Connect With Us

Pemkab Tangerang Bersama Unpam Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Ketapang Urban Akuakultur

Tim TangerangNews.com | Senin, 7 Juni 2021 | 10:59

Kegiatan menanam 1.000 bibit pohon mangrove dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Kampung Urban Akuakultur Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Minggu 6 Juni 2021. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perikanan ikut serta menanam 1.000 mangrove bersama Universitas Pamulang (Unpam), dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Kampung Urban Akuakultur Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Minggu 6 Juni 2021.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jainudin menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Unpam yang sekaligus dihadiri oleh Rektor Unpam secara langsung.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk ril kepedulian mahasiswa dalam rangka kepedulian terhadap kondisi di lingkungan.

"Kami (Dinas Perikanan) mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Unpam dengan menanam bibit mangrove, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan," pungkasnya.

Selain bentuk pengabdian mahasiswa ke masyarakat, dengan program penanaman mangrove ini secara otomatis bagi Pemerintah Kabupaten Tangerang, berfungsi untuk mengantisipasi abrasi laut, juga sebagai tempat tinggal biota laut.

"Dengan adanya kegiatan hari ini penanaman mangrove akan menambah potensi pengembangan tempat bagi berbagai ikan, kerang, dan berbagai jenis kepiting di Kabupaten Tangerang khususnya di akuakultur ketapang ini," jelasnya.

Dirinya juga berharap, kegiatan ini bukan hanya sebatas penanaman mangrove, akan tetapi ada keberlanjutan bahwa akuakultur ketapang ini merupakan bagian dari Program Unggulan Bupati Tangerang yaitu Gerbang Mapan.

Kegiatan menanam 1.000 bibit pohon mangrove dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Kampung Urban Akuakultur Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Minggu 6 Juni 2021.

"Sehingga di dalam kawasan gerbang mapan terdapat lingkungan ekosistem, masyarakat nelayan, permukiman nelayan, dan adanya kegiatan ekonomi nelayan yang di harapkan dari Rekan-rekan Unpam dapat menindak lanjuti Kerjasama yang lainnya," ujarnya. 

Rektor Universitas Pamulang Nurzaman mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa program study ilmu hukum. 

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi yaitu penelitian pendidikan dan pengabdian masyarakat, serta merupakan bentuk praktik yang diterapkan setelah mempelajari teori di bangku perkuliahan.

"Mahasiswa harus mempelajari secara langsung terutama di alam, tidak hanya sebatas pembelajaran teori jadi setelah lulus nanti mereka sudah terbiasa terjun langsung ke masyarakat," katanya.

Dirinya berharap, kegiatan hari ini nantinya akan ada tindak lanjutnya, seperti program perjanjian kerjasama (PKS) untuk program yang lain bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Sehingga ini menjadi kenyataan sebagaimana yang diharapkan oleh Wakil Bupati yang di wakili oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang. (RAZ/RAC)

AYO! TANGERANG CERDAS
Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Universitas Atma Jaya BSD Serpong Ditetapkan Jadi Pusat Keunggulan Pendidikan

Kamis, 25 April 2024 | 07:43

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya kampus BSD Serpong ditetapkan jadi pusat keunggulan pendidikan atau Education Excellence.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill