Connect With Us

Waduh, Data Nomor Telepon hingga Rekening Ratusan Guru di Kabupaten Tangerang Bocor

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 8 November 2021 | 17:40

Ilustrasi Hacker. (@tangerangnews 2017 / Denny Bagoes Irawan)

TANGERANGNEWS.com-Terjadi kebocoran data pribadi ratusan guru SMAN di Kabupaten Tangerang. Data tersebut disebar pihak tak bertanggung jawab ke internet.

Ada sekitar 815 data nama guru di sejumlah SMAN di Kabupaten Tangerang.yang bocor. Data itu berisi nama ibu kandung, kartu tanda penduduk, nomor rekening hingga nomor telepon.

Kepala UPTD Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tito Istianto menjelaskan data itu diunggah ke situs vbook.pub yang menyediakan e-book secara gratis.

"Data tersebut diunggah bukan di websitenya Dindikbud. Tapi, (diunggah) ke aplikasi semacam dropbox, aplikasi yang menyimpan dokumen. Itu pun bukan punya kita," katanya seperti dilansir dari Kontan, Senin 8 November 2021.

Menurutnya, asal data pribadi tersebut diduga untuk pembuatan buku tabungan baru para guru yang dikumpulkan secara kolektif. Data itu pun seharusnya tidak boleh disebar ke masyarakat umum.

"Kalau melihat dari judul itu untuk listing rekap nomor rekening, usulan pembuatan rekening baru," ujar Tito.

Kebocoran data ini berdampak langsung terhadap sejumlah guru. Ada yang melaporkan telah diteror dari pembelian barang secara online.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tim Cyber Polda Banten untuk mengungkap pelaku yang membobol dan menyebar data pribadi para guru tersebut.

"Sudah ada yang melaporkan ke Dindikbud Banten karena merasa dirugikan datanya tersebar secara luas. Jadi kita sudah melakukan kooordinasi, bukan pelaporan tapi koordinasi hari Kamis kemarin. Itu belum ke ranah hukum," tandasnya.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill