudahan, pasar internasional adalah wahana yang kompetitif. Sehingga, produk unggulanlah yang akan mampu merebut hati konsumen.

"Kami akan terus bekerja keras untuk meningkatkan daya saing produk UMKM di Kabupaten Tangerang, karena kami yakin, kita memiliki peluang dan kesempatan yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM," pungkasnya.

Diketahui, selain menandatangani perjanjian kerjasama, di kesempatan yang sama, para pelaku UMKM itu juga mendapatkan pelatihan literasi digital dari PT Shopee Internasional Indonesia menggunakan internet untuk memasarkan produk (ADV).

KOTA TANGERANG
HUT Kota Tangerang ke-27, Ini yang Disorot PKS

HUT Kota Tangerang ke-27, Ini yang Disorot PKS

Kamis, 27 Februari 2020 | 18:14

TANGERANGNEWS.com–Fraksi PKS DPRD Kota Tangerang menyoroti sejumlah persoalan di momentum jelang hari jadi Kota Tangerang ke-27 tahun pada 28 Februari 2020 besok

TEKNO
Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Haerul "Si Perakit Pesawat Bekas" Uji Terbang di Pondok Cabe

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:02

TANGERANGNEWS.com-TNI Angkatan Udara memberikan penghargaan kepada Haerul, 33, perakit pesawat dengan bahan bekas yang sempat viral

HIBURAN
Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pekik kurang lebih sekitar 10 pemuda langsung memecah kesunyian malam di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Kabupaten Tangerang pada Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

PROPERTI
Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Senin, 17 Februari 2020 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Kinerja positif ditunjukkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Dalam tiga minggu terakhir, LPKR selalu masuk daftar 10 saham yang paling diburu investor asing

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt