Connect With Us

IndoHCF Innovation Award 2019 di ICE BSD, Dorong Inovasi Alkes Anak Negeri

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 10 November 2019 | 13:07

Kompetisi Innovation Award III-2019 yang digelar Indonesia Healtcare Forum (IndoHCF), di ICE BSD, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Indonesia Healtcare Forum (IndoHCF) kembali menggelar Innovation Award III-2019. Kompetisi yang digelar di ICE BSD, Kabupaten Tangerang ini diikuti selitar 400 peserta yang menunjukkan berbagai karya inovasi alat kesehatan (alkes).

Ketua Umum lndoHCF dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS mengatakan, kompetisi ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mencari dan mengembangkan inovasi alkes karya anak bangsa.

"Digitalisasi sudah masuk ke seluruh lini kehidupan masyarakat. Tentunya untuk sektor pelayanan kesehatan yang lebih baik, kita pertu berbagai macam inovasi kesehatan dengan suntikan teknologi terbaik," ungkapnya di ICE BSD, Sabtu (9/11/2019). 

Menurut dia, pesatnya perkembangan inovasi di bidang kesehatan akan mengurangi ketergantuan Indonesia terhadap produk kesehatan asal luar negeri. Mulai dari peralatan di rumah sakit hingga obat-obatan yang dikonsumsi masyarakat.

Dengan demikian layanan kesehatan masyarakat pun dapat diperoleh dengan mudah dan murah, serta penanganan pasien lebih berkualitas 

"Saat ini prodak kesehatan dalam negeri di rumah sakit hanya 6-8 persen, yang lain masih prodak impor. Kalau dari segi jumlah item banyak, tapi karena harganya murah, nilai transaksinya jauh lebih banyak yang dari luar," ujar Supriyantoro.

Selain melakukan penjurian, pihaknya pun memfasilitasi peserta dengan investor agar bisa bekerja sama mengembangkan produknya. "Jadi bukan hanya mencari inovasi, kita bantu juga membangun bisnis," paparnya.

Adapun ratusan peserta yang ikut kompetisi dibagi menjadi beberapa kategori, seperti Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, Inivasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Inovasi Alkes dan Inovasi ICT Kesehatan Terbaik.

Tim juri yang melakukan penilaian pun berasal dari berbagai instansi dan asosiasi kesehatan seperti Kemenkes, Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia (ASPAKI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Perhimpunan Kedokteran Gawat Darurat Indonesia (PKGDI) dan lain-lain.

Ada juga sejumlah investor yang terlibat yang digandeng tim Halodoc diantaranya Go Ventures, InvestIdea dan Intudo Ventures.(RAZ/RGI)

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TANGSEL
Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Rute MRT Sampai Tangsel Dilanjut Tapi Pakai Anggaran Daerah, Pemda Diminta Bersiap 

Jumat, 19 April 2024 | 14:18

Wacana pembangunan rute MRT tembus hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel) kembali dibuka.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill