Connect With Us

Melihat 4 Hektare Kampung Hidroponik di Tigaraksa Tangerang

Redaksi | Rabu, 24 Maret 2021 | 10:00

| Dibaca : 2437

Kampung Hidroponik di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. (TangerangNews / Melly)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang, terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19.

 

Salah satunya dengan membentuk kampung tematik yang membudidayakan tanaman tradisional maupun tanaman hidroponik. 

Kampung Hidroponik adalah salah satu kampung tematik yang masuk dalam program Kampung Kita.

 

Kampung yang terletak di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang ini disebut dengan kampung tematik, karena kesamaan tanaman, cara tanam, dan budidayanya. 

 

Budidaya menanam secara hidroponik ini akan jauh lebih hemat karena tidak perlu menggunakan media tanam tanah dan juga hanya memerlukan sedikit air.

Lahan hidroponik di kampung ini memiliki luas kurang lebih 6 hektar dan yang baru digarap sekitar 4 hektar, dengan berencana akan terus menambah produksi yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani di desa tersebut.

Kampung ini membudidayakan tanaman tradisional dan tanaman hidroponik. Mulai dari sayur-sayuran sampai dengan buah-buahan seperti strawberry, pepaya, dan timun suri. 

 

"Kampung hidroponik ini baru berjalan setahun lebih. Awalnya kan cuma saya sama suami yang tanem, namun sedikit-sedikit kan bisa ngajak warga sini juga. Dan alhamdulillah kita sekarang udah ada 27 rumah yang ditanami hidroponik," ungkap Cici Sukaesih, Ketua KWT Agradipa Kampung Hidroponik, Rabu (24/3/2021).

 

Daerah yang potensial tersebut diharapkan bisa dijadikan percontohan bagi desa-desa yang lain, sehingga kemandirian dalam meningkatkan pangan di wilayah masing-masing dapat terjaga dengan baik.

BANDARA
Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Hadirkan 3.800 Produk UMKM di Bandara Soetta, Angkasa Pura II Diganjar Rekor Muri

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 21:46

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (AP II) memperoleh penghargaan 'Local Creative Festival sebanyak 3800 produk UMKM di Bandar Udara' oleh Rekor Muri tepat bersamaan dengan perayaan hari jadi AP II yang ke-38.

KOTA TANGERANG
Padati Kota Tangerang, Ribuan Goweser Meriahkan Milad ke-13 UMT

Padati Kota Tangerang, Ribuan Goweser Meriahkan Milad ke-13 UMT

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:36

TANGERANGNEWS.com-Ribuan goweser memadati Jalan Perintis Kemerdekaan di depan area Taman Gajah Tunggal untuk mengikuti Fun Bike dan Jalan Sehat yang menjadi rangkaian Milad ke-13 Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT)

OPINI
Perjalanan Panjang Tak Berujung Calon Pengawas SMA/SMK/SKh Provinsi Banten

Perjalanan Panjang Tak Berujung Calon Pengawas SMA/SMK/SKh Provinsi Banten

Senin, 8 Agustus 2022 | 10:11

TANGERANGNEWS.com-Peran pengawas adalah penjamin terselenggaranya pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Hal ini tertuang dalam Permendikbud No.28 tahun 2018. Pengawas memiliki fungsi baik fungsi akademik maupun fungsi manajerial.

TEKNO
Samsung Galaxy A23 5G Siap Meluncur, Simak Spesifikasinya

Samsung Galaxy A23 5G Siap Meluncur, Simak Spesifikasinya

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:12

TANGERANGNEWS.com-Samsung Galaxy A23 5G siap diluncurkan karena telah diumumkan Samsung. Spesifikasi ponsel pintar dari lini Galaxy A23 series yang sangat canggih ini bikin naksir.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill