Connect With Us

Rano Karno Dukung Proyek Reklamasi Pantai Utara

Denny Bagus Irawan | Selasa, 19 Oktober 2010 | 18:41

Rano Karno (tangerangnews / dira)


TANGERANGNEWS-Proyek  reklamasi pantai utara Tangerang yang akan dilakukan pada tahun 2011 akan menciptakan tujuh pulau baru di laut Jawa. Pulau-pulau tersebut berfungsi sebagai bendungan penahan gelombang air laut yang menyebabkan abrasi atau pengikisan pantai.
 
 Wakil Bupati Tangerang Rano Karno mengatakan,  teknologi terapan untuk reklamasi pantai utara Tangerang itu menggunakan sistem polder. Yaitu, mengeluarkan dan mengeringkan dasar laut melalui pembuatan tanggul dan pengaturan drainase seperti di Pantai Indah Kapuk.

 “Jadi tanggul reklamasi  itu  dibangun 200 meter dari bibir pantai,” ujar Rano, hari ini. 
Menurutnya, karena tanggul buatan yang merupakan bagian dari reklamasi  tidak dibangun tepat di pantai, maka akan memunculkan pulau baru atau pulau buatan. Menurutnya, pulau buatan yang akan dibangun berjumlah tujuh buah.

Rano mengatakan, pulau buatan pertama akan dibuat menjadi pelabuhan. Pelabuhan itu menjadi pelabuhan pendukung dari pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.
Sesuai dengan rencana tata ruang dan wilayah Pemkab Tangerang, di pulau buatan lainnya akan dibangun pergudangan, peti kemas, hotel-hotel, pusat perniagaan modern,  permukiman, apartemen.

 Lebih lanjut Rano mengatakan, pihaknya sangat yakin reklamasi  pantai seluas 900  hektar  dan dengan biaya sekitar Rp 20 triliun itu tidak akan merusak lingkungan. Karena, sebelum reklamasi itu dibangun, Kementerian Lingkungan Hidup dan BKPRN (Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional)  telah melakukan kajian dari aspek amdal (Analisis Dampak Lingkungan) . Hasilnya, kedua instansi tersebut mengatakan reklamasi pantai utara Tangerang aman bagi lingkungan hidup. (doni/fil)
 

 

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill