Connect With Us

Pedagang Hewan Kurban Menjamur, Ini Imbauan Pemkab Tangerang

Mohamad Romli | Rabu, 1 Juli 2020 | 18:54

| Dibaca : 161

Jelang Idul Adha 1442 hijriah, penjual hewan kurban mulai membuka lapak di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Mohammad Romli)

TANGERANGNEWS.com-Lapak penjual hewan kurban di Kabupaten Tangerang mulai dapat ditemukan di beberapa lokasi. Mereka berburu rejeki tahunan di tengah pandemi COVID-19.

Meski belum memastikan daya beli masyarakat, namun mereka tetap yakin, masih banyak yang akan berkurban pada Idul Adha 1442 hijriah ini.

"Ya, namanya usaha, saya kan cuma ikhtiar. Tawakal saja, rejeki sudah diatur sama Allah SWT," ungkap Dadang, salah satu penjual hewan kurban di Kelapa Dua, Tangerang, Senin (1/7/2020).

Idul Adha 1442 hijriah menurut kalender masehi jatuh pada 31 Juli 2020.

Sementara, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Peteriner pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Kustri Windayani mengatakan, para penjual hewan kurban harus memiliki surat keterangan sehat yang dikeluarkan dari Puskesmas atau rumah sakit.

Kustri mengatakan, para penjual bisa menjual hewan korban dimana saja karena tidak ada aturan khusus terkait hal itu. Namun, kata dia, untuk tahun 2020 mereka harus melapor kepada pihak desa/kelurahan dan harus mendapat izin dari pemerintah setempat.

“Nanti pihak desa atau kelurahan akan mengeluarkan izin tempat yang diketahui oleh camat,” tambahnya.

Hal itu bertujuan agar lapak penjualan hewan kurban dapat terkontrol. Dengan adanya surat izin ini, camat dan kepala desa bisa meminimalisir tempat penjualan, sehingga pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban terbilang lebih mudah.

“Pemilik tempat penjualan juga harus memperhatikan protokol kesehatan seperti menyediakan alat pengecek suhu tubuh, hand sanitizer, tempat mencuci tangan, mengimbau untuk menjaga jarak dan memakai masker,” pungkasnya. (RMI/RAC)

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

KOTA TANGERANG
Jasad Mengambang di Cisadane Ternyata Sopir Taksi

Jasad Mengambang di Cisadane Ternyata Sopir Taksi

Kamis, 16 Juli 2020 | 23:33

TANGERANGNEWS.com–Mayat pria bernama Tusiran, 51, asal Ragunan, Jakarta Selatan ternyata merupakan sopir taksi. Dia diduga bunuh diri dengan melompat ke Sungai Cisadane

TOKOH
Innalillahi, Pelawak Omas Tutup Usia

Innalillahi, Pelawak Omas Tutup Usia

Kamis, 16 Juli 2020 | 21:49

TANGERANGNEWS.com-Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan di tanah air, pelawak Omaswati atau yang dikenal Omas meninggal dunia, Kamis (16/7/2020)

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi