Connect With Us

Musrenbang Desa Cangkudu, Fokus Majukan SDM

Maya Sahurina | Senin, 27 Januari 2020 | 21:03

| Dibaca : 590

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Desa Cengkudu, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TANGERANGNEWS.com-Desa Cangkudu, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang telah melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun anggaran 2021. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Olahraga Perum Bukit Gading, Desa Cangkudu, Senin (27/1/2020).

Camat Balaraja Yayat Rohiman mengatakan, Musrenbangdes merupakan forum untuk mengusulkan dan mengolah rencana pembangunan desa dari berbagai aspek. Oleh karenanya, dia meminta agar forum itu dimanfaatkan dengan baik yakni dengan memberikan usulan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semua elemen desa harus bahu membahu bekerjasama melaksanakan pembangunan. Agar dana yang didapat terserap dan tidak tersalahgunakan," kata dia.

Yayat menambahkan, Desa Cangkudu merupakan desa yang mendapat kucuran dana paling besar di Kecamatan Balaraja. Kata dia, Desa Cangkudu mendapatkan alokasi dana sebesar Rp2,9 miliar. Dia pun mewanti-wanti agar program pembangunan disesuaikan dengan kewenangan desa dan kebutuhan masyarakat.

Terkait program Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, Cangkudu Maju besutan Desa Cangkudu, Yayat mengapresiasi program itu. Meski begitu, Yayat menyebut ada beberapa program yang tidak bisa di-cover oleh dana desa. Dia pun mendorong, agar Desa Cangkudu menggenjot pendapatan asli desa (PADes) agar semua program bisa dilaksanakan.

"Untuk pendamping desa, tolong asistensi Desa Cangkudu, agar programnya dapat semuanya dilaksanakan," ujar dia.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cangkudu Abdullah menyebut, fokus programnya adalah membangun SDM yang unggul. SDM unggul, kata dia, adalah SDM yang sehat, cerdas, produktif, dan berakhlak.

Oleh karena itu, lanjut dia, disusun 4 program besar yakni Cangkudu Sehat, Cangkudu Cerdas, Cangkudu Produktif, dan Cangkudu Berakhlak.

"Dari 4 program itu ada program turunannya sebanyak 19 program yang telah kami upayakan selaras dengan program Kabupaten Tangerang," terang dia.

Abdullah memaparkan, 19 program turunan itu adalah Program Cangkudu Sehat yaitu Pelayanan Kesehatan Berbasis Desa; Penyediaan Kendaraan Darurat Tiap RW; Kartu Cangkudu Sehat; Penyediaan Sarana Olahraga; dan Membangun Klinik Desa.

Sedangkan Program Cangkudu Cerdas adalah Penyediaan Perpustakaan Tiap RT; Penyediaan Fasilitas Internet Tiap RW; Penyelenggaraan Kursus Gratis; Bantuan Tebus Ijazah; dan Mendirikan Sekolah atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Untuk Program Cangkudu Produktif program turunannya adalah Menyelenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) Kreatif; Pelatihan Wirausaha; Pengembangan UKM Berbasis Digital; dan Bantuan Permodalan.

"Terakhir Program Cangkudu Berakhlak yaitu Gerakan Wakaf Kitab Kuning; Insentif Guru Ngaji dan Marbot; Bantuan Santri Mondok; Orang Tua Asuh Yatim; dan Peduli Janda Tua dan Jompo," papar Abdullah.

Abdullah berharap, program yang digagasnya dapat terlaksana. Dia pun mengaku akan berupaya agar Desa Cangkudu memiliki PADES yang besar agar dapat membiayai program hasil olah pikirnya itu. (RMI/RAC)

KAB. TANGERANG
Atasi Sampah, Camat Cikupa Wacanakan Bangun TPS Sementara

Atasi Sampah, Camat Cikupa Wacanakan Bangun TPS Sementara

Senin, 17 Februari 2020 | 22:59

TANGERANGNEWS.com-Sampah yang berserakan di pinggir beberapa ruas jalan di Kecamatan Cikupa di sorot Camat Cikupa Abdullah. Ia pun berencana

PROPERTI
Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Saham Lippo Karawaci Diburu Investor Asing

Senin, 17 Februari 2020 | 10:59

TANGERANGNEWS.com-Kinerja positif ditunjukkan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR). Dalam tiga minggu terakhir, LPKR selalu masuk daftar 10 saham yang paling diburu investor asing

TOKOH
Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:15

TANGERANGNEWS.com-Kisah percintaan Si Doel dalam film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel' tentu membuat penasaran pemirsa, tak terkecuali Siti Nur Azizah.

BANDARA
Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Senin, 17 Februari 2020 | 20:19

TANGERANGNEWS.com–Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan artis Lucinta Luna positif mengonsumsi Amfetamin yang

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt