Connect With Us

Melihat 4 Hektare Kampung Hidroponik di Tigaraksa Tangerang

Redaksi | Rabu, 24 Maret 2021 | 10:00

| Dibaca : 2287

Kampung Hidroponik di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. (TangerangNews / Melly)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang, terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

 

Salah satunya dengan membentuk kampung tematik yang membudidayakan tanaman tradisional maupun tanaman hidroponik. 

Kampung Hidroponik adalah salah satu kampung tematik yang masuk dalam program Kampung Kita.

 

Kampung yang terletak di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang ini disebut dengan kampung tematik, karena kesamaan tanaman, cara tanam, dan budidayanya. 

 

Budidaya menanam secara hidroponik ini akan jauh lebih hemat karena tidak perlu menggunakan media tanam tanah dan juga hanya memerlukan sedikit air.

Lahan hidroponik di kampung ini memiliki luas kurang lebih 6 hektar dan yang baru digarap sekitar 4 hektar, dengan berencana akan terus menambah produksi yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani di desa tersebut.

Kampung ini membudidayakan tanaman tradisional dan tanaman hidroponik. Mulai dari sayur-sayuran sampai dengan buah-buahan seperti strawberry, pepaya, dan timun suri. 

 

"Kampung hidroponik ini baru berjalan setahun lebih. Awalnya kan cuma saya sama suami yang tanem, namun sedikit-sedikit kan bisa ngajak warga sini juga. Dan alhamdulillah kita sekarang udah ada 27 rumah yang ditanami hidroponik," ungkap Cici Sukaesih, Ketua KWT Agradipa Kampung Hidroponik, Rabu (24/3/2021).

 

Daerah yang potensial tersebut diharapkan bisa dijadikan percontohan bagi desa-desa yang lain, sehingga kemandirian dalam meningkatkan pangan di wilayah masing-masing dapat terjaga dengan baik.

WISATA
Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Selasa, 6 April 2021 | 12:54

TANGERANGNEWS.com-Destinasi wisata teranyar Kota Tangerang di Ecofarm

KAB. TANGERANG
Melihat Petani Mulai Panen Timun Suri Jelang Ramadan di Tangerang

Melihat Petani Mulai Panen Timun Suri Jelang Ramadan di Tangerang

Senin, 12 April 2021 | 15:29

TANGERANGNEWS.com-Bulan suci Ramadan telah tiba, tentu umat muslim akan segera menjalankan ibadah puasa. Tak hanya identik dengan Salat Tarawihnya, bulan suci Ramadan juga identik dengan takjil untuk berbuka puasa

SPORT
Raffi Ahamd Beli Klub Bola Cilegon United

Raffi Ahamd Beli Klub Bola Cilegon United

Minggu, 28 Maret 2021 | 20:11

TANGERANGNEWS.com-Artis Raffi Ahmad resmi membeli klub sepak bola Liga 2 bernama Cilegon United. Klub asal Provinsi Banten tersebut dibeli Raffi jelang dimulainya kompetisi Liga 2 2021, yang mungkin bergulir Juni mendatang

BANDARA
Hore! Press & Bcom Room di Angkasa Pura II Diresmikan

Hore! Press & Bcom Room di Angkasa Pura II Diresmikan

Jumat, 9 April 2021 | 13:04

TANGERANGNEWS.com-Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa

""Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran.""

Umar bin Khattab