Connect With Us

Waduh, Data Nomor Telepon hingga Rekening Ratusan Guru di Kabupaten Tangerang Bocor

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 8 November 2021 | 17:40

| Dibaca : 1084

Ilustrasi Hacker. (@tangerangnews 2017 / Denny Bagoes Irawan)

TANGERANGNEWS.com-Terjadi kebocoran data pribadi ratusan guru SMAN di Kabupaten Tangerang. Data tersebut disebar pihak tak bertanggung jawab ke internet.

Ada sekitar 815 data nama guru di sejumlah SMAN di Kabupaten Tangerang.yang bocor. Data itu berisi nama ibu kandung, kartu tanda penduduk, nomor rekening hingga nomor telepon.

Kepala UPTD Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tito Istianto menjelaskan data itu diunggah ke situs vbook.pub yang menyediakan e-book secara gratis.

"Data tersebut diunggah bukan di websitenya Dindikbud. Tapi, (diunggah) ke aplikasi semacam dropbox, aplikasi yang menyimpan dokumen. Itu pun bukan punya kita," katanya seperti dilansir dari Kontan, Senin 8 November 2021.

Menurutnya, asal data pribadi tersebut diduga untuk pembuatan buku tabungan baru para guru yang dikumpulkan secara kolektif. Data itu pun seharusnya tidak boleh disebar ke masyarakat umum.

"Kalau melihat dari judul itu untuk listing rekap nomor rekening, usulan pembuatan rekening baru," ujar Tito.

Kebocoran data ini berdampak langsung terhadap sejumlah guru. Ada yang melaporkan telah diteror dari pembelian barang secara online.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tim Cyber Polda Banten untuk mengungkap pelaku yang membobol dan menyebar data pribadi para guru tersebut.

"Sudah ada yang melaporkan ke Dindikbud Banten karena merasa dirugikan datanya tersebar secara luas. Jadi kita sudah melakukan kooordinasi, bukan pelaporan tapi koordinasi hari Kamis kemarin. Itu belum ke ranah hukum," tandasnya.

SPORT
Persita Keok Lawan Persija 1-2

Persita Keok Lawan Persija 1-2

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:44

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang kembali dipaksa harus menelan kekalahan saat melawan Persija Jakarta pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2021 di Gelora I Gusti Ngurah Rai, Denpasar

TANGSEL
Kasus Harian Covid-19 di Tangsel Cetak Rekor, Bertambah 662 Temuan Baru

Kasus Harian Covid-19 di Tangsel Cetak Rekor, Bertambah 662 Temuan Baru

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:01

TANGERANGNEWS.com-Lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan semakin tinggi. Per 28 Januari 2022 ini, Dinas Kesehatan mencatat ada penambahan sebanyak 662 kasus harian baru Penambahan kasus harian

WISATA
Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Isu Tsunami Cilegon Bikin Okupansi Hotel di Anyer Anjlok

Rabu, 15 Desember 2021 | 19:57

TANGERANGNEWS.com –Merebaknya isu bakal adanya tsunami di Cilegon akhir-akhir ini sangat mempengaruhi tingkat pesanan hotel atau okupansi di wilayah Pantai Anyer dan sekitarnya di Kabupaten Serang

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Maggiore Grande dan Maggiore Square Tahap 2 di Gading Serpong

Paramount Land Luncurkan Maggiore Grande dan Maggiore Square Tahap 2 di Gading Serpong

Rabu, 26 Januari 2022 | 12:53

TANGERANGNEWS.com-Mengawali tahun 2022, Paramount Land meluncurkan area komersial yang strategis dengan konsep mixed commercial center, destinasi bisnis dan hangout baru di Gading Serpong

"Ambil Lompatan Keyakinan dan Mulailah Tahun Baru yang menakjubkan ini dengan rasa percaya"

Sarah Brightman