Connect With Us

Rano Karno Dukung Proyek Reklamasi Pantai Utara

Denny Bagus Irawan | Selasa, 19 Oktober 2010 | 18:41

| Dibaca : 15944

Rano Karno (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS-Proyek  reklamasi pantai utara Tangerang yang akan dilakukan pada tahun 2011 akan menciptakan tujuh pulau baru di laut Jawa. Pulau-pulau tersebut berfungsi sebagai bendungan penahan gelombang air laut yang menyebabkan abrasi atau pengikisan pantai.
 
 Wakil Bupati Tangerang Rano Karno mengatakan,  teknologi terapan untuk reklamasi pantai utara Tangerang itu menggunakan sistem polder. Yaitu, mengeluarkan dan mengeringkan dasar laut melalui pembuatan tanggul dan pengaturan drainase seperti di Pantai Indah Kapuk.

 “Jadi tanggul reklamasi  itu  dibangun 200 meter dari bibir pantai,” ujar Rano, hari ini. 
Menurutnya, karena tanggul buatan yang merupakan bagian dari reklamasi  tidak dibangun tepat di pantai, maka akan memunculkan pulau baru atau pulau buatan. Menurutnya, pulau buatan yang akan dibangun berjumlah tujuh buah.

Rano mengatakan, pulau buatan pertama akan dibuat menjadi pelabuhan. Pelabuhan itu menjadi pelabuhan pendukung dari pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.
Sesuai dengan rencana tata ruang dan wilayah Pemkab Tangerang, di pulau buatan lainnya akan dibangun pergudangan, peti kemas, hotel-hotel, pusat perniagaan modern,  permukiman, apartemen.

 Lebih lanjut Rano mengatakan, pihaknya sangat yakin reklamasi  pantai seluas 900  hektar  dan dengan biaya sekitar Rp 20 triliun itu tidak akan merusak lingkungan. Karena, sebelum reklamasi itu dibangun, Kementerian Lingkungan Hidup dan BKPRN (Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional)  telah melakukan kajian dari aspek amdal (Analisis Dampak Lingkungan) . Hasilnya, kedua instansi tersebut mengatakan reklamasi pantai utara Tangerang aman bagi lingkungan hidup. (doni/fil)
 

 

AYO! TANGERANG CERDAS
STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

Sabtu, 29 Juni 2019 | 13:20

TANGERANGNEWS.com-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Raharja resmi beralih status menjadi Universitas.

NASIONAL
WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

WASI Pecahkan Rekor Dunia, Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut

Minggu, 18 Agustus 2019 | 11:24

TANGERANGNEWS.com-Wanita Selam Indonesia (WASI) memecahkan rekor dunia dengan pengibaran bendera Merah Putih seluas 1.014 meter persegi di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di kawasan Megamas.

TEKNO
LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

LIPI Kembangkan Baja Laterit, Ini Kegunaannya

Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:45

TANGERANGNEWS.com-Saat ini, Indonesia masih menjadi negara yang mengekspor bahan mentah logam tambang untuk produksi baja ke luar negeri.

SPORT
Atlet Muda Kabupaten Tangerang Juarai Turnamen Sepatu Roda Internasional

Atlet Muda Kabupaten Tangerang Juarai Turnamen Sepatu Roda Internasional

Minggu, 18 Agustus 2019 | 14:51

TANGERANGNEWS.com-Bian Lavaroza Loamena raih medali emas di ajang turnamen sepatu roda. Kali ini ajang turnamen sepatu roda Internasional dan memperebutkan Piala Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt