Connect With Us

Santai Bersama Keluarga di Wisata Air Situ Cilongok Kabupaten Tangerang

Redaksi | Sabtu, 19 Desember 2020 | 17:27

Wisata air Situ Cilongok di Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. (Istimewa / Ahmad Nur Fauzi/Mahasiswa Unis)

 

TANGERANGNEWSom-Wisata Air Situ Cilongok mungkin namanya tidak asing di telinga masyarakat luas, termasuk juga warga lokal Tangerang. 

 

Itu sebab nama objek wisata tersebut dibuat secara swadaya oleh masyarakat sekitar ini,  tak sepopuler Situ Cipondoh, di Kota Tangerang. 

 

Wisata Air Situ Cilongok merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Situ Cilongok ini awalnya merupakan merupakan danau buatan yang dibuat untuk daerah resapan air sebagai solusi dari kebanjiran yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

 

Sejak 2017,  masyarakat sekitar akhirnya memanfaatkannya menjadi Wisata Air Situ Cilongok dengan anggaran swadaya dan kemudian  dikelola oleh warga setempat. 

"Yang mengelola ya RT dan RW di sini," ujar Awe salah satu pengurus Wisata Air Situ Cilongok.

Wisata Air Situ Cilongok ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti kamar mandi, musala, dan juga berbagai fasilitas wisata air lain.  

 

Tempat wisata ini ramai dikunjungi ketika akhir pekan di sore hari. Banyak yang menyebut, lokasi wisata ini mirip Tangkuban Perahu di Bandung. Banyak warga yang datang ke tempat ini bersama keluarga, teman ataupun dengan pasangan.

Wisata Situ Cilongok kini berkembang dan mampu membantu perekonomian warga sekitar.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill